Gambar Vakuola Pada Tanaman ( Dok : Harapan Rakyat )

Pengertian, Ciri dan Fungsi Vakuola Pada Sel Tumbuhan. Singkat Padat dan Jelas

Jonson | Pendidikan | 28-04-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Fungsi vakuola pada sel tumbuhan adalah sangat penting dalam kehidupan, serta kelangsungan hidup tumbuhan bergantung pada kemampuan vakuola agar tetap terlarut di dalamnya. Faktor metabolisme dalam sel menjadi satu dalam vakuola. Tumbuhan tidak mempunyai sistem kekebalan seperti hewan, sehingga tanpa adanya vakuola proses kehidupan dalam sel akan terhenti.

Fungsi Vakuola Pada Sel Tumbuhan adalah sebagai tempat penyimpanan cadangan seperti protein, kalium, glukosa. Fungsi Vakuola Pada Sel Tumbuhan adalah juga sebagai tempat menimbun sisa dari metabolisme dan metabolik sekunder seperti alkaloid, getah karet, kalsium, tanin dan oksabit.

Apakah fungsi vakuola pada sel tumbuhan? Pertanyaan ini akan menjadi lebih mudah untuk anda jawab setelah membaca keterangan dibawah ini.

Fungsi Vakuola Pada Sel Tumbuhan Adalah

Selain pengertian tentang fungsi vakuola pada sel tumbuhan diatas, kita akan mengenal lebih jauh lagi tentang apakah fungsi dari vakuola pada sel tumbuhan yang sebenarnya.

Berikut beberapa fungsi vakuola pada sel tumbuhan :

  1. Tempat menyimpan minyak atsirik atau jenis minyak berbau khas seperti minyak kayu putih.
  2. Sebagai tempat penyimpanan zat cadangan makanan pada tumbuhan seperti glukosa dan amilum.
  3. Tempat menyimpan sisa metabolisme dan metabolik sekunder seperti alkaloid, kalsium oksabit tannin dan getah karet.
  4. Mengatur tekanan osmotik sel atau turgiditas.
  5. Sebagai tempat penyimpanan pigmen atau bunga, buah dan daun.

Bagi tumbuhan, vakuola berfungsi untuk berperan penting dalam hidup tumbuhan, karena mekanisme pertahanan hidup semua bergantung pada kemampuan vakuola untuk menjaga zat yang terkandung didalamnya.

Jenis Vakuola Tumbuhan

Vakuola tumbuhan terbagi menjadi 3 jenis, yaitu :

  1. Vakuola makanan yang berfungsi sebagai sistem pencernaan tumbuhan.
  2. Vakuola kontraktil yang terdapat pada protista yang merupakan struktur yang fungsinya mengumpulkan air dan memasukkannya ke dalam sel.
  3. Vakuola tumbuhan pusat yang merupakan semua sel yang hidup.

Fungsi vakuola pada sel tumbuhan penting dalam kelangsungan kehidupan tumbuhan. Fungsi vakuola yang paling utama adalah memasukkan air melalui tonoplas untuk membangun suatu turgor sel.

Ciri-Ciri Vakuola Tumbuhan

Ciri-ciri vakuola tumbuhan adalah sebagai berikut :

  1. Pada sel tumbuhan dewasa vakuola cenderung lebih besar, umumnya disebut sebagai vakuola sentra karena menempati hampir seluruh ruang sel.
  2. Penimbunan ion organik utama dari sel tumbuhan.
  3. Menyimpan senyawa organik seperti protein.
  4. Bentuk jaringan tersusun dari beberapa sel yang memiliki dinding primer.
  5. Berfungsi sebagai pengatur air.

Tekanan Turgor

Tekanan turgor dapat terjadi apabila sitoplasma bersifat hipertonik terhadap vakuola, ini mengakibatkan vakuola membesar, menyerap air sehingga tekanannya meningkat sendiri. Peristiwa ini disebut sebagai tekanan turgor. Kemudian cairan vakuola memaksa tonoplas untuk dinding sel juga dapat ikut tertekan. Dinding sel membatasi volume sitoplasma yang mengakibatkan lingkungan luar pada sel memberikan tekanan kepada tonoplas untuk dapat memelihara turgiditas sel dalam cakupannya sendiri. Turgidus artinya adalah menggelembung.

Kandungan Dalam Vakuola

  1. Mineral.
  2. Glukosa.
  3. Tanin.
  4. Alkaloid.
  5. Mintak eteris.
  6. Fruktosa.
  7. Sukrosa.
  8. Enzim.
  9. Senyawa organik dan anorganik.

Demikianlah penjelasan mengenai pembahasan Fungsi Vakuola Pada Sel Tumbuhan. Semoga materi ini dapat bermanfaat untuk semua.

Tag : #Fungsi Vakuola    #Tumbuhan    #Pendidikan    #Guru    #Siswa    #IPA    #Biologi   

Baca Juga