Warga Karo kirim jeruk 3 ton untuk Presiden Jokowi. (dok JPNN.com)

Heboh, Petani di Karo Kirimi Presiden Jeruk 3 Ton

Rini | Hukum | 04-12-2021

PARBOABOA, Karo - Warga yang tinggal di Liang Melas, Kabupaten Karo, Sumut mengirimkan jeruk hasil panen di ladang mereka sebanyak 3 ton untuk Presiden Jokowi. Aksi ini digelar warga untuk meminta perhatian presiden terkait kondisi jalan di desa tersebut yang rusak.

Ketua panita acara tersebut Paham Sitepu mengatakan pengiriman buah jeruk ini merupakan inisiatif dari persatuan masyarakat Liang Melas Datas yang terdiri dari warga beberapa desa, yaitu Desa Kutambaru, Desa Batu Mamak, Desa Pola Tebu, Desa Kutambelin, Desa Kuta Pengkih, Dusun Barisan, Dusun Kuta Kendit, dan Dusun Cerumbu.

Dengan mengirim jeruk, warga setempat mengundang Presiden Jokowi dan berharap Jokowi dapat meluangkan waktunya untuk berkunjung ke desa mereka untuk melihat kondisi jalan di desa mereka yang telah rusak selama berpuluh-puluh tahun.  

"Jeruk yang kami kirim sebagai oleh-oleh kepada Bapak Presiden Joko Widodo ini seberat tiga ton dari hasil panen warga. Semoga Bapak presiden mau datang ke desa kami," ujarnya, Jumat (3/12/2021).

Warga mengeluhkan jalan rusak membuat warga kesulitan saat akan mengangkut hasil panen mereka dari ladang, terutama di musim penghujan seperti sekarang. Banyak hasil panen yang gagal dikirim ke luar daerah, karena mobil pengangkut tidak dapat melintasi jalan rusak tersebut.

"Sudah lebih dari 25 tahun jalan ini rusak, belum ada dibuat bagus sama sekali," ucap Paham.

Seorang warga lainnya, Hena Beru Ginting juga mengeluhkan hal yang sama, padahal masyarakat di daerah Karo kebanyakan berprofesi sebagai petani.

"Truk yang mengangkut hasil panen seperti sayuran dan buah-buahan warga sering terguling karena jalannya rusak parah. Hadi rugilah kami, padahal cuma dari situ penghasilan kami," kata Hena.

Jeruk yang akan dikirimkan tersebut telah dikemas ke dalam 200 kotak dan dibawa ke Jakarta melalui jalur darat menggunakan sebuah truk. Para warga berkumpul untuk memberangkatkan perwakilan yang akan berangkat menemani mobil yang membawa jeruk tersebut menuju Istana Negara, Jakarta.

Tag : #viral    #karo    #sumut    #warga karo kirimi presiden jeruk 3 ton    #jokowi    #daerah   

Baca Juga