Orang tua yang Viral Beri Bayi Minum Kopi Sachet ditangkap Polisi

Penulis : Krisna | Nasional | 25-01-2023

Seorang ibu berada di Manggalli, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) yang Viral di media sosial (medsos) karena memberikan minum kopi sachet kepada bayinya. Polisi saat ini sedang menangkap dan melakukan pemeriksaan terhadap orang tua bayi viral yang menggugah video pada Minggu (21/01/2023) (Foto: Celebritis/Twitter @tama_pute)

PARBOABOA, Makassar - Seorang ibu berada di Manggalli, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) yang Viral di media sosial (medsos) karena memberikan minum kopi sachet kepada bayinya. Polisi saat ini sedang menangkap dan melakukan pemeriksaan terhadap orang tua bayi viral yang menggugah video pada Minggu (21/01/2023).

"Betul, ada yang dimaksud (orang tua beri kopi ke bayi)," ujar Kasi Humas Polres Gowa, Hasan Fadlyh kepada wartawan, Rabu (25/1/2023).

Adapun, dalam video yang beredar di medsos, terlihat seoerang bayi diberi minuman kopi sachet. Video itu juga menampilkan seseorang tengah menyeduh kopi sachet ke dalam gelas sebelum diberikan ke bayi.

“Kopi good day kan ada susunya dibandingkan di kasih susu frisian flag katanya ndak ada susunya," tulis pemilik akun.

Selain itu, alasan kopi mengandung susu, pemilik akun juga menuliskan pencernaan bayi sejak minum kopi. Di mana tercatat hanya 9 kali dalam sehari dari sebelumnya 10 kali saat meminum susu.

"Kemarin-kemarin bayi bab 10 kali sehari, Alhamdulillah sejak minum susu, kopi sekarang dia (bayi) bab 9 kali," terangnya.

Polisi yang mengetahui kejadian tersebut langsung mengamankan orang tua bayi. Sementara itu, waktu ibu bayi diamankan untuk dimintai keterangan.

"Untuk sementara waktu ibunya diamankan di polres Gowa untuk dimintai keterangan," jelas Hasan.

Selanjutnya, Hasan mengungkapkan, selain dari pemeriksaan ibu, kesehatan bayi juga diperiksa untuk memastikan kopi yang diberikan aman untuk bayi. “Kemudian dilihat kesehatan anaknya juga”tuturnya.

Berdasarkan keterangan, yang diberikan orang tua bayi yang viral beri minum kopi sachet mengatakan bahwa ia sedang frustasi, karena kondisi perekenomian keluarganya sedang sulit. Untuk memberikan susu untuk anaknya pun susah. Terpaksa ia memberikan anaknya susu kaleng bukan kopi seperti di video.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Gowa, Kawaidah Ahmad memaparkan, pihaknya sudah mengirimkan staf untuk mendapatkan informasi jika ibu korban sudah dibawa ke kepolisian Resor Gowa.

Kawaidah, mengatakan belum dapat memberikan keterangan secara mendalam. Alasannya kasus ini sudah ditangani oleh Polres Gowa. Kemudian, Dokter spesialis anak dr Kurniawan Satria Denta menjelaskan kopi tidak untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Kopi hanya boleh diminum oleh anak diatas 12 tahun.

"Kopi tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh anak-anak. IDAAS (Ikatan Dokter Anak Amerika Serikat) malah secara tegas dan presisi membuat pernyataan, di bawah 12 tahun haram hukumnya minum kopi," pungkasnya melalui komentar dalam video tersebut.

Editor : -

Tag : #bayi diberi kopi    #viral    #nasional    #bayi    #kopi susu    #diare    #tiktok   

Baca Juga