Capai Hingga Puluhan Ton, Inilah 10 Ikan Terbesar di Dunia

Capai Hingga Puluhan Ton, Inilah 10 Ikan Terbesar di Dunia

Sondang | Hiburan | 10-11-2021

PARBOABOA, Siantar – Laut di bumi memiliki volume sebesar 1.335.000.000 kilometer kubik. Angka tersebut menutupi sekitar 70% permukaan bumi. Jadi, tidak heran dong kalau laut dihuni binatang-binatang menakjubkan yang penuh misteri.

Kehidupan bawah laut sungguh menakjubkan dan penuh misteri. Ada ribuan spesies hewan laut yang luar biasa, entah dalam hal penampilan maupun kemampuan uniknya, termasuk ikan terbesar di dunia.

Ada pula yang mengagumkan karena ukurannya yang sangat besar, dengan panjang hingga puluhan meter dan berat puluhan ton. Salah satu hewan laut yang memiliki ukuran terbesar adalah fauna yang berada di perairan. Inilah daftar 10 ikan terbesar di dunia. Yuk simak kelanjutannya!

1. Hiu Paus, Ikan paus terbesar di dunia

Melansir World Atlas, Hiu Paus (Rhincodon typus) merupakan spesies ikan terbesar di dunia yang masih hidup hingga saat ini dan dipercaya sudah ada sejak 60 juta tahun yang lalu. Hiu Paus memiliki berat mencapai 21,5 ton. Hiu yang memiliki ciri khas berupa corak totol di tubuhnya ini memiliki panjang hingga 12 meter. 

Hiu paus ditemukan di lautan tropis yang hangat dan memiliki rentang hidup mulai dari 80 hingga 130 tahun. Sumber makanan hewan laut ini adalah berbagai jenis ikan dan plankton yang lebih kecil.

Ikan paus bukan hewan buas. Bahkan, di tahun 2018 Live Science pernah meliput salah satu ikan paus yang menyelamatkan seorang ilmuwan laut dari serangan hiu putih, lo!

2. Hiu Raksasa

Di posisi kedua dalam daftar ikan terbesar di dunia adalah hiu raksasa (Cetorhinus maximus), yang panjangnya bisa mencapai hampir 8 meter dan berat 19 ton. Tapi mereka bukan ikan predator, dan hanya makan plankton serta hewan-hewan kecil layaknya banyak jenis paus. Mereka menangkap makanannya itu dengan cara membuka lebar-lebar mulutnya sambil berenang, seperti yang bisa kamu lihat di gambar.

Spesies ini merupakan spesies kosmopolitan, artinya dapat ditemui di samudra hangat di seluruh dunia. Hiu raksasa biasanya ditemukan di Teluk Fundy, sebuah teluk yang terletak di antaraNew Brunswick dan Nova Scotia, Kanada. Seperti hiu lainnya, hiu ini terancam punah.

3. Hiu Putih Besar

Hiu Putih Besar (Carcharodon carcharias) merupakan spesias ikan predator yang termasuk dalam ikan paling besar di dunia lautan. Hiu putih memiliki berat mencapai 3.32 ton dan memiliki panjang 6 meter.

Hiu putih Besar terkenal dengan serangannya terhadap manusia. Meski sering dianggap sebagai pemangsa manusia, sebenarnya keberadaan hiu putih besar lebih terancam akibat manusia daripada sebaliknya, lho.

Hiu putih besar dapat ditemukan di banyak lautan di seluruh dunia, dengan habitat pentingnya di AS (pantai timur laut dan California), Afrika Selatan, Jepang, Chili, dan Mediterania.

4. Hiu Macan

Selanjutnya ada hiu macan (Galeocerdo cuvier), yang merupakan salah satu spesies hiu terbesar sekaligus terganas karena serangannya terhadap manusia. Hiu macam memiliki berat mencapai 3.11 ton dan panjangnya yang mencapai 4,8 meter.

Hiu harimau jarang menetap di satu tempat, melainkan lebih suka berpindah-pindah untuk mencari makan. Mengutip How Stuff Works, sebuah studi menemukan kalau hiu harimau berenang sejauh 48—64 kilometer dalam sehari hanya untuk mencari makan saja!

