Manfaat Masker Spirulina Untuk Perawatan Wajah Remaja (Dok: kompas.com)

10 Manfaat Masker Spirulina Untuk Perawatan Wajah Remaja

Rahma | Kesehatan | 19-04-2022

PARBOABOA - Pada saat ini, menggunakan masker menjadi salah satu tren baru di dalam dunia kecantikan. Banyak yang telah mengakui manfaat masker Spirulina sebagai perawatan kulit wajah.

Spirulina adalah tanaman ganggang berwarna hijau-kebiruan yang hidup di air laut dan air tawar. Selain sebagai salah satu bahan kosmetik, tanaman ini juga dapat dijadikan tablet, bubuk, atau minuman, yang dapat dikonsumsi.

Spirulina sendiri memiliki berbagai macam kandungan seperti vitamin B, vitamin E, phycocyanobilin, antioksidan, asam amino, klorofil, beta-karoten, dan juga mineral yang bermanfaat untuk kesehatan sel, dan lain-lain.

Lalu, apa saja khasiatnya pada kulit wajah? Berikut berbagai manfaat masker spirulina untuk perawatan kecantikan wajah khususnya bagi para remaja.

1. Dapat Melembabkan Kulit Wajah

Kulit wajah sangat penting untuk dijaga kelembapannya, tentunya untuk mencegah timbulnya kulit kering hingga bersisik.

Nah, manfaat masker spirulina membuat kulit wajah anda akan terjaga kelembapannya dan menjadikan kulit wajah lebih kenyal atau elastis.

Hal ini terjadi karena di dalam spirulina terdapat kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan tersebut akan membuat kulit tetap terasa lembut dan kenyal.

Selain itu spirulina juga mengandung vitamin B, C, dan E di dalamnya, sehingga mampu mengembalikan kelembapan kulit.

Jadi, kulit wajah anda akan selalu terasa lembap setiap saat bila anda menggunakan spirulina sebagai masker untuk perawatan kulit wajah anda.

2. Mencerahkan Kulit Wajah

Pada umumnya, para wanita pasti akan mendambakan wajah yang cerah. Radikal bebas dapat menjadi salah satu penyebab kulit kusam.

Jika kamu ingin mencerahkan kulit wajah, kamu bisa menjadikan masker spirulina masuk kedalam daftar skincare rutin kalian loh.

Nah, dengan manfaat yang ada pada masker Spirulina, wajah akan tampak lebih cerah. Hal ini disebabkan, karena ia mengandung vitamin C di dalamnya yang berguna untuk mencerahkan kulit wajah.

Selain itu kandungan antioksidan yang terkandung di dalam spirulina mampu membuang sel-sel kulit mati akibat radikal bebas.

Dengan rutin menggunakan masker spirulina, kulit wajah secara alami akan meregenerasi sel kulit dan menghasilkan yang lebih sehat.

Untuk kamu yang memiliki aktivitas diluar ruangan, kamu bisa menggunakan masker spirulina 1x dalam seminggu. Kamu bisa membuka bubuk spirulina dan mencampur dengan bahan alami lainnya untuk melarutkan bubuk spirulina.

3. Mengurangi Minyak Berlebih di Wajah

Manfaat masker Spirulina selanjutnya adalah mengontrol jumlah minyak berlebih pada wajah. Ketidak seimbangan hormon pada saat remaja dapat membuat kelenjar minyak memproduksi sebum berlebihan, inilah yang menyebabkan kulit wajah remaja menjadi sangat berminyak.

Sekarang kamu jangan khawatir, karena dengan menggunakan masker wajah yang terbuat dari bahan spirulina dapat membantu mengurangi kadar minyak berlebih pada kulit wajah kamu.

Sangat disarankan masker spirulina tersebut dicampur dengan putih telur supaya khasiat dari spirulina terserap oleh pori-pori kulit.

4. Mencegah Seseorang Dari Penuaan Dini

Di zaman sekarang tidak sedikit seorang anak muda sudah memiliki banyak masalah keriput pada kulitnya, hal itu disebabkan karena mereka kurang memperhatikan kesehatan kulitnya sehingga sangat mudah mengalami penuaan dini.

Manfaat masker Spirulina memiliki kandungan antioksidan, vitamin E, tirosin, dan selenium, hal ini menjadikan masker spirulina sebagai perawatan kulit yang mampu membantu mencegah penuaan dini.

Tidak hanya mengurangi garis halus dan kerut saja, masker spirulina juga mampu membuat kulit lebih kencang secara alami.

5. Mengatasi Jerawat

Spirulina memiliki sifat antioksidan dan antimikroba yang tinggi. Sehingga, manfaat masker Spirulina bila dioleskan pada kulit yang berjerawat, dapat membantu penyembuhannya lebih cepat.

