Makanan khas Solo: Serabi

10 Makanan Khas Kota Solo yang Enak dan Legendaris

Wanovy | Travel | 12-03-2022

PARBOABOA, Solo - Surakarta atau Solo jadi salah satu kota di Indonesia yang patut untuk dikunjungi. Menempati luas daerah sekitar 46 kilometer persegi, Kota ini menyimpan berbagai keunikan dan makanan khas Solo yang tak boleh kamu lewatkan.

Kota yang terkenal dengan keramahan masyarakatnya, nuansa budaya yang kental, serta makanan murah nan enak jadi daya pikat yang tidak dapat terpisahkan dari Kota Batik ini.

Perihal harga tidak perlu khawatir, Solo dikenal sebagai kota paling murah biaya hidupnya, jadi soal harga pasti aman di kantong para pelancong.

Selain wajib kulineran dengan mencicipi makanan khas Solo, berwisata di tempat-tempat bersejarah juga bisa dimasukkan dalam daftar liburanmu di kota ini loh.

Berniat berkunjung ke Solo? Selain destinasi wisata budaya dan alam, kamu sepertinya harus menyempatkan wisata kuliner di Solo.

Nah, Parboaboa sudah rangkum beberapa makanan khas Solo yang enak dan legendaris untuk kamu cicipi jika sedang berada di Kota ini. Simak ulasan dibawah ini ya!

1. Nasi Liwet

Salah satu makanan asli khas daerah Solo yaitu nasi liwet yang dimasak dengan menggunakan campuran santan. Sehingga rasa yang dihasilkan nasi ini adalah gurih.

Nasi liwet khas Solo biasa disajikan dengan lauk seperti sambal goreng labu, opor ayam suwir, telur, dan areh santan. Wajib banget dicoba!

2. Bubur Gudeg Solo

Racikan gudeg Mbak Yus sudah ada sejak 1992 dan termasuk makanan khas Solo yang wajib dicoba. Jadi tak perlu diragukan kenikmatan bubur gudeg yang ada di sini. Gudeg Mbak Yus sudah terkenal di Solo sejak 25 tahun lalu.

Terungkap pula bahwa keluarga Jokowi memang menyukai racikan nasi dan bubur gudeg di warung Mbak Yus ini sejak dari dulu. Menu favorit Presiden Indonesia Jokowi adalah bubur gudeg komplet dengan lauk opor ayam bagian paha atas yang dijual dengan harga Rp 37.000.

Tampilan bubur gudeg di sini tak ubahnya nasi gudeg. Hanya saja nasi diganti dengan bubur yang teksturnya kental mirip bubur sumsum. Dalam pembuatannya juga dicampur dengan santan sehingga rasanya gurih.

3. Timlo

Salah satu makanan khas Solo yang tidak boleh kamu lewatkan adalah timlo. Timlo adalah salah satu makanan yang memiliki kuah yang bening.

Makanan ini mirip dengan sop tapi memiliki isian yang lebih beragam. Jika sop biasanya hanya memiliki isian berupa sayuran dan juga protein hewani, makanan timlo ini memiliki isian yang lebih lengkap lagi.

Untuk isiannya, timlo biasanya memiliki isian berupa jamur kuping, beberapa sayuran seperti wortel, bihun, cakwe dan juga protein hewan seperti daging suwir, ati ampela, sosis, dan juga telur cokelat.

Karena isian yang lengkap ini membuat makanan ini selain enak juga memiliki gizi yang tinggi.

4. Sate Kere

Sate Kere merupakan makanan khas Solo yang paling diburu oleh turis saat berkunjung kesini. Makanan khas Solo ini cukup unik, karena terbuat dari tempe, tetapi rasanya mirip dengan sate daging pada umumnya, ditambah dengan bumbu kacang semakin membuat kamu terkecoh saat menikmatinya.

Menu ini merupakan kreasi masyarakat Solo jaman dulu dan tergolong makanan mewah.

5. Sate Buntel

Jenis sate khas Solo ini terbuat dari daging yang dibungkus atau “dibuntel” dengan lembaran lemak kambing. Tekstur daging pada sate buntel tidak alot karena menggunakan daging giling.

Lembran yang membungkus daging berfungsi untuk membuat sari daging tetap terjaga dan membuat daging tidak kering saat dibakar.

Krengsengan Memiliki tampilan mirip semur daging, krengsengan bisa dijadikan sebagai salah satu menu kuliner yang disantap ketika berada di Solo.

Makanan khas Solo ini dibuat dari daging kambing dan biasa disajikan dengan petis.

6. Cabuk Rambak

Cabuk rambak merupakan makanan khas Solo yang terdiri dari potongan ketupat yang disiram dengan saus wijen. Ditambahkan karak atau kerupuk nasi sebagai bahan pelengkapnya.

Cabuk rambak biasanya disajikan dengan pincuk sebagai alasnya. Makanan ini cocok dijadikan sebagai makanan ringan atau berat.

7. Tahu Kupat

Saat berkunjung ke Jawa Tengah, kamu pasti akan menemukan menu Tahu Kupat, begitu juga saat berkunjung ke Solo. Ini karena tahu kupat adalah makanan khas Solo yang sudah melegenda sejak puluhan tahun.

Namun, sajian Tahu Kupat Solo berbeda dengan Tahu Kupat lainnya, karena terdapat potongan bakwan, kembang kol dan juga midan di setiap sajiannya. Saat kamu ke Solo sangat mudah mendapatkan makanan ini di pinggir jalan protokol.

8. Serabi

Oleh-oleh khas Solo ini nggak kalah menggugah selera, lho. Makanan ini berbahan dasar tepung beras yang dikombinasikan dengan gula pasir, santan kelapa, dan daun pandan sehingga memiliki rasa manis dan gurih. Serabi Solo memiliki tekstur lembut pada tengahnya sehingga mudah untuk digulung.

9. Selat Solo

Makanan khas Solo selanjutnya yang akan kami rekomendasikan untuk melengkapi wisata kamu di Solo adalah selat Solo.

Selat solo adalah salah satu makanan khas Solo yang unik dan sangat menarik. Selat Solo ini memiliki kuah yang keruh dengan warna cokelat dan isian yang sangat lengkap.

Isian dari selat Solo ini biasanya adalah protein hewani, karbohidrat berupa kentang dan juga sayur-sayuran.

Bahan-bahan ini di siram dengan menggunakan kuah yang cukup kental dengan warna cokelat yang dibumbui dengan bumbu dapur yang lezat.

Sebagai pelengkap, kamu juga akan mendapatkan saus berwarna kuning kental dengan rasa agak masam pada piring selat Solo kamu.

10. Sambel Tumpang Pecel

Makanan khas Solo yang disajikan di warung Bu Kis satu ini berupa pecel. Bedanya, warung pecel yang berada di belakang Pengadilan Negeri Solo ini juga menyajikan sambel tumpang.

Terbuat dari irisan tahu putih, tahu goreng, rempah-rempah, krecek, dan tempe berusia lama, sambel tumpang memiliki perpaduan cita rasa pedas, gurih, dan manis.

Biasanya, orang-orang suka menyantap makanan khas Solo seperti sambel tumpang dengan nasi putih hangat atau bubur beras ditambah taoge dan bayam segar. Pengunjung bisa datang ke Sambel Tumpang Pecel Bu Kis setiap hari pukul 07:00 – 14:00.

Itulah beberapa rekomendasi makanan khas Solo yang enak dan legendaris. Selamat mencoba!

Tag : #wisata solo    #solo    #surakarta    #makanan khas    #oleh oleh   

Baca Juga