Umumnya, mereka tinggal di perairan hangat dan banyak ditemukan di wilayah tropis, seperti Indonesia. Kamu bisa menemukan mereka berenang di dekat area permukaan hingga 350 meter di bawah laut.

5. Pari Manta Raksasa

Pari manta raksasa (Mobula birostris) merupakan spesies pari terbesar sekaligus ikan terbesar di dunia kelima di dunia. Laman Oceana mencatat, lebar pari manta raksasa (Manta birostris) bisa mencapai 8,8 meter dan beratnya sekitar 3 ton. Karena ukurannya yang besar, ikan ini juga tercatat punya otak terbesar di antara semua jenis ikan yang sudah ditemukan.

Selain terbesar, ikan ini juga merupakan salah satu hewan terpintar di laut. Ikan pari manta termasuk sebagai hewan jinak jika tidak diganggu dan merasa terancam. Pari Manta umumnya ditemukan di perairan karang, gosong karang atau di dekat gunung-gunung karang.

6. Mola Mola

Mola mola merupakan spesies ikan yang memiliki postur tubuh yang besar di lautan. Mola mola memiliki panjang 3,3 meter dan berat mencapai 2,5 ton. Ikan mola-mola dijuluki sebagai ikan bertulang sejati terbesar di dunia. Tapi meski sangat besar, mereka gak berbahaya bagi manusia. Makanan mereka adalah ubur-ubur, ikan kecil, plankton, dan ganggang.

Mola mola ditemukan di perairan laut dalam samudera, tetapi terkadang muncul juga di permukaan ataupun perairan dangkal. Karena memiliki sirip atas yang panjang, tidak jarang saat muncul di permukaan air, oleh para pelaut dan nelayan, Mola mola sering disangka hiu oleh para nelayan maupun pelaut.

7. Mola Ekor Lancip

Spesies ikan terbesar di dunia yang termasuk golongan mola lain yang ukurannya gak kalah masif adalah mola ekor lancip (Masturus lanceolatus). Seperti mola tudung, ikan ini juga jarang terlihat sehingga cukup sulit dipelajari. Namun yang jelas mereka punya ukuran luar biasa, dengan panjang sekitar 3,3 meter dan berat 2 ton.

Ikan mola ekor lancip berenang bebas di lautan tropis dunia. Mereka sangat senang berjemur di permukaan air. Oleh karena hobinya ini, ikan mola terlihat seperti ikan hiu karena sirip dorsalnya yang muncul ke permukaan.

8. Mola Tudung

Berikutnya ikan terbesar di dunia ada ikan mola tudung (Mola tecta), salah satu spesies ikan mola yang biasa disebut juga ikan matahari. Ikan ini belum lama ditemukan oleh ilmuwan sehingga baru sedikit yang diketahui tentang mereka. Namun laman Australian Museum menyebut bahwa ukuran mereka bisa mencapai lebih dari 3 meter dan berat 2 ton.

9. Beluga

Beluga (Huso huso) adalah spesies sturgeon terbesar dan salah satu jenis ikan predator terbesar yang termasuk dalam ikan terbesar di dunia. Panjang mereka bisa mencapai 7 meter dan berat lebih dari 1,5 ton. Ukurannya yang besar membuat beluga hanya punya sedikit predator alami.

Mereka adalah salah satu ikan paling diincar manusia untuk diambil telurnya yang berharga sangat mahal yang disebut caviar. Ikan sturgeon adalah jenis ikan air asin yang dapat ditemukan di perairan Eropa dan Asia, serta pesisir selatan Samudra Atlantik

10. Pari Manta Karang

Di urutan ke-10, ada pari manta karang (Mobula alfredi). Mereka adalah spesies ikan pari terbesar kedua di dunia tetapi berada di posisi 10 dalam ikan terbesar di dunia. Dngan lebar terbesar yang pernah dicatat mencapai 5,5 meter dan berat 1,4 ton. Namun meski bertubuh sangat besar, mereka gak perlu ditakuti karena merupakan pemakan plankton dan hewan kecil lainnya.

Tag : #ikan    #ikan terbesar di dunia    #hewan langka    #caviar    #dunia laut   

Baca Juga