Salah satu bunga tercantik di dunia yakni bunga Tulip (pixabay.com)

10 Bunga Tercantik dan Terindah di Dunia

Wulan | Hiburan | 15-06-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Bunga kerap dijadikan sebagai symbol cinta dan kebahagiaan. Hal ini tidak terlepas dari warna, harum, serta jenisnya yang beragam.

Secara morfologi, bunga merupakan salah satu jenis tanaman hias yang memberikan tampilan menarik. Hal itu dapat terjadi karena sejumlah enzim. Enzim tersebut terangsang dari fitohormon tertentu kemudian terjadi pembentukan pada bunga tadi yang akhirnya  dikendalikan dengan cara genetic.

Ada banyak macam bunga di dunia ini dimana setiap jenisnya memiliki karakteristik dan keunikan tersendiri. Berkat hal itulah, bunga juga sering mnghiasi beragam momen penting dalam kehidupan seperti pernikahan, kelulusan, samapai pemakaman.

Dari banyaknya jenis bunga yang ada di dunia, ternyata ada beberapa bunga yang termasuk dalam kategori bunga tercantik. Apa saja ya kira-kira? Yuk simak ulasan berikut.

1. Bunga Mawar

Bunga mawar menjadi salah satu jenis bunga yang sudah dikenal sejak zaman 500 tahun Sebelum Masehi. Bunga yang diakui sebagai bunga paling indah ini memiliki banyak warna, mulai dari kuning, pink, orange, putih dan yang paling sering kita lihat yakni merah.

Kecantikan bunga warna tidak hanya terlihat dari kepolaknya, namun juga keharumannya. Tidak bisa dipungkiri jika bunga mawar kerap dijadikan sebagai lambang cinta dan kasih sayang.

Selain itu, duri-duri yang ada pada batang mawar juga menambah kecantikan sekaligus menunjukkan bahwa bunga mawar tidak dapat disentuh sembarang orang.

2. Bunga Tulip

Bunga nasional asal Iran dan Afganistan ini termasuk kedalam kategori bunga tercantik di dunia. Dengan bentuk kelopaknya yang menyerupai cangkir serta corak warna yang bervariasi, bunga tulip seringkali diartikan sebagai simbol cinta dan gairah.

Ciri khas bunga yang satu ini adalah batangnya yang tegak lurus, daunnya yang sempit, serta memiliki permukaan seperti lilin. Selain mawar, bunga tulip juga memiliki warna yang beragam, seperti merah, pink, kuning, putih, orange, ungu dan warna lainnya.

Sayangnya, sampai saat ini Tulip belum banyak ditemukan di Indonesia lantaran jenis bunga ini hanya dapat tumbuh di lingkungan yang dingin.

3. Bunga Sakura

Urutan bunga tercantik  di dunia selanjutnya adalah Sakura. Bunga yang berasal dari Jepang ini cenderung bergerombol pada satu pohon dan akan mekar pada saat musim semi saja. Waktu mekar bunga Sakura pun terbilang cukup singkat, yakni hanya satu sampai dua minggu.

Proses pertumbuhan tanaman ini juga dipengaruhi oleh pertumbuhan iklim lingkungan. Di jepang, apabila seseorang merusak Sakura, maka orang tersebut akan dikenakan sanksi bahkan bisa sampai di penjara.

Selain menyegarkan mata, Sakura yang identik dengan warna pink ini memiliki manfaat lain yaitu bisa dicampurkan kedalam minuman. Masyarakat Jepang menganggap sakura adalah simbol kemakmuran dan kebahagiaan.

4. Bunga Anggrek

Anggrek merupakan salah satu jenis tanaman dengan yang biasa hidup di daerah tropis. Oleh sebab itu, ada banyak macam tanaman anggrek yang bisa kita jumpai hampir di seluruh hutan Indonesia.

Anggrek memiliki lebih dari 25.000 jenis dengan bentuk dan warna yang beragam, diantaranya adalah anggrek bulan, anggrek bulan Kalimantan, anggrek tebu, anggrek hitam, anggrek cattleya, dan anggrek vanilla.

Selain bisa digunakan sebagai penghias ruangan, anggrek dapat digunakan sebagai obat herbal, bahan parfum, dan juga bahan makanan.

Seringkali, anggrek diartikan sebagai lambang cinta dan keagungan. Bunga ini juga kerap mewakili perasaan, seperti takut kehilangan dan keinginan untuk saling menjaga.

