Logo Terra LUNA (dok cryptologos.cc)

Harga Ambruk, Perdagangan Terra LUNA Dihentikan dari Beberapa Platform Jual Beli Kripto

Rini | Ekonomi | 14-05-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Token kripto Terra LUNA menjadi pengalaman pahit bagi para trader kripto. Pasalnya kripto yang dikembangkan Terra Labs di Korea Selatan ini mengalami penurunan harga yang sangat drastis, lebih dari 99 persen dalam beberapa hari belakangan ini.

Padahal bulan lalu Terra LUNA ini berhasil meraih harga tertinggi hingga Rp 1,73 juta dan masuk dalam daftar kripto paling digemari. Sayangnya keadaan berbalik dengan cepat, pada perdagangan Jumat (13/5), harga Terra LUNA tak lagi sampai Rp 100 rupiah.

Mengutip CoinMarketCap, pada Sabtu (14/5), pukul 03.44 WIB, Terra LUNA diharga Rp 1,68 rupiah per koin atau turun hingga 99,60 persen.

Pemilik Terra LUNA, Do Kwon mengaku sedang mencari cara untuk menyelamatkan token kripto ini dari kehancuran, namun sejumlah platform jual beli kripto telah menghapus penjualan token kripto ini.

Salah satu platform yang mengumumkan penghapusan LUNA adalah PINTU. Platform asal Indonesia ini mengumumkan akan menghentikan perdagangan Terra LUNA apabila harganya mencapai Rp 10.

“Halo teman-teman Pintu. Transaksi jual/beli token Terra (LUNA) akan dihentikan jika harga token tersebut mencapai Rp10. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya,” tulis PINTU di halaman resminya, Kamis (12/5).

Platform Tokocripto dan Triv juga telah mengumumkan penghapusan Terra LUNA dari aktivitas jual beli per hari Jumat.

Kemudian Indodax juga mengumumkan hal yang sama, penghapusan Terra LUNA telah dilakukan pada Jumat (13/5).

"Sesuai dengan pernyataan resmi kami sebelumnya terkait dengan aset kripto Terra (LUNA), apabila harga LUNA mencapai Rp10 maka transaksi perdagangan LUNA akan langsung dihentikan. Untuk itu, dengan berat hati kami umumkan Indodax akan melakukan delisting terhadap market LUNA pada hari Jumat, 13 Mei 2022 pada pukul 20.00 WIB," tulis Indodax.

Untuk itu Indodax menyarankan kepada seluruh trader yang memiliki koin kripto Terra LUNA agar melakukan penarikan aset, agar apat melakukan trading LUNA di exchange lain. Indodax menjamin jika saldo aset kripto LUNA para trader tetap aman,

Adapun untuk melakukan transfer aset LUNA ke exchange lain, para trader diharapkan untuk lebih dulu memastikan exchange tersebut masih mendukung merkat LUNA, agar Indodax dapat mengirimkan aset LUNA yang dimiliki.

Namun perlu diketahui, transfer aset kripto LUNA tidak dapat dilakukan ke alamat wallet akun Indodax lainnya.

Terra LUNA sendiri juga pernah menjadi aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar keenam, dengan nilai US$ 40 miliar. Sayangnya, kini harganya turun drastis banget, sehingga harus ditangguhkan dari perdagangan.

Tag : #terra luna    #kripto    #ekonomi    #terra luna ambruk    #pintu hapus terra luna    #indodax    #tokocripto    #triv   

Baca Juga