Model atap rumah memanjang, sumber: 99.co

10 Model Atap Rumah Memanjang Terbaru

Wanovy | Rumah | 12-03-2022

PARBOABOA - Ingin memiliki hunian dengan desain atap memanjang? Tenang, Parboaboa sudah siapkan inspirasi model atap rumah memanjang dibawah ini yang bisa kamu tiru. Simak sampai habis ya!

Ada berbagai macam model atap rumah yang bisa digunakan. Mulai dari model atap limas, joglo, kerucut, datar, kubah, dan masih banyak lagi. Desain atap rumah memanjang juga jadi salah satu dari sekian banyak model atap tersebut.

Atap berperan penting dalam melindungi rumah dari terpaan perubahan cuaca. Oleh sebab itu, pemilihan material dan bentuknya harus kamu lakukan dengan cermat.

Untuk desain, model atap rumah memanjang ke samping atau belakang bisa jadi pilihan terbaik. Pasalnya, model satu ini cenderung kokoh, tetapi tetap memiliki tampilan menarik.

Nah, bagi kamu yang ingin memiliki model atap rumah memanjang terbaru, simak ulasan berikut ini ya!

1. Model Atap Rumah Memanjang ke Samping

(Sumber: artikel.rumah123.com)

Model atap rumah memanjang ke samping ini mampu memberi naungan untuk ruangan di bawahnya dengan baik,

Bentuknya yang memanjang dan juga pemilihan warna genteng, selaras dengan desain hunian bergaya modern tropis.

2. Model atap miring

(Sumber: smartnul.com)

Bukan hanya modern, rumah dengan model atap memanjang seperti diatas juga terlihat sangat estetik dan mewah.

Penggunaan atap miring ini cocok untuk rumah industrial yang banyak menggunakan material alam. Ide yang sangat menarik dengan membuat dinding berwarna coklat khas kayu.

Pemakaian granit pada dinding fasad juga semakin menambah kesan mewah pada hunian.

3. Model Atap Rumah Memanjang seperti Topi

(Sumber: instagram.com/selora_desain)

Sama seperti desain sebelumnya, model atap rumah ini juga panjang ke arah samping. Bedanya, seluruh bagian atap memiliki ketinggian yang sama.

Oleh sebab itu, saat kamu lihat dari depan, atap terlihat seperti topi yang menutup bangunan. Apalagi kemiringan atap cenderung lebih curam daripada desain sebelumnya.

4. Model Atap Pelana

(Sumber: britmet.co.uk)

Model atap pelana, yakni paling sederhana dan cukup sering diterapkan di Indonesia. Model atap rumah memanjang ini juga fleksibel untuk bentuk rumah terkini.

Sehingga memang sering dimanfaatkan untuk rumah-rumah kecil di perumahan. Kelebihan atap bentuk pelana adalah bisa dibentuk dari material baja ringan yang cukup banayk digunakan saat ini.

5. Model Atap Saddle

(Sumber: palmharbor.com)

Ini merupakan nama lain dari atap pelana. Tipsnya, bentuk dengan teknik tertentu agar lebih nampak berisi dan tidak monoton.

Salah satu caranya adalah dengan membentuk atap saddle bertumpuk. Atap saddle bertumpuk sering diterapkan di perumahan-perumahan di Indonesia.

Model atap rumah memanjang ini bisa menjadi elemen desain yang sederhana dan minimalis. Apalagi jika di area depan atau teras juga dipasang atap datar sebagai pemanisnya.

6. Model Atap Rumah Memanjang Unik

(Sumber: artikel.rumah123.com)

Kalau ingin rumah type 45/72 terlihat unik, cobalah aplikasikan model atap rumah memanjang ini, terlihat beda banget ya.

Desain atap rumah minimalis tersebut dirancang dengan bentuk trapesium siku-siku, dan memiliki detail rancangan kontemporer.

7. Model Atap Rumah Sederhana

(Sumber: pinhome.id)

Salah satu desain atap rumah yang paling sederhana adalah model atap rumah memanjang ke samping. Model atap seperti ini seringkali kita temukan pada rumah tradisional maupun perkampungan.

Namun, dengan penambahan atap yang memanjang ke samping ini membuat desainnya tetap terlihat modern walaupun tetap mengutamakan kesederhanaan.

8. Model Atap Rumah Memanjang Kebelakang

(Sumber: Feldcoroofing)

Untuk hunian yang tidak terlalu besar, kamu bisa mencoba menggunakan model atap rumah memanjang kebelakang dengan model miring untuk memberikan kesan segar dan besar pada rumah minimalis.

Pada model atap rumah satu ini, atap bagian belakang dibuat lebih rendah dibandingkan atap bagian depan ataupun bisa dengan bentuk rata atau flat design.

Pada model atap rumah memanjang kebelakang seperti ini, ketika musim hujan juga memiliki keuntungan tersendiri, karena atapnya yang miring ke belakang membuat air hujan akan mengalir turun ke belakang.

Sehingga area rumah bagian depan akan terlihat lebih bersih karena tidak terkena tampiasan air.

9. Model Atap Rumah Memanjang Simple

(Sumber: martnul.com)

Berikut ini adalah model atap rumah memanjang dengan bentuk yang sangat simpel. Warna atap dibuat senada dengan dinding rumah agar tidak terlalu kontras.

Penggunaan warna-warna kalem, seperti abu, putih, atau grey sangat cocok untuk model rumah seperti ini.

10. Model Atap Bertingkat

(Sumber: Pinhome.id)

Model atap memanjang berikut ini merupakan model modifikasi dari model atap pelana tradisional. Desain rumah menjadi lebih modern dengan adanya penambahan atap model pelana secara bertumpuk. Kamu bisa menggunakan warna-warna minimalis sebagai pelengkap.

Demikianlah informasi seputar model atap rumah memanjang terbaru yang bisa kamu jadikan inspirasi. Semoga bermanfaat!

Tag : #rumah    #desain rumah    #atap rumah    #rumah minimalis   

Baca Juga