Makanan khas Manado: Rica-rica

10 Makanan Khas Manado yang Terkenal dan Bikin Kamu Ngiler

Wanovy | Travel | 17-03-2022

PARBOABOA, Manado - Manado adalah salah satu kota yang mendapat julukan surga kuliner. Banyak sekali makanan khas Manado yang paling terkenal salah satunya adalah ayam rica-rica dan bubur Manado.

Tapi bukan hanya itu saja lho, masih banyak lagi makanan khas Manado yang bisa kamu coba. Simak artikel ini sampai selesai ya!

Alasan Manado disebut sebagai surga kuliner tak lain karena banyak ditemukan makanan khas Manado yang eksotik dengan rasa pedas bumbu yang menggoda selera.

Ada banyak jenis hidangan yang dimiliki oleh Manado, mulai dari makanan berat hingga makanan ringan.

Mendapatkan gelar surga kuliner, tentu saja para pecinta wisata kuliner wajib untuk mengunjungi Mando.

Bukan tanpa sebab gelar ini diberikan kepada Manado, pasalnya salah satu kota di Sulawesi Utara ini memiliki begitu banyak makanan khas yang eksotik dan rasa yang menggoda selera.

Jika kamu berkesempatan untuk mengunjungi Kota Manado, jangan lewatkan beberapa makanan khas Manado yang populer berikut!

1. Dabu-Dabu

Dabu-dabu merupakan salah satu makanan khas Manado paling populer, bahkan banyak dikatakan sebagai ikon dari kuliner di Manado.

Dabu-dabu sendiri merupakan olahan sambal khas Manado dimana potongan cabau dipadupadankan dengan potongan tomat segar, bawang merah dan berbagai bahan lainnya, menciptakan rasa pedas yang sangat menyegarkan.

Di Manado sendiri, Toppers bisa mencicipi beragam olahan Dabu-dabu mulai dari dabu-dabu lemong, dabu-dabu bakar, dan berbagai olahan khas Manado lainnya.

2. Ayam Tuturuga

Olahan ayam memang sering dimanfaatkan oleh warga Indonesia, tak terkecuali masyarakat Manado. Hal ini karena ayam dapat diolah menjadi beragam bentuk, dengan beragam sajian dan rasa yang lezat.

Di Kota Manado sendiri, terdapat sebuah olahan ayam isi buluh yang cukup terkenal. Olahan yang diberi nama Ayama Tuturaga ini adalah makanan khas Manado, yang disajikan bersama dengan kuah santan.

Ayam Tuturaga cukup mirip dengan opor ayam, hanya saja warnanya cenderung merah bukannya kuning seperti opor.

Kuah santan hidangan ini dicampur dengan perasan jeruk nipis dan cabai merah, sehingga memberikan rasa pedas asam yang sangat menyegarkan. Ayam Tuturaga sangat nikmat disantap dengan nasi hangat, tanpa perlu sambal tambahan lagi.

3. Kue Bangket

Makanan khas Manado Kue Bangket pertama kali berasal dari Desa Rainis, sebelum beredar luas hingga di beberapa provinsi di Sulawesi Utara.

Bahan pembuatan dari Kue Bangket pun menggunakan bahan dasar sagu, yang mana adalah makanan utama penduduk kepulauan Talaud.

4. Woku Belanga

Woku belanga merupakan jenis makanan yang cenderung berkuah. Makanan ini merupakan hidangan sehari-hari masyarakat Manado.

Woku sendiri merupakan campuran bumbu yang meliputi daun jeruk, daun kunyit, daun serai, daun pandan, kemangi, dan juga tambahan bumbu lainnya sehingga. Woku memiliki cita rasa pedas segar dan juga aroma yang wangi.

Selain daging, woku juga dapat berupa ikan laut atau air tawar sebagai bahan dasar. Ciri khas makanan ini adalah rempah pilihan yang melimpah.

Jika kamu sedang berada di Manado, jangan lupa mencicip makanan khas Manado lezat ini.

5. Cakalang Fufu

Cakalang fufu merupakan makanan khas Manado berupa ikan cakalang atau ikan tongkol putih yang diasapi dan diolah menjadi beragam menu makanan.

Olahan ikan cakalang yang paling enak menurut kebanyakan orang adalah cakalang fufu saus atau cakalang fufu santan.

Ikan Cakalang pada olahan ini, akan dibelah menjadi dua dan dilumuri bumbu sebelum diasap. Dengan proses pengasapan inilah, membuat Cakalang Fufu mampu bertahan dalam suhu ruangan selama satu bulan lamanya.

Kuliner khas pesisir Manado ini, dijual dengan harga sekitar Rp 35 ribu hingga Rp 65 ribu rupiah

7. Tinutuan

Kamu pasti sudah mengenal masakan khas Manado yang sudah sangat tersohor ini. Tinutuan merupakan makanan yang dibuat dari campuran berbagai sayuran hijau, dimasak dengan bubur beras dan labu kuning. Sangat cocok disantap sebagai sarapan.

Di hotel-hotel bintang 3 ke atas, biasanya tinutuan menjadi salah satu menu untuk breakfast. Di Manado ada pusat kuliner tinutuan.

Datangilah wakeke, ada puluhan warung makan mulai dari yang sederhana sampai mewah menawarkan menu tinutuan.

8. Nasi Kuning Saroja

Sama dengan nasi kuning kebanyakan di Indonesia, nasi kuning ini juga disajikan dengan berbagai hidangan lainnya seperti abon ikan cakalang, keripik ubi yang dibuat mirip kentang, semur daging, dan sambal goreng tak lupa perkedel jagung.

9. Kue Gulung

Kamu mungkin sudah kenal dengan makanan khas Manado satu ini bukan? Sebuah olahan kue yang berbentuk mirip dengan kue Semprong asal Karawang.

Kue gulung asal Kepulauan Sangihe ini memiliki cita rasa gurih dan renyah, yang memberikan rasa ingin terus menyantapnya.

Jajanan ringan ini terbuat dari sagu, dan dibentuk gulungan sebelum dilakukan pemanggangan dalam oven.

Jika kamu berkesempatan mengunjungi Kepulauan Sangihe, jangan lupa untuk mencicipi kue gulung ini.

10. Sambal Roa

Manado memang surganya para pecinta kuliner pedas. Selain Dabu-dabu, masih ada sambal khas Manado lainnya yang bisa kamu cicipi yaitu Sambal Roa.

Kuliner tradisional Manado ini diolah dari daging ikan roa yang diasapkan, kemudian dicamburkan cabe rawit dan berbagai rempah lain yang membuat sambal ini menjadi sangat gurih.

Saking populernya, sambal ini kerap dijadikan oleh-oleh dari Manado oleh para wisatawan. Tertarik untuk mencoba?

Demikianlah informasi seputar makanan khas Manado yang bisa kamu jadikan referensi jika berkunjung ke Kota ini. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata manado    #tempat wisata    #travel    #manado    #kuliner manado   

Baca Juga