Film Ratu Ilmu Hitam – 2019

10 Rekomendasi Film Horor Terbaik Indonesia, Ada yang Berhasil Masuk Nominasi Oscar Loh!

Sondang | Hiburan | 08-10-2021

PARBOABOA, Siantar - Seperti diketahui, film horor Indonesia menjadi salah satu genre yang paling banyak digemari oleh masyarakat. Hal tersebut membuat Indonesia memiliki cukup banyak judul film horor yang mampu membuat bulu kuduk merinding. Bahkan, salah satu film Indonesia berhasil masuk nominasi Piala Oscar loh.

Meski tak bisa datang ke bioskop karena masih suasana pandemi Covid-19, kamu tetap bisa kok menonton streaming dari rumah. Saat ini sudah banyak layanan akses film horor Indonesia yang tak kalah bagusnya dengan film-film di layar lebar. Yuk simak kelanjutannya!

1. Pengabdi Setan – 1980

Pengabdi Setan yang dirilis pada 1980 adalah film horror Indonesia yang sangat populer pada masanya, bahkan di tingkat Internasional. Saking suksesnya, film ini dibuat kembali pada 2017 dengan judul yang sama, dan mendulang kesuksesan.

Film horror Indonesia satu ini menceritakan tentang sebuah keluarga yang kaya raya namun jauh dari agama. Keanehan di keluarga ini mulai terungkap saat sang ibu meninggal.

Mulai dari penampakan kuntilanak, hingga sosok pembantu baru yang misterius, dan terbunuhnya penjaga rumah semakin memberikan teka-teki aneh untuk mengungkap latar belakang yang disembunyikan oleh keluarga ini.

2. Bangsal 13 – 2004

Bangsal 13 adalah film horror Indonesia yang bercerita mengenai dua orang sahabat Nat dan Mina yang tak sengaja menabrak seorang gadis bernama Hera.

Nat dan Mina kemudian membawa ke rumah sakit untuk mengobati Hera. Sayangnya rumah sakit yang mereka kunjungi penuh sehingga suster terpaksa membuka bangsal yang selama itu tertutup, yaitu Bangsal 13.

Keanehan di Bangsal 13 mulai terasa saat suster memberikan pesan-pesan yang tak masuk akal seperti tidak mengindahkan ketukan dari luar dan juga tidak boleh mengetuk pintu dari dalam. Sayangnya, Nat melanggar kedua hal tersebut dan kengerian mulai meneror mereka di Bangsal 13.

3. Macabre/Rumah Dara – 2009

Rumah Dara lebih mengusung tema thriler dengan karakter antagonis berupa seorang psikopat. Film horror Indonesia ini menceritakan sepasang suami istri dan bayi mereka yang hendak berlibur ke Bandung bersama teman dan saudara mereka. Ditengah perjalanan, mereka bertemu Maya, seorang gadis yang mengaku baru saja dirampok.

Berniat menolong Maya, mereka kemudian mengantarkan Maya pulang kerumahnya. Di rumah tersebut, seorang wanita misterius bernama Dara menyambut mereka. Disinilah satu persatu mereka terjebak dalam permainan Dara yang menjadikan nyawa sebagai taruhannya.

Untuk yang nggak kuat adegan penuh darah dan pembunuhan, film horror Indonesia satu ini mungkin harus kamu hindari.

4. Pintu Terlarang – 2009

Pintu Terlarang yang dibintangi Fahry Albar dan Marsha Timothy ini bercerita tentang seorang pematung sukses bernama Gambir. Ia terkenal karena karya-karya patung yang bertemakan ibu hamil. Ia mendapatkan inspirasi mematung sosok ibu hamil dari tragedi gugurnya jabang bayi Talyda, sang Istri.

Sosok patung yang begitu hidup kemudian menimbulkan tanda tanya, terlebih ketika kejadian-kejadian aneh mulai menghantui Gambir. Hingga akhirnya terungkap fakta bahwa didalam setiap patung ibu hamil yang Gambir buat ternyata terdapat janin bayi yang ia dapatkan dari klinik Aborsi.

