Doa Turun Hujan (Dok: iqra.id)

Kumpulan Doa Turun Hujan, Salah Satunya Allahumma Shoyyiban Nafian Arab Dan Artinya

Rahma | Pendidikan | 08-06-2022

PARBOABOA - Doa turun hujan sangat dianjurkan untuk diamalkan, dan termasuk juga kedalam salah satu amalan sunnah Rasulullah yang sangat baik untuk ditiru.

Terdapat beberapa doa ketika turun hujan yang dapat kamu amalkan. Diantara beberapa doa turun hujan itu, doa turun hujan allahumma shoyyiban nafi'an adalah doa yang paling sering dibacakan.

Baca juga: Doa allahumma yassir wala tu'assir

Menurut beberapa hadits, Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk memperbanyak amalan termasuk doa ketika turun hujan. Berikut bunyinya:

ثِنْتَانِ مَا تُرَدَّانِ الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِ وَ تَحْتَ المَطَرِ

Artinya: "Dua doa yang tidak akan ditolak, yaitu doa ketika adzan dan doa ketika ketika turunnya hujan." (HR. Imam Hakim & Ath-Thabrani)

"Sesungguhnya pintu-pintu langit dibuka saat perang fi sabilillah berkecamuk, turunnya hujan, ketika salat wajib, maka perbanyaklah berdoa pada waktu tersebut." (HR. Abu Hurairah).

Sesuai dengan pendapat para ulama dan hadis, doa turun hujan juga terbagi ke dalam beberapa jenis. Walaupun demikian, kalian hanya perlu memilih salah satu dari doa turun hujan berikut ini.

Kumpulan Doa Ketika Turun Hujan Arab Beserta Artinya

1. Doa Turun Hujan dan artinya yang Paling Umum Dibaca

Doa turun hujan allahumma shoyyiban nafi'an arab dan latin:

اللَّهُمَّ صَيِّباً ناَفِعاً

Allahumma shoyyiban naafi'an

Allahumma shoyyiban nafi'an artinya:

Artinya: “Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat.“

2. Doa Sebelum Turun Hujan

 اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا

Allahumma innii as'aluka khairahaa wa a'uudzubika min syarriha

Artinya: Ya Allah, sungguh aku mohon kepadaMu kebaikan angin ini, serta aku berlindung kepadaMu dari keburukannya.

3. Doa Turun Hujan Deras

Doa turun hujan arab:

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا ، اللَّهُمَّ عَلَى الآكَامِ وَالظِّرَابِ ، وَبُطُونِ الأَوْدِيَةِ ، وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

“Allahumma hawalaina wala ‘alaina. Allahumma ‘alal akami wa adhirabi, wa buthunil auwdiyati, wamanabitisyajari."

Artinya: “Ya Allah turunkan hujan ini di sekitar kami jangan di atas kami. Ya Allah curahkanlah hujan ini di atas bukit-bukit, di hutan-hutan lebat, di gunung-gunung kecil, di lembah-lembah, dan tempat-tempat tumbuhnya pepohonan.”

4. Doa Turun Hujan Disertai Angin Kencang

Doa turun hujan arab:

اَللهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَمَا اُرْسِلَتْ بِهِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّمَا فِيْهَا وَشَرِّمَا اُرْسِلَتْ بِهِ

Alloohumma innii as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a'uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih

Artinya: "Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya."

5. Doa Turun Hujan Disertai Petir

Doa turun hujan arab:

سُبْحَانَ الَّذِي يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ

Subhaanalladzii yusabbihur ro'du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.

Artinya: "Maha suci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbih lah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepada-Nya."

6. Doa Turun Hujan Setelah Reda

Doa turun hujan arab:

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللـهِ ورَحْمَتِهِ

"Muthirnaa bifadhlillahi wa rahmatihi"

Artinya: Diturunkan kepada kami hujan berkat anugerah Allah dan rahmat-Nya.

Adab Doa Turun Hujan

Ketika hujan, kita memang dianjurkan untuk membaca doa turun hujan. Namun, kalian juga harus memperhatikan adab ketika membaca doa turun hujan ya teman.

Berikut ini pembahasan beberapa adab yang harus kamu perhatikan disaat hujan, lengkap dengan riwayat hadis yang menjadi dasar hukumnya.

1. Doa Turun Hujan Untuk Mengharap Berkah

Menurut riwayat hadis yang ada, Rasulullah SAW pernah kehujanan. Ketika itu, beliau juga memohon keberkahan melalui doa turun hujan yang dibacakannya. Berikut bunyinya.

“Diriwayatkan Sayyidah Aisyah ra. sesungguhnya Nabi SAW ketika melihat awan hitam di langit, beliau langsung meninggalkan pekerjaan, meskipun beliau sedang melakukan shalat, kemudian berucap: Allahumma innî a’ûdzu bika min syarrihâ" (ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari keburukan awan ini).

Dan ketika turun hujan, beliau berucap: Allahumma shoyyiban nafi'an (ya Allah turunkanlah hujan yang membawa manfaat dan kesenangan).

2. Doa Turun Hujan Untuk Dijauhkan Dari Azab

Salah satu sahabat pernah menyatakan, bahwa Rasulullah juga pernah berdoa ketika turun hujan sambil menangis loh.

Hal ini disebabkan, karena beliau takut Allah SAW mendatangkan azab melalui hujan, seperti yang dialami kaum-kaum nabi sebelumnya, salah satunya adalah kaum Nabi Nuh AS.

Berdasarkan hadits riwayat Ibnu Majah dan diriwayatkan juga oleh Ibnu al-Musayyab, sesungguhnya Rasulullah SAW pernah membacakan doa turun hujan khusus yang seperti berikut.

"Allahumma saiba rahmatin wa lâ saiba 'adzâbin'

Artinya: "Ya Allah, berikanlah rahmat dan jangan berikan azab"

3. Tidak Mencela Hujan

Hujan merupakan salah satu bentuk berkah rahmat yang dicurahkan Allah SWT kepada seluruh umatnya, termasuk juga manusia.

Namun tidak jarang juga, hujan menyebabkan aktivitas menjadi terhalang atau bahkan bencana alam. Walaupun demikian, alangkah baiknya untuk senantiasa berdoa dan tidak mencela hujan ya teman.

Demikianlah informasi lengkap mengenai doa turun hujan lengkap dengan arab, latin, arti beserta adab yang harus diperhatikan ketika hujan turun.

Tag : #pendidikan agama islam    #doa turun hujan    #pendidikan    #adab ketika hujan turun    #dalil    #hadis   

Baca Juga