5. Bunga Matahari

Bunga matahari memiliki nama ilmiah yakni Helianthus Annuus. Bunga indah ini terkenal dengan warna kuningnya yang sangat terang dan cantik. Namun, tahukah kamu kalau ada warna lain dari bunga matahari? Bukan hanya berwarna kuning, bunga matahari juga memiliki warna lainnya, seperti orange, ungu, merah bahkan hitam.

Hal unik yang ada pada bunga matahari adalah bijinya. Sudah menjadi rahasia umum jika biji bunga matahari dapat dikonsumsi. Tidak hanya rasanya yang lezat, kandungan gizi pada bunga matahari juga sangat tinggi.

Warna kuning pada bunga matahari kerap dijadikan simbol kebahagiaan, tidak heran jika jenis tanaman yang satu ini juga dianggap sebagai bunga tercanik di dunia.

6. Bunga Lily Air

 Lily air menjadi ratu dari semua jenis bunga yang hidup di air.Tanaman ini memiliki 70 jenis bunga yang tersebar di berbagai belahan dunia. Tidak heran, jika bunga ini menjadi favorit kebanyakan orang.

Perlu kamu ketahui bahwa bunga lily air dapat berkembang di ekosistem air tawar yang tenang dan dangkal. Salah satu cara lily  membantu melindungi ekosistemnya adalah dengan menyeimbangkan suhu air dan menyediakan kondisi habitat yang sangat baik.

Bunga-bunga ini akan mekar dari musim semi hingga musim gugur. Di pagi hari, lily air akan membuka kelopaknya dan ,menutup kembali saat malam tiba. Kamu dapat menemukan bunga ini dalam berbagai warna seperti putih, merah muda, orange, ungu dan biru

7. Bunga Bleeding heart

Bunga ini juga salah satu bunga tercantik di dunia. Memiliki nama latin Dicentra spectabilitis, bunga ini berhasil menarik perhatian banyak orang dengan bentuk hati yang indah.

Bunga bleeding heart paling banyak terlihat dalam warna merah dan putih. Jika dilihat dari bentuknya, bunga ini seperti simbol cinta yang sempurna dan mekar sepanjang muism semi.

Bunga berbentuk hati ini juga dapat tumbuh dan berkembang dengan baik di iklim yang lembab dan sejuk.  Tanaman ini juga memiliki beberapa macam warna seperti merah, merah muda, kuning dan putih.

8. Bunga Lilac

Selanjutnya bunga tercantik di dunia adalah bunga lilac. Bunga lilac yang juga dikenal sebagai ‘ratu semak’ ini memiliki bentuk indah yang berwarna ungu dan garis putih elegan. Ditambah dengan kelopak memanjang yang menjadikan tampilannya semakin unik dan membuat bunga ini disukai banyak orang.

Lilac atau Syringa Vulgaris juga menjadi salah satu tanaman hias yang sebagain besarnya umbuh di balahan Eropa dan Amerika Serikat.

9. Bunga Azalea

Azalea adalah sekelompok bunga semak dan umumnya tidak terlihat apabila hanya sebagai individu. Warna serta keharuman azalea yang khas cocok untuk memperindah kebun rumah Anda yang luas.

Salah satu bunga tercantik di dunia ini mekar di musim semi dalam warna merah muda hingga kuning. Bunga Azalea juga dapat tumbuh di daerah dengan intensitas cahaya rendah yang tidak dapat dilakukan oleh tanaman berbunga lainnya.

10. Bunga Dahlia

Bunga dahlia memiliki 42 jenis macam spesies yang terbesar di seluruh dunia. Bentuk dan warna bunga dahlia pun bernekaragam. Hal tersebut menjadikan bunga ini disukai para pecinta bunga. Bunga ini juga memiliki ukuran yang bervariasi, yaitu kecil, sedang, hingga besar.

Ukuran kelopak bunga dalam satu bunga pun bervariasi, yang disusun dalam berbagai tingkat kelopak. Kelopak di bagian tengah cenderung kecil, kemudian bentuknya semakin besar pada kelopak tengah bunga, dan lebih besar lagi pada kelopak pinggir bunga.

Hal tersebut membuat bunga dahlia seperti memancarkan energi keindahan dan semakin mempercantik bunga dahlia. Selain itu, bunga ini tidak hanya memiliki satu warna, tetapi justru memiliki banyak sekali variasi warna. Hal tersebut tentu membuat penggemar bunga lebih mudah dalam memilih bunga yang mereka sukai.

Tag : #tercantik    #bunga tercantik di dunia    #hiburan    #mawar    #tulip    #sakura    #anggrek    #matahari    #lily air    #bleeding heart   

Baca Juga