Film horror Pintu Terlarang layak dikatakan sebagai film horror terbaik karena sepanjang film akan menyajikan misteri yang berbagai teka-teki yang bakal menguras imajinasimu.

5. Danur: I Can See Ghost – 2017

Film ini merupakan film horor yang diadaptasi dari novel karya Risa Saraswati. Film ini merupakan kisah nyata tentang pengalaman Risa dalam melihat hantu. Karena kemampuannya tersebut, Risa mampu berkenalan dan berinteraksi dengan teman-teman gaibnya seperti Peter, William, dan Janshen.

Film ini berhasil masuk box office berkat kesuksesannya dan dilanjutkan dengan sekuelnya yaitu film Danur 2: Maddah dan Danur 3: Sunyaruri.

6. Kafir: Bersekutu dengan Setan – 2018

Kafir merupakan film horor Indonesia yang meraih banyak pujian karena filmnya yang cukup mencekam. Film ini berkisah tentang satu keluarga yang mengalami kejadian tak terduga. Pada suatu hari, sang bapak tiba-tiba mengeluarkan beling dari mulutnya dan meninggal dunia.

Sejak saat itu, kehidupan keluarga tersebut berubah. Sang ibu mulai mendapat kejadian-kejadian aneh dan mistis. Mereka sekeluarga pun berusaha memecahkan hal mistis yang terjadi dengan meminta pertolongan dukun kampung, yang justru turut membawa petaka.

7. Sebelum Iblis Menjemput – 2018

Film sebelum iblis menjemput merupakan film horor yang akan membuatmu berteriak ngeri karena film ini merupakan film horor dengan campuran genre thriller dan gore.

Film yang diperankan Chelsea Islan ini bercerita tentang seorang perempuan bernama Alfie yang dihantui masa lalunya yang kelam. Ibunya telah wafat dengan misterius dan ayahnya bernama meninggalkannya untuk menikah kembali dengan perempuan lain.

Pada suatu hari, Alfie mendapat kabar bahwa ayahnya sakit misterius. Sejak saat itulah terungkap bahwa terdapat rahasia mengejutkan yang mungkin akan membawa mereka ke nasib yang lebih mengerikan.

Berkat kesuksesan film Sebelum Iblis Menjemput, lahirlah sequel dari film tersebut yang berjudul Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2 - 2020.

Timo Tjahyanto di film ini berperan sebagai sutradara sekaligus penulis skenario. Mengangkat mitologi tentang iblis, film ini memiliki pace yang cepat, yang membuat penonton terus tertarik dengan ceritanya.

8. Ratu Ilmu Hitam – 2019

Meskipun memiliki judul yang sama dengan film Ratu Ilmu Hitam tahun 1981, Ratu Ilmu Hitam (2019) garapan sutradara Kimo Stamboel yang ditulis oleh Joko Anwar ini memiliki cerita yang berbeda.

Dimainkan oleh Ario Bayu, Tanta Ginting, Sheila Dara, dan aktor dan aktris terkenal lainnya, film ini siap membawa kamu ke sebuah kisah yang menegangkan tentang sebuah panti asuhan di pinggir kota.

9. Perempuan Tanah Jahanam – 2019

Film yang rilis pada tahun 2019 ini bercerita tentang kisah dua sahabat, Maya dan Dini yang lolos dari upaya pembunuhan yang keji.Setelah lolos dari upaya pembunuhan tersebut, Maya pergi ke desa asalnya untuk untuk mengunjungi rumah yang diwarisi untuknya.

Sesampainya di desa, Ia mendapati banyak kejadian aneh menimpanya. Tak hanya itu, tetapi satu persatu masa lalu mereka yang mengerikan pun mulai terungkap.

10. Mangkujiwo – 2020

Mangkujiwo karya Azhar Kinoi Lubis mengisahkan tentang cerita awal mula adanya Kuntilanak. Di film ini, Roy Marten bersama dengan Sudjiwo Tedjo beradu peran, menghasilkan film horor yang intens dan menegangkan.

Selamat Menonton!

Tag : #hiburan    #rekomendasi    #film    #horor    #thriller    #prmbunuhan    #hantu   

Baca Juga