Panbers (Dok. TirtoID)

Nostalgia 10 Lagu Terbaik Panbers, Favorit Kamu Yang Mana?

Mei | Hiburan | 29-06-2022

PARBOABOA - Apakah kamu pernah mendengar band Panbers? Atau jangan-jangan, kamu memang salah satu fans berat dari band legendaris tersebut?

Ya benar sekali, Panbers merupakan sebuah band yang sempat hits pada zamannya dan sudah mengeluarkan cukup banyak album yang rata-rata memang disukai oleh para penggemarnya.

Panbers pada dasarnya merupakan sebuah singkatan dari “Panjaitan Bersaudara”, yakni sebuah kelompok pemusik  yang awal mulanya didirikan di tahun 1963 di kota Surabaya.

Panbers terdiri dari empat orang anggota, yang notabenenya memang merupakan saudara kandung. Mereka merupakan anak-anak dari pasangan almarhum Drs. J.M.M. Pandjaitan, S.H, dengan Bosani S.O. Sitompul.

Keempat orang tersebut terdiri dari Benny Panjaitan sebagai gitaris pertama dan vokal, Hans Panjaitan pada gitaris kedua, Doan Panjaitan pada bassis dan keyboard, serta Asido Panjaitan pada bagian drum.

Panbers sendiri resmi dijadikan sebagai sebuah band di tanggal 25 Januari tahun 1969 dan mengalami pertambahan anggota dan juga formasi band di tahun 1990-an.

Adapun anggota baru dalam kelompok musik tersebut adalah Maxi Pandelaki sebagai basssist, Hans Noya sebagai gitaris kedua, dan Hendri Lamiri pada biola.

Lantas, apa saja sih lagu terbaik Panbers yang sempat hits di zamannya? Yuk nostalgia bareng.

10 Lagu Terbaik Panbers

1. Panbers Gereja Tua

Lagu terbaik Panbers yang pertama adalah lagu yang berjudul “Gereja Tua”, yang dirilis di tahun 1986 yang lalu dan sangat sukses di pasaran musik.

Lagu ini sudah terjual sebanyak lebih dari 75 ribu kopi dan mendapatkan sebuah piringan emas sebagai penghargaan bagi lagu yang hits dan laku keras di kalangan masyarakat.

Benny Panjaitan, sang pencipta lagu mengatakan bahwa lagu ini ditulisnya berdasarkan sebuah kenangan yang ia lalui semasa menempuh pendidikan di kota Palembang.

Ia juga mengatakan bahwa dulunya, tepat disebelah sekolahnya , ada sebuah gereja yang selalu terkenang  di benaknya, yang kemudian ia tuangkan kedalam sebuah lirik lagu yang indah. Chord lagu Gereja Tua Panbers juga di buat sedemikian rupa agar menghasilkan irama lagu yang enak didengar.

2. Panbers Terlambat Sudah

Lagu terbaik Panbers yang berikutnya adalah lagu yang berjudul “Terlambat Sudah” yang dirilis di tahun 1976 yang lalu dan sangat sukses di pasaran musik.

Lagu ini juga menjadi salah satu lagu milik Panbers yang mengantarkan Panbers menerima penghargaan Angket Musik Indonesia dari Puspen Hankam pada 1976.

Tak hanya Panbers Terlambat Sudah, lagu lain nya yang berjudul Perantau (1977) dan Merana (1978) juga ikut serta dalam memberikan  Panbers penghargaan Angket Musik Indonesia.

3. Panbers Cinta dan Permata

Lagu terbaik Panbers yang berikut nya adalah lagu yang berjudul “Cinta dan Permata” yang dirilis pada tahun yang awal mulanya dirilis pada pertengahan dekade 90-an yang lalu.

Namun, pada tahun 2001 lagu ini sangat hit dikalangan masyarakat dan ditahun itu juga lagu ini menghadiakan Panbers sebuah piringan emas lagi dan lagi.

4. Panbers – Kami Cinta Perdamaian

Lagu terbaik Panbers yang berikutnya adalah lagu yang berjudul “Kami Cinta Perdamaian”, yang dirilis di tahun 1971 yang lalu.

Lagu ini juga merupakan sebuah lagi yang sangat menginspirasi para musisi, khususnya bagi mereka yang merupakan generasi setelah band Panbers.

Lagu “Aku Cinta Damai” juga menjadi sebuah lagu yang popular dikalangan masyarakat karena dapat membawa obor perdamaian bagi apara aktivis Italia dan juga Amerika.

5. Panbers -  Akhir Cinta

Lagu terbaik Panbers yang berikutnya adalah lagu yang berjudul “Akhir Cinta” yang dirilis di tahun 1970 yang lalu.

Sigle yang satu ini merupakan sebuah lagu milik Panbers yang menghantarkan band ini untuk naik daun dan dikenal oleh masyarakat.

Lagu ini dikenalkan Panbers melalui konser Djambore Band Djakarta pada 7 November 1970 dan diciptakan sendiri oleh Benny Panjaitan serta selalu di tampilkan disetiap ada kesempatan untuk manggung.

6. Cinta Abadi Panbers

Lagu terbaik Panbers  yang berikutnya adalah lagu yang berjudul “Cinta Abadi” yang di popularkan di tahun 1970 yang lainnya.

Single ini masuk kedalam salah satu album milik Panbers yang berjudul “The Very Best Panbers” dan sangat hits pada zamannya, khususnya pada kalangan anak muda karena liriknya  yang sangat menyentuh hati dan sesuai dengan masalah percintaan anak muda.

7. Bunga Mawar Panbers

Lagu terbaik Panbers yang berikutnya adalah lagu yang berjudul “Bunga Mawar” yang dirilis ditahun 1970 yang lalu dan sukses di pasaran musik pada saat itu.

Single ini masuk kedalam salah satu album milik Panbers yang berjudul “The Very Best Panbers, Vol 3” dan sangat hits pada zamannya, khususnya pada kalangan anak muda karena liriknya  yang sangat menyentuh hati dan sesuai dengan masalah percintaan anak muda.

8. Tak Ku Sangka – Panbers

Tak kalah hits, lagu yang berjudul “Tak Ku Sangka” juga sangat hits dikalangan masyarakat karena lirik dan juga nadanya yang sangat selaras dengan kisah percintaan anak muda.

Awal mulanya lagu ini dirilis pada tahun 1970 dalam album Panbers yang bertajuk “Seleksi Album Emas Panbers” dan sangat laku keras hingga menuai beragam penghargaan.

9. Panbers – Bintang Kejora

Selain beberapa judul lagi diatas, lagu Panbers yang berjudul “Bintang Kejora” juga tak kalah menarik dan sangat enak di dengar.

Lagu Panbers yang satu ini diciptakan dan dirilis pada tahun 1970 dan merupakan salah satu single dari album yang bertajuk “Seleksi Album Emas Panbers”.

10. Panbers – Indonesia Negeriku Tercinta

Lagu Panpers yang berikutnya adalah lagu yang berjudul “Indonesia Negeriku Tercinta” yang sangat disukai oleh kaula muda dan mampu membangun jiwa nasionalisme masyarakat pada kala itu.

Tag : #panbers    #musik    #hiburan    #band    #band legendaris   

Baca Juga