Ilustrasi Ginjal

10 Maret Hari Ginjal Sedunia: Inilah Cara Menjaga Ginjal Tetap Sehat

Dimas | Kesehatan | 11-03-2022

PARBOABOA, Jakarta – 10 maret setiap tahunnya merupakan hari peringatan ginjal sedunia. Tahun ini, tema hari ginjal sedunia adalah ‘Menjembatani Kesenjangan pengetahuan untuk Perawatan Ginjal yang Lebih Baik’.

Ginjal merupakan salah satu orang yang sangat penting yang ada pada tubuh manusia, mengingat funsinya sebagi penyaring limbah beracun dan kotoran-kotoran yang ada dalam darah.

Selain itu, ginjal juga berperan penting dalam mengatur pH, garam, serta kalium dalam tubuh. Tekanan darah dan juga produksi sel darah merah menjadi tanggung jawab dari organ penting ini. Melihat dari fungsinya, ginjal menjadi organ yang sangat di butuhkan tubuh yang sifatnya sangat vital.

Mengetahui segudang fungsi dari ginjal, tentunya organ vital ini harus dijaga dengan sangat baik. Ginjal sangat rentan mengalami kerusakan apabila tidak dijaga/dirawat dengan baik. Untuk itu penting mengetahui cara menjaga ginjal agar tetap sehat.

Berikut cara menjaga agar ginjal tetap sehat dan berfungsi dengan baik:

1. Makan makanan yang sehat

Harus kita sadari organ-organ dalam tubuh akan bekerja dengan baik apabila mendapat asupan gizi yang cukup. Untuk mendapat gizi yang cukup di perlukan makanan-makanan yang sehat.

Lantas, makanan apa yang baik untuk ginjal?

Makanan yang segar dan rendah sodium merupakan makanan yang sangat baik dikonsumsi untuk menjaga keshatan ginjal. makanan yang rendah sodium berupa, ikan, biji-bijian, blueberry, serta kembang kol.

2. Minum air yang cukup

Mengapa minum air yang cukup merupakan hal penting dalam menjaga keshatan ginjal?

Mengingat fungsi ginjal yang menyaring kotoran dari darah dan membuangnya menjadi urine, tubuh harus terhidrasi dengan baik untuk melakukan fungsi tersebut. Hal inilah yang membuat minum air yang cukup sangat penting untuk kesehatan ginjal agar tubuh tetap tehidrasi.

3. Tidak merokok dan minum alkohol

Merokok dapat menyebabkan tekanan darah yang tinggi dan merusak pembuluh darah dalam tubuh yang menyebabkan lambatnya aliran darah berjalan keseluruh organ tubuh. Hal ini sangat tidak baik dan sangat berbahaya buat ginjal. untuk itu disarankan tidak merokok agar ginjal tetap sehat.

Alkohol juga dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi yang menggangu kerja dari ginjal yang lama kelamaan dapat menurunkan fungsi dari ginjal bahkan berujung kerusakan ginjal.

4. Meminum obat sembarangan

Di Indonesia beberapa obat sangat mudah didapatkan dibeberapa warung maupun apotek, seperti obat sakit kepala, obat demam, dan sebagainya.

Ternyata, obat-obat tersebut juga bisa mengancam kerusakan ginjal apabila dikonsumsi terlalu sering dan dalam jumlah banyak. Terutama obat-obat yang mengandung ibuprofen, naproxen serta antibiotik.

Untuk itu, sebelum mengkonsumsi obat ada baiknya konsultasikan dulu kepada dokter.

5. Rutin check-Up ke dokter

Untuk menjaga ginjal tetap sehat, perlu  adanya pemeriksaan ke dokter ahli  dalam masalah ginjal. Hal ini bertujuan untuk mengetahui keadaan ginjal tetap sehat secara rutin dan juga dapat membantu mengantisipasi kerusakan ginjal sejak dini.

Tag : #ginjal    #hari ginjal sedunia    #sehat    #organ tubuh    #vital    #kesehatan    

Baca Juga