Gambaran skor IQ di dunia (Doc: World Population Review)

10 Negara Penghasil Penduduk Rerata IQ Tertinggi

Olivia | Internasional | 15-02-2022

Parboaboa, Pematangsiantar – Pastinya banyak dari kalian semua yang penasaran dengan negara mana saja yang menghasilkan orang-orang dengan IQ yang tinggi. Intelligence Quotient atau IQ merupakan alat untuk mengukur kecerdasan seseorang.

IQ juga dapat mempengaruhi kualitas pendidikan dari suatu negara. Hal itu dikutip dari situs World Population Review. Kualitas sumber daya manusia dari suatu negara juga dapat dilihat dari skor rata-rata IQ penduduknya.

Menurut daftar negara IQ tertinggi tahun 2021, peringkat pertama diraih oleh Singapura dan disusul oleh China dan Hongkong. Sementara untuk negara dengan IQ terendah adalah Malawi dengan skor rata-rata IQ penduduknya adalah 60,1.

Untuk mengetahui daftar negara dengan penduduk IQ tertinggi saat ini, kami telah membuat daftar 10 negara dengan penduduk IQ tertinggi.

10 Negara Penghasil Penduduk Rerata IQ Tertinggi

1. Singapura

Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, Singapura menempati posisi pertama untuk negara dengan rerata IQ tertinggi. Selain itu, Singapura juga menjadi satu-satunya negara ASEAN yang masuk ke dalam daftar negara penghasil penduduk rerata IQ tertinggi.

Skor rata-rata yang diraih penduduk Singapura adalah 107,1 dengan total penduduk tahun 2021 mencapai 5,89 juta jiwa.

2. China

China meraih posisi kedua sebagai negara penghasil penduduk rerata IQ tertinggi dengan rata-rata 105,8. Data tahun 2021 menunjukkan total penduduk China mencapai 1,44 miliar jiwa.

3. Hongkong

Hongkong memiliki rata-rata IQ penduuduk yang tidak jauh dari China.

Hongkong meraih skor 105,7 yang terpaut 0,1 poin dari China. Total penduduk negara penghasil penduduk IQ tertingggi nomor 3 ini adalah 7,55 juta jiwa.

4. Jepang

Di urutan ke-empat terdapat Jepang dengan skor rata-rata IQ penduduknya adalah 105. Negeri matahari terbit ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 126,1 juta jiwa pada tahun 2021.

5. Korea Selatan

Masih dengan Asia, Korea Selatan menempati urutan kelima sebagai negara dengan penghasil penduduk rerata IQ tertinggi. Skor rata-rata yang diraih oleh penduduk Korea Selatan adalah 104,6.

6. Korea Utara

Disusul oleh Korea Utara, skor IQ rata-rata dari penduduk Korea Utara adalah 104,6. Pada tahun 2021, total penduduk Korea Utara mencapai 25,92 juta jiwa.

7. Taiwan

Tidak jauh beda dengan Korea Utara, Taiwan menempati posisi ketujuh sebagai negara penghasil penduduk rerata IQ tertinggi. Skor rata-rata yang dimiliki oleh penduduk Taiwan adalah 104,6 dengan jumlah penduduk 23,86 juta jiwa.

8. Kanada

Peringkat selanjutnya diraih oleh negara asal Amerika Utara yakni, Kanada. Dengan total penduduk 38,15 juta jiwa, Kanada memiliki skor rerata IQ penduduk sebesar 100.

9. Belanda

Selanjutnya diurutan kesembilan adalah Belanda. Belanda meraih skor IQ rerata 100 dengan total penduduk 17,17 juta jiwa penduduk.

10. Swiss

Negara terakhir yang menempati 10 negara penghasil penduduk rerata IQ tertinggi adalah Swiss. Swiss merupakan negara aslal benua Eropa yang sama dengan Belanda. Skor rerata IQ penduduk Swiss adalah 100 dengan total 8,72 jiwa.

Setelah melihat daftar 10 negara penghasil penduduk rerata skor IQ tertinggi, pastinya kalian penasaran Indonesia memasuki urutan keberapa. Menurut data World Population Review, Indonesia berada pada posisi 80 Dunia.

Satu hal yang perlu diingat adalah, IQ bukan satu-satunya tolak ukur untuk melihat kecerdasan dari seseorang. Masih banyak hal yang dapat dijadikan sebagai alat ukur menentukan kecerdasan seseorang.

Tag : #world population review    #negara iq tertinggi    #negara    #internasional   

Baca Juga