Masjid Kubah Emas (Sumber Gambar: Akurat)

10 Masjid Termegah di Indonesia

Martha | Nasional | 03-02-2022

PARBOABOA – Indonesia merupakan Negara dengan mayoritas muslim terbesar didunia. Tak heran bila kalian dapat menemukan banyak masjid disini.

Masjid merupakan tempat ibadah bagi umat muslim di dunia. Selain menjadi tempat ibadah, kalian tau gak kalok masjid kerap dijadikan tempat wisata religi juga loh. Tak hanya itu, anda juga bisa menjumpai masjid dengan arsitektur yang sangat cantik dan indah disini.

Di sisi lain, Indonesia tidak hanya memiliki infrastruktur yang unik, tetapi juga masjid dengan kapasitas terbesar. Kemudian, beberapa dari mereka sudah dikenal sebagai masjid terbesar dengan arsitektur menawan di dunia.

Berikut ini adalah deretan masjid terbesar dan termegah di Indonesia.

1. Masjid Istiqlal, Jakarta

Masjid yang pertama dapat menampung jamaah hingga 200.000 orang dan memiliki keunikan yang jarang kalian temui. Masjid Istiqlal berhadap-hadapan dengan Gereja Katerdal yang juga sama megahnya.

Selain menjadi tempat jamaah sholat, masjid ini sering dikunjungi oleh wisatawan untuk melihat langsung kemegahaanya.

2. Masjid Al-Akbar, Surabaya

Masjid termegah kedua berada di Surabaya yaitu masjid Al-Akbar. Keunikan lain dari masjid ini dapat dilahat desain arsitektur yang unik dan menarik.

Masjid Al-Akbar dibangun pada 4 Agustus 1995 dan diresmikan pada tahun 2000. Masjid ini dapat menampung 60.000 jemaah.

3. Masjid Kubah Emas Dian Al Mahri, Depok

Masjid yang ketiga terbilang sangat unik, karena bangunan ini memiliki kubah emas. Bukan nama saja masjid kubah emas, ternyata kubah ini memang dilapisi dengan emas setebal 3 mm dengan mozaik Kristal.

Masjid ini bisa menampung Jemaah sekitar 20 ribu. Tentu sudah bisa anda bayangkan bagaimana kemegahannya bukan.

4. Masjid An Nur, Pekanbaru

Masjid selanjutnya memiliki keindahan yang tak perlu dipertanyakan lagi, karena banyak orang yang berbondong-bondong ke sini hanyak untuk melihat keindahan dan kemegahan masjid An Nur.

Jika dilihat sekilas, masjid ini akan terlihat seperti Taj Mahal yang ada di India. Untuk arsitektur masjid ini sendiri dirancang oleh Ir Suseno dengan meniru gaya Melayu, Arab, India dan Turki. Kemudian, masjid ini dapat menampung hingga 4.500 jamaah.

5. Masjid Raya Baiturrahman, Aceh

Jika anda ingin melihat salah satu situs bersejarah yang masih bertahan hingga saat ini di Aceh maka cobalah untuk menyambangi Masjid Raya Baiturrahman.

Masjid ini sendiri juga menjadi salah satu masjid terbesar dan termegah di Indonesia. Sedangkan untuk pembangunan masjid ini sendiri sudah dimulai sejak tahun 1973 pada masa Kesultanan Aceh. Masjid Agung Baiturrahman mampu menampung 30 ribu jamaah sekaligus.

6. Masjid Islamic Center, Samarinda

Masjid termegah keenam berada di kawasan Samarinda, masjid ini juga menjadi bangunan terbesar nomor 2 di Asia Tenggara dengan luas 43.500 meter persegi. Kemegahan lainnya, masjid ini memiliki 7 menara yang menghiasi dengan ketinggian 99 meter.

7. Masjid Al Irsyad, Bandung

Masjid selanjutnya berada di Bandung, masjid ini baru dibangun sekitar 2009 silam tetapi pesona dan kemewahannya sudah memikat bnayak mata. Bentuk bangunan ini beda dengan masjid pada umumnya, masjid ini berbentuk seperti kubus besar sengan warna abu-abu.

8. Masjid Agung, Semarang

Masjid ke delapan sangat layak masuk jajaran masjid termegah di Indonesia. Masjid ini memiliki arsitektur yang sangat unik dan memiliki desain ala Jawa-Yunani.

Masjid Agung  dibangun dar tahun 2001 hingga 2006 dan diresmikan oleh SBY pada 14 November 2006. Di sisi lain, area serambi masjid ini memiliki enam payung otomatis raksasa seperti yang ada di Masjid Nabawi dan dapat menampung hingga 15.000 orang untuk beribadah.

9. Masjid At-Tin, Jakarta Timur

Masjid At-Tin terletak di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. Masjid ini dibangun pada 1997 dan memiliki luas area sekitar 7 hektar. Nama At-Tin diambil dari salah satu surah Al-Qur’an, At-Tin. Nama masjid ini juga diberikan untuk menghormati istri mantan presiden Soeharto, Ibu Tien (Fatimah Siti Hartinah Soeharto).

Arsitektur Masjid At-Tin mempunyai keunikan dan kekhasan tersendiri, baik dari segi arsitektur bangunan, hiasan ornamen, maupun desain dalam dan luar ruangannya.

Masjid At-Tim mampu menampung sekitar 30 ribu jamaah di ruang utama dan 2 ribu orang di serambi.

10. Masjid Agung, Madura

Daerah Madura ternyata memiliki masjid terbesar dan termegah di Indonesia, yaitu Masjid Jamik Panembahan Somala atau Masjid Agung.

Masjid ini sudah ada sejak pemerintahan panembahan Somala dengan arsitek bernama Lauw Piango di tahun 1779 M. Arsitektur nya dipengaruhi oleh kebudayaan Eropa, Jawa, Madura, dengan dilengkapi menara setinggi 50 meter.

Demikianlah 10 masjid terbesar dan termegah di Indonesia, mungkin kalian dapat menjadikan masjid tersebut sebagai destinasi wisata religi.

Tag : #masjid    #terbesar    #termegah    #wisata religi   

Baca Juga