Ilustrasi (Foto: Okezone)

10 Daftar Penghasil Batu Bara Terbesar di Dunia

Martha | Ekonomi | 17-01-2022

PARBOABOA – Setiap negara di dunia ini ketergantungan pada energi fosil yang tak terbarukan, salah satunya yaitu batu bara yang menjadi sumber energi paling besar setelah minyak bumi.

Penghasil batu bara bukan hanya ada di Indonesia saja, masih banyak negara-negara lain yang juga penghasil batu bara bahkan lebih besar dari Indonesia.

Berikut daftar 10 negara penghasil batu bara terbesar di dunia pada tahun 2020.

1. China

Penghasil batu bara terbesar pertama ada di China. Negeri Tirai Bambu ini penghasil batu bara terbesar sejagad dan tidak pernah tergeser hingga saat ini.

Produksi batu bara setiap tahunya mencapai 3,9 miliar ton.

2. India

Diurutan yang kedua ada di India penghasil batu bara terbesar di dunia. Produksi batu bara di negara ini mencapai 756,5 juta ton. Negara ini tergantung pada batu bara sebagai sumber energinya, terutama untuk pembangkit listrik.

3. Indonesia

Urutan yang ketiga ada negara kita tercinta yaitu Indonesia, negara kita juga termasuk sebagai penghasil batu bara terbesar di dunia.

Produksi batu bara di Indonesia mencapai sebanyak 562,5 juta ton pada tahun 2020.

4. Amerika Serikat

Amerika Serikat ada diurutan keempat sebagai produsen batu bara terbesar. Negeri paman Sam ini memiliki batu bara sebanyak 484,7 juta ton pada tahun 2020.

5. Australia

Secara tradisonal Australia adalah negara yang masuk deretan produsen batu bara terbesar di dunia. Negeri Kangkuru ini dapat memproduksi batu bara sebanyak 476,7 juta ton.

6. Rusia

Urutan yang keenam ada Rusia, negara ini sebelumnya sempat menjadi produksi batu bara paling banyak didunia. Namun berangsur, produksi batu bara Rusia terus menurun.

Produksi batu bara di Rusia berada di angka 399,8 juta ton. Selain itu negara ini sumber energinya mulai tergantikan oleh gas alam dan nuklir.

7. Afrika Selatan

Yang ketujuh ada negara Afrika Selatan, Afrika sama dengan Rusia dulunya adalah produsen utama batu bara global sebelum akhirnya tergeser posisinya oleh negara lain.

Produksi batu bara di negara ini mencapai 248,3 juta ton.

8. Kazakhstan

Selanjutnya ada kazakhstan, negara ini memiliki cadang batu bara yang cukup melimpah. Produksi batu bara di negara ini mencapai 113,2 juta ton.

9. Jerman.

Jerman adalah negara Eropa dengan cadangan batu bara paling melimpah setelah Rusia. Produksi batu bara di negara ini tercatat sebanyak 107,4 juta ton.

10. Polandia

Di posisi yang terakhir ada Polandia sebagai negara terbesar penghasil batu bara denga produksi mencapai 100,7 juta ton. Lebih dari separuh energi listrik di Polandia masih disuplai dari batu bara.

Itulah 10 daftar negara penghasil batu bara terbesar di dunia. Semoga informasi yang kami berikan bisa menjadi tambahan ilmu buat kalian.

Tag : #batu bara    #negara penghasil batu bara tersesar    #china    #indonesia    #india    #ekonomi   

Baca Juga