Skuad Arsenal musim 2020/2021 (Foto: worldfootball.net)

10 Pembelian Termahal Arsenal: Sukses atau Gagal?

Michael | Sepakbola | 30-06-2022

PARBOABOA – Arsenal termasuk cukup sibuk di bursa transfer musim panas 2022/2023. The Gunners berhasil mendatangkan sejumlah pemain baru untuk meningkatkan kekuatan skuadnya.

Arsenal sudah merekrut Fabio Vieira (FC Porto), Matt Turner (New England), Marquinhos (Sao Paulo). Terbaru, mereka akan segera mendatangkan Gabriel Jesus.

Jesus didatangkan Arsenal dari sesama tim Liga Inggris, Manchester City. Pemain asal Brasil tersebut kabarnya akan ditebus dengan biaya sebesar 45 juta poundsterling.

Jesus sudah menjalani tes medis bersama Arsenal. Penyerang berusia 25 tahun tersebut akan segera diresmikan menjadi rekrutan terbaru The Gunners.

Jika transfernya sudah resmi. Jesus akan menjadi salah satu pembelian termahal Arsenal. Sayangnya, tidak semua pemain yang dibeli mahal oleh The Gunners bisa sukses.

Berikut ini 10 pemain termahal yang pernah dibeli Arsenal.

Martin Odegaard

Martin Odegaard dibeli Arsenal dari Real Madrid. Gelandang serang asal Norwegia datang ke Emirates Stadium dengan harga 35 juta euro.

Odegaard saat ini merupakan pemain yang tak tergantikan di Arsenal. Pada musim 2021/2022, dia tampil sebanyak 40 kali dan menyumbang 7 gol dan 5 assist.

Masih berusia 23 tahun, Odegaard masih bisa berkembang bersama Arsenal. Kontraknya bersama The Gunners baru akan berakhir 30 Juni 2025 mendatang.

Shkodran Mustafi

Shkodran Mustafi bergabung dengan Arsenal pada bursa transfer pada musim panas 2016. Dia diboyong dari Valencia dengan mahar sebesar 41 juta euro.

Mustafi sempat menjadi andalan di lini pertahanan Arsenal. Akan tetapi, dia kemudian tersingkir ke bangku cadangan setelah sering membuat kesalahan di lapangan.

Pemain belakang asal Jerman tersebut memainkan 151 pertandingan dengan mencetak sembilan gol dan lima assist. Dia akhirnya hengkang ke FC Shalke 04 pada 1 Februari 2021.

Alexis Sanchez

Arsenal harus membayar 42,5 juta euro ke Barcelona untuk mendatangkan Alexis Sanchez pada 2014. Pemain asal Chile tersebut menjadi salah satu pembelian terbaik The Gunners.

Sanchez membela Arsenal selama tiga setengah musim. Dia berhasil membantu The Gunners memenangkan dua gelar FA Cup dan satu Community Shield.

Pada bursa transfer musim dingin 2017/2018, Alexis Sanchez dijual ke Manchester United dan Arsenal mendapatkan Henrikh Mkhitaryan dari transfer tersebut.

Granit Xhaka

Granit Xhaka termasuk salah satu pemain yang didatangkan Arsenal pada bursa transfer musim panas 2016. Dia direkrut dari Borussia Monchengladbach dengan harga 45 juta euro.

Sampai saat ini, Xhaka masih terus menjadi andalan Arsenal. Kontraknya bersama The Gunners baru akan berakhir pada 30 Juni 2024 mendatang.

Xhaka sudah memainkan 249 pertandingan dengan mencetak 14 gol dan 22 assist. Dia berhasil memenangkan dua FA Cup dan dua Community Shield selama berseragam The Gunners.

Mesut Ozil

Mesut Ozil pernah menjadi bagian penting dari skuad Arsenal. Pemain asal Jerman itu memenangkan tiga trofi FA Cup dalam sepanjang kariernya bersama The Gunners.

Ozil membela Arsenal setelah ditebus dari Real Madrid. Mantan pemain Werder Bremen itu membuat The Gunners mengeluarkan biaya sebesar 47 juta euro.

Selama membela Arsenal, Ozil mencatatkan 254 penampilan di semua kompetisi. Dari jumlah itu, gelandang 33 tahun tersebut berhasil mencetak 44 gol dan 77 assist.

Thomas Partey

Arsenal sebenarnya sudah lama mengincar Thomas Partey. Namun, transfer pemain asal Ghana itu ke Emirates Stadium baru bisa terwujud pada musim panas 2020.

Untuk mendapatkan Partey, Arsenal menebus klausul rilisnya yang mencapai 50 juta euro. Angka itu menjadikan Partey sebagai pemain termahal keempat yang diboyong The Gunners.

Sayangnya, Partey sering dibekap cedera setelah bergabung dengan Arsenal. Gelandang bertahan berusia 29 tahun tersebut sudah memainkan 57 pertandingan untuk klub.

Alexandre Lacazette

Arsenal memboyong Alexandre Lacazette dari klub Prancis Lyon. Sang pemain didatangkan The Gunners pada musim 2017/2018.

Arsenal mengeluarkan 53 juta euro untuk mendapatkan tanda tangan Lacazette. Pemain asal Prancis itu kemudian menjadi andalan di lini depan The Gunners.

Di Arsenal, Lacazette tercatat mencetak 71 gol dan 36 assist dari 206 pertandingan di semua kompetisi. Sang pemain akhirnya meninggalkan klub pada akhir musim 2021/22.

Ben White

Ben White merupakan rekrutan Arsenal di bursa transfer musim panas 2021/2022. The Gunners mengeluarkan 58,5 juta euro kepada Brighton & Hove Albion untuk menebus sang bek tengah.

Pemain belakang asli Inggris ini menandatangani kontrak dengan Arsenal hingga Juni 2026. White berhasil membuktikan dirinya sebagai pemain andalan di lini belakang The Gunners.

Sampai sejauh ini, White sudah tampil dalam 37 pertandingan di semua kompetisi untuk Arsenal. White masih punya banyak waktu untuk terus meningkatkan performanya di Arsenal.

Pierre-Emerick Aubameyang

Pierre-Emerick Aubameyang pernah menjadi salah satu pemain penting di lini depan Arsenal. Dia bisa diandalkan The Gunners untuk menjebol gawang lawan.

Aubameyang bergabung dengan Arsenal setelah ditranfer dari Borussia Dortmund. Sang pemain diboyong The Gunners pada musim 2017/2018 dengan dana hingga 63,7 juta euro.

Pemain Gabon itu mencetak 92 gol dan 21 assist dari 162 penampilan untuk The Gunners. Kebersamaanya dengan Arsenal harus berakhir pada Januari 2022.

Nicolas Pepe

Pemain termahal yang pernah direkrut Arsenal adalah Nicolas Pepe. Sang pemain datang ke Emirates Stadium pada musim 2019/2020.

Pepe diboyong Arsenal dari tim asal Prancis Lille. Pemain asal Pantai Gading itu ditebus The Gunners dengan harga sebesar 80 juta euro.

Meski berstatus sebagai pemain termahal klub, penampilan Pepe tidak terlalu mengesankan. Dia hanya mencetak 27 gol dan 21 assist dari 111 penampilan bersama The Gunners.
 

Tag : #arsenal    #bursa transfer    #sepakbola    #liga inggris   

Baca Juga