10 Negara Terluas di Dunia (Dok: Akurat.co)

10 Negara Terluas di Dunia, Indonesia Masuk?

Ester | Internasional | 12-05-2022

PARBOABOA – Jika kamu sering melihat peta dunia, mungkin kamu akan melihat bahwa Rusia adalah negara terluas di dunia. Selain Rusia, apakah kamu mengetahui negara-negara lain yang termasuk ke dalam negara terluas di dunia saat ini. Lalu, apakah Indonesia menjadi bagian dari salah satu negara tersebut?

Untuk mengetahui hal itu, di bawah ini Parboaboa telah merangkum 10 negara yang termasuk ke dalam negara terluas di dunia. Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui jawabannya.

1. Rusia

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, Rusia adalah negara terluas saat ini. Luas wilayah negara ini mencapai 17,09 juta KM persegi. Rusia sendiri menduduki 11% dari total luas daratan yang ada di dunia saat ini.

Dalam segi geografis, Rusia berada pada 2 benua, yakni Eropa dan Asia. Untuk pembagian wilayah, daratan Rusia lebih banyak berada di benua Asia, namun sekitar 77% penduduk Rusia tinggal di benua Eropa.

2. Kanada

Negara terluas kedua di dunia saat ini adalah Kanada. Negara yang terletak di Amerika Utara ini memiliki luas wilayah mencapai 9,98 juta KM persegi. Kanada juga termasuk ke dalam salah satu negara dengan pulau terbanyak saat ini.

Menurut data, terdapat 52.455 pulau yang berada di Kanada. Sedangkan untuk luas wilayah, Kanada menduduki 6,1% dari daratan di dunia.

3. China

Tidak hanya dinobatkan sebagai negara terpadat di dunia, namun ternyata Cina juga menjadi bagian dari negara terluas di dunia nomor tiga saat ini

Daratan Cina mencapai 9,38 KM persegi dan total luas wilayah mencapai 9,7 juta KM persegi. Sementara untuk populasi, sekitar 1.433.783.686 total penduduk yang berada di negara ini.

4. Amerika Serikat

Saat ini, Amerika Serikat menjadi negara terluas keempat di dunia dengan total wilayah mencapai 9,37 juta KM persegi. Negeri Paman Sam ini sendiri memimliki 9,14 juta KM wilayah daratan dan sisanya adalah perairan.

Bisa dibilang, jika Amerika Serikat tidak tergabung dalam negara bagian Alaska, mungkin luas wilayah negaranya tidak sebesar saat ini.

5. Brasil

Urutan negara terluas nomor lima adalah Brasil. Brasil merupakan negara terbesar yang berada di Amerika selatan, dengan total luas wilayah 8,51 juta KM persegi dan luas daratan 8,35 juta KM persegi.

Tidak hanya menjadi bagian terbesar dari hutan hujan Amazon, namun Brasil juga berbatasan dengan 10 negara lainnya seperti Urugay, Peru, Kolombia, dan lain sebagainya.

6. Australia

Negara terluas di dunia selanjutnya adalah Australia. Negeri Kanguru ini memiliki total luas wilayah mencapai 7,6 juta KM persegi.

Selain dikenal dengan negara terluas nomor 6, Australia juga dikenal dengan negara yang memiliki banyak satwa liar saat ini.

7. India

India adalah negara yang berada di wilayah Asia Selatan dan memiliki luas total 3,28 juta KM persegi. Dari total tersebut, sekitar 2,97 juta KM merupakan luas daratan negara India.

India sendiri menjadi negara kedua setelah Cina yang termasuk ke dalam negara terpadat di dunia saat ini, dengan total penduduk sekitar 1,38 miliar jiwa.

8. Argentina

Urutan negara terluas yang ke delapan adalah Argentina. Argentina memiliki total luas wilayah mencapai 2,78 juta KM persegi dengan total daratan sekitiar 2,73 KM persegi.

Namun, selain menjadi salah satu negara terluas di dunia, Argentina juga dinobatkan menjadi negara terbesar kedua di Amerika Selatan.

9. Kazakhstan

Luas negara Kazakhstan saat ini mencapai 2,74 juta KM persegi dengan total daratan mencapai 2,69 juta KM persegi. Mirip dengan Rusia, Kazakhstan sendiri merupakan negara yang terletak antara dua benua.

Sebagian besar negara Kazakhstan berada di Kawasan Asia Tengah, sedangkan sebagian kecil negara Kazakhstan sendiri berada di Kawasan Eropa Timur.

10. Aljazair

Negara terluas urutan kesepuluh di dunia adalah Aljazair. Negara yang berada di benua Afrika ini memiliki total wilayah mencapai 2,38 juta KM persegi dan hampir seluruh wilayahnya adalah daratan.

Selain menjadi negara terluas di dunia kesepuluh, Aljazair juga menjadi negara dengan penduduk terbanyak ke-34 di dunia.

Lalu, Indonesia berada di urutan keberapa pada kategori negara terluas di dunia? Dengan total luas wilayah 1.904.569 KM persegi, Indonesia saat ini menempati urutan ke 15.

Tag : #negara    #negara terluas di dunia    #internasional    #luas wilayah    #dunia    #negara terluas   

Baca Juga