Spirulina memiliki sifat anti radang yang membantu mengurangi pembengkakan akibat jerawat dan mencegah munculnya jerawat kembali.

Spirulina juga bisa meningkatkan metabolisme kulit yang memungkinkan penyembuhan lebih cepat pada jerawat dan mencegah pertumbuhan bakteri.

Spirulina dapat menjadi pilihan pengobatan jerawat yang lebih baik, sebab selain terbuat dari bahan organik, khasiatnya pun sudah dibuktikan banyak orang.

6. Dapat Mengatasi Iritasi Pada Kulit

Remaja sangat sering mengalami masalah iritasi pada kulit, karena mereka sering mencari produk yang tepat dengan cara gonta-ganti merek skincare.

Padahal kegiatan ini sangat berpotensi membuat kulit menjadi iritasi loh. Khususnya pada kulit wajah, karena memiliki sifat yang sangat sensitif.

Spirulina mengandung antioksidan bernama phycocyanin, kandungan ini bersifat anti inflamasi dan mampu mencegah sekaligus mengobati peradangan yang terjadi pada kulit, salah satunya pada bagian kulit wajah.

Jika terjadi iritasi seperti warna kulit menjadi memerah dan sensitif segeralah pakai spirulina, karena spirulina dapat membantu mengobati iritasi kulit dibagian luar.

Untuk hasil yang maksimalnya kamu bisa mengkonsumsi spirulina untuk penyembuhan dibagian dalam kulit juga.

7. Sebagai Anti-Aging

Sudah sewajarnya jika semua orang tidak ingin terlihat lebih tua terkhususnya para remaja. Maka dari itu, dengan menggunakan masker spirulina untuk wajah, bisa mencegah terjadinya penuaan dini.

Hal ini tidak lain karena kandungan antioksidan, vitamin E, serta beberapa zat lainnya yang ada di spirulina dapat bekerja untuk memperbaiki tanda-tanda penuaan seperti keriput, noda hitam, kerutan halus, dan lainnya.

Masker ini juga mengandung fitonutrien dan karotenoid yang mampu melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini.

Dengan begitu, masker spirulina ini bekerja secara lembut untuk membuat kulit wajahmu lebih kencang. Masker ini juga cocok digunakan sebagai tambahan produk skincare anti-aging.

Kamu bisa tampak lebih muda dengan rajin menggunakan masker spirulina sebagai perawatan kecantikan kulit wajah rutin mu.

8. Mengatasi Pigmentasi Pada Kulit Wajah

Salah satu jenis masalah kulit wajah yang sering dikeluhkan banyak para remaja adalah masalah pigmentasi kulit.

Manfaat masker spirulina akan mengatasi pigmentasi kulit yang ditandai oleh berbagai gejala seperti munculnya bintik hitam. Namun efektif atau tidaknya hasil yang didapatkan bisa berbeda-beda bagi tiap orang.

9. Mencegah Kandidiasis

Candidiasis atau kandidiasis adalah infeksi jamur yang disebabkan oleh jamur Candida albicans. Infeksi jamur ini biasanya sering terjadi pada kulit ataupun mulut.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa spirulina dapat berpotensi mencegah infeksi kulit kandidiasis karena adanya anti jamur yang terkandung di dalamnya.

Sebuah studi tahun 2017 dalam jurnal Public Library of Science, mengevaluasi aktivitas in vitro spirulina terhadap 22 strain kandidiasis di rahim marmut.

Studi tersebut menemukan bahwa sifat anti jamur spirulina berpotensi digunakan sebagai pengganti agen anti jamur topikal untuk pengobatan kandidiasis.

10. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Para remaja pasti akan banyak menghabiskan waktu untuk beraktivitas di luar, seperti sekolah dan lain nya. Beraktivitas sepanjang hari diluar ruangan akan membuat kita terpapar sinar UV lebih sering.

Paparan sinar UV tersebut dapat mempengaruhi kesehatan kulit kamu. Namun, spirulina memiliki manfaat antioksidan yang tinggi, sehingga kesehatan kulit kamu dapat lebih terjaga bila menggunakan masker spirulina dengan rutin.

Itu dia beberapa manfaat manfaat masker Spirulina sebagai salah satu perawatan kulit wajah sehari-hari mu di rumah.

Namun, yang terpenting tetap selalu jaga kesehatan kulit dengan menghindari sinar UV, rajin menggunakan skincare serta menjaga pola hidup sehat.

Tag : #manfaat masker    #perawatan wajah    #kesehatan    #manfaat masker spirulina    #   

Baca Juga