Ilustrasi seseorang yang mengalami kerusakan ginjal (Dok:kompas.com)

Waspada! Inilah Tanda-Tanda Kerusakan Ginjal yang Wajib Diketahui

Dimas | Kesehatan | 30-05-2022

PARBOABOA, Jakarta – Ginjal merupakan salah satu organ penting pada tubuh yang berfungsi sebagai penyaring limbah berlebih dari darah. Ketika ginjal mengalami kerusakan, maka ginjal tidak dapat menyaring racun tubuh dan menyebabkan penumpukan racun.

Kerusakan ginjal memang sering kali tidak disadari oleh kebanyakan orang. Bahkan, beberapa orang baru menyadari dirinya mengalami kerusakan ginjal saat sudah memasuki tahap gagal ginjal.

Mengutip dari laman resmi National Kidney Foundation, Dr. Joseph Vassalotti mengatakan bahwa ada kalanya tanda-tanda kerusakan ginjal tidak mucul hingga kerusakan memasuki tahap lanjut.

"Inilah salah satu alasan mengapa hanya 10 persen orang dengan penyakit ginjal kronis yang mengetahui bahwa mereka mengidapnya,” kata Dr. Joseph Vassalotti

Untuk mengetahui dengan pasti seseorang mengalami kerusakan ginjal, satu-satunya cara yang bisa dilakukan yakni dengan melakukan tes kesehatan.

Namun sebelum itu, seseorang dapat memperhatikan beberapa tanda-tanda yang disinyalir berkaitan dengan kerusakan pada ginjal.

Tanda-Tanda Ginjal Mengalami Kerusakan

1. Mudah Lelah

Penurunan fungsi ginjal akibat kerusakan, secara perlahan akan menyebabkan penumpukan racun dan kotoran dalam darah. Hal tersebut akan membuat tubuh menjadi mudah lelah, lemah, dan mengalami kesulitan saat berkonsentrasi.

Dalam beberapa kasus, kondisi tersebut juga dapat menyebabkan anemia dan membuat tubuh selalu terssa lemah dan lunglai.

2. Kulit Menjadi Kering dan Gatal

Tanda kerusakan ginjal yang umum lainnya yakni kulit menjadi kering dan muculnya gatal-gatal. Kondisi ini terjadi ketika ginjal mengalami kerusakan dan tidak dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh, yang berujung pada menumpuknya racun di dalam darah.

Kesrusakan ginjal juga membuat keseimbangan mineral dan nutrisi dalam tubuh terganggu, sehingga kondisi ini bisa membuat kulit menjadi kering dan mudah mengalami gatal-gatal.

3. Alami Sleep Apnea (gangguan tidur)

Sleep Apnea diketahui lebih sering terjadi pada seseorang yang memiliki riwayat kerusakan ginjal yang kronis, dibandingkan dengan orang pada umumnya.

4. Kaki Bengkak

Penurunan fungsi ginjal akibat kerusakan dapat menyebabkan retensi natrium, yang pada akhirnya akan membuat seseorang mengalami pembengkakan di kaki dan pergelangan kaki.

5. Urine Berdarah dan Berbusa

Ginjal yang sehat dapat menjaga sel-sel darah dalam tubuh ketika ginjal menyaring limbah untuk proses pembuatan urine. Namun, ketika filter ginjal rusak, sel-sel darah bisa masuk ke dalam urin.

Selain itu, kerusakan ginjal juga bisa ditandai dengan busa berlebihan di dalam urine. Busa dalam urine, akan terlihat sama seperti busa saat seseorang mengocok telur.

6. Nafsu Makan Hilang

Tanda yang paling umum dari kerusakan ginjal adalah hilangnya  nafsu makan. Melansir dari Best Life, apabila kerusakan ginjal telah memasuki tahap lanjut, kondisi itu akan menyebabkan sensasi penuh diperut. Sehingga hal tersebut akan menyebabkan hilangnya nafsu makan.

7. Mata Bengkak

Tanda kerusakan ginjal yang terakhir adalah mata mengalami pembengkakan. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya kebocoran protein dalam urine yang seharusnya tersimpan di dalam tubuh.

Boconya protein ke dalam urine bisa disebabkan oleh rusaknya filter ginjal.

Nah, itulah seputar informasi mengenai tanda-tanda kerusakan pada ginjal yang wajib diketahui. Jika Anda mengalami tanda-tanda di atas, segera pergi ke dokter untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Semoga bermanfaat!

Tag : #ginjal    #kerusakan ginjal    #kesehatan    #urine    #sleep apnea    #mata bengkak   

Baca Juga