Gubernur Jawa Tengah sekaligus Kader PDIP Ganjar Pranowo (Dok: sumut.suara.com)

Ganjar Pranowo Masuk Bursa Capres NasDem, PDIP Beri Respons

Dimas | Politik | 17-06-2022

PARBOABOA, Jakarta - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) beri respons terkait salah satu kadernya yakni Ganjar Pranowo yang disebut-sebut masuk bursa pencalonan presiden dalam Rakernas Partai Nasdem.

Menurut Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto, PDIP tak ingin ikut campur dalam urusan rumah tangga partai lain. Namun, ia mengatakan bahwa kadernya yakni Ganjar telah menegaskan bahwa dirinya akan bersama PDIP.

"Pak Ganjar tadi sudah ditanya wartawan dan pak Ganjar menegaskan bahwa saya adalah PDI perjuangan, tegak lurus pada disiplin partai," ucap Hasto kepada wartawan di sekolah PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (16/6).

Hasto pun mengungkapkan, keputusan pencalonan presiden dalam pemilu 2024 oleh PDIP berada di tangan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Selanjutnya, Hasto pun menyebutkan bahwa partai politik memang memiliki tugas untuk menyiapkan kader yang potensial. Oleh karena itu, dikatakan Hasto, dalam Rakernas PDIP yang akan digelar dalam waktu dekat di sekolah partai, menjadi pengingat tugas partai untuk melahirkan seorang pemimpin.

"Kami punya prinsip bahwa menjadi partai politik itu punya tugas untuk menyiapkan kader kader pemimpin yang digembleng dari anggota partai. karena itulah rakernas PDI perjuangan nanti diadakan di sekolah partai," katanya.

Respons Ganjar

Sebelum DPP PDIP memberikan respons, Ganjar sendiri juga diketahui telah buka suara terkait dirinya yang masuk bursa pencalonan presiden dalam Rakernas Partai NasDem. Terkait hal itu, Ganjar pun lantas mengucapkan terima kasih sekaligus menekankan dirinya adalah kader PDIP.

"Saya terima kasih mendapatkan kehormatan itu tapi saya PDIP," kata dia kepada wartawan di sekolah PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (16/6).

Saat ditanya terkait peluang dirinya dipinang oleh partai lain untuk maju di Pilpres 2024, Ganjar pun melontarkan candaan dan menegaskan dirinya tetap kader PDIP.

"Apa lamaran-lamaran?, memangnya mau nikah. Partainya PDIP markasnya PDIP kok," kata dia.

Bursa Capres Partai NasDem

Sebelumnya, Ketua DPW Partai Nasdem Jawa Barat (Jabar) Saan Mustopa telah membeberkan sejumlah nama yang akan diusulkan sebagai capres dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Nasdem.

Adapun nama tersebut, yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

"Dari 27 DPD, ada empat nama yang akan kami sampaikan. Nama-nama yang selama ini juga sudah berkembang. Jadi seperti Pak Anies, Pak Ganjar, Pak Andika, Pak Erick Thohir. Itu nama-nama yang DPD-DPD usulkan ke DPW Jabar," ujar Saan kepada wartawan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Rabu (15/6) malam.

Selain itu, Sekretaris Rakernas NasDem Willy Aditya mengatakan bahwa nama capres yang telah diusulkan oleh DPW di Rakernas, nantinya akan diajukan ke Ketua Umum Surya Paloh. Kemudian, tokoh yang terpilih bakal disampaikan ke publik di hari terakhir Rakernas, yakni hari ini, Jumat (17/6).

Tag : #pilpres 2024    #dpp pdip    #politik    #rakernas nasdem    #ganjar pranowo    #anies baswedan    #erick thohir   

Baca Juga