Salah satu robot tercanggih di dunia, ASIMO (www.oto.com)

10 Robot Tercanggih di Dunia dengan Berbagai Kegunaan yang Dimilikinya

Wulan | Hiburan | 26-05-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Robot merupakan sebuah alat yang mampu melakukan tugas fisik, baik dengan pengawasan kontrol manusia maupun menggunakan rancangan yang telah diatur terlebih dahulu.

Banyak perusahaan-perusahaan besar yang bergerak di bidang industri, telah mengganti tenaga manusia dengan jasa robot dalam bidang produksi dan pengemasan. Hal tersebut dilakukan karena produk yang dihasilkan oleh robot lebih sesuai standar mutu dan hasilnya lebih cepat dibandingkan hasil manusia.

Tak hanya sekedar mesin, robot-robot tersebut juga memiliki kecerdasan yang dapat membuat kagum semua orang. Agar lebih mengetahui mereka, Simak beberapa daftar robot tercanggih di dunia yang sudah dirangkum Parboaboa!

1. Asimo

ASIMO merupakan salah satu robot humanoid yang memiliki tinggi 120 cm dengan lebar 45 cm. Robot yang berbentuk menyerupai astronot ini berhasil di ciptakan oleh salah satu perusahaan besar asal Jepang, Honda. Proyek pengerjaan ASIMO diketahui membutuhkan waktu yang cukup panjang, yakni mulai dari tahun 1986 dan akhirnya berhasil dirilis pada tahun 2000 silam. Robot ini juga memiliki banyak kemampuan seperti berbicara, berjalan, naik dan turun tangga, berlari, menghindari tabrakan dan bisa bergerak sendiri tanpa pengendalian dari manusia.

2. Robot HRP-4

Sama seperti ASIMO, HRP-4 juga termasuk robot humanoid yang dikembangkan untuk membuktikan bahwa robot bisa hidup bersamaan dengan manusia. Robot yang didesain meniru atlet ini dapat menangani berbagai objek karena bentuk tubuhnya yang lebih kecil dan lebih ringan.

HRP-4 memiliki tinggi 151cm dengan berat sekitar 39kg. Robot ini memiliki beberapa fungsi seperti bisa menyimpan laptop ke dalam tas, mengenali objek wajah manusia serta melacaknya.

3. Sophia

Sophia adalah satu robot canggih dengan kecerdasan buatan yang diluncurkan pada tahun 2016 oleh Hanson Robotics. Sophia juga termasuk robot humanoid wanita yang memiliki kemampuan berkomunikasi. Selain berbicara, robot ini juga mampu menunjukkan berbagai ekspresi wajah persis seperti manusia. Sophia diklaim sebgaai robot yang bisa membantu manusia, khususnya bagi para lansia yang memiliki keterbatasan.

4. The Ripsaw MS1 UGV

The Ripsaw MS1 UGV adalah robot perang militer yang dilengkapi dengan kemampuan yang luar biasa. Robot yang berbentuk seperti kendaraan ini memiliki kecepatan yang relatif tinggi dan mampu melewati semua area dengan kekuatan dan kehebatan yang dimilikinya. Tak hanya itu, robot ini juga didukung dengan mesin diesel V8 kapasitas 6,6 liter yang dapat menghasilkan tenaga setara dengan 650 horsepower dan mampu mencapai kecepatan maksimum sebesar 125 kilometer/jam. hal tersebut membuat robot ini bisa dikendalikan dalam jarak jauh melalui sebuah stasiun remote command center. Yang mengagumkannya lagi, Ripsaw mampu dengan cepat mengisi ulang sendiri amunisinya secara otomatis dan menukar jenis amunisi hanya dalam hitungan detik.

5. Robot Surena IV

Surena adalah Robot humonoid yang dibuat oleh peneliti di Universitas Teheran. Robot ini pertama kali diperkenalkan satu dekade lalu. Surena IV memiliki ukuran tubuh layaknya orang dewasa dan bisa cepat mendekteksi wajah dan objek, serta pengenalan suara dan generasi. Bahkan, robot ini bisa berjalan dengan kecepatan 0,43 mil per jam (0,7 kilometer per jam).

6. Anjing Sony Aibo

Aibo Sony adalah robot anjing yang sangat dikenal sejak kemunculan pertamanya pada tahun 2018 lalu. Robot anjing ini dapat menyesuaikan diri dengan perilaku pemilikinya dari waktu ke waktu. Tujuan akhir diciptakannya robot ini adalah agar dapat berperilaku semirip mungkin dengan anjing sungguhan. Sehingga dapat membantu melakukan beberapa aktivitas. Nantinya, Algoritma Al yang memberi anjing kecerdasan akan disimpan di cloud. Hal tersebut memungkinkan Aibos aktif untuk belajar secara kolektif, yang berarti semua dapat belajar dari satu sama lain.

7. Robot Cheetah

Robot cheetah adalah sebuah robot tanpa kepala yang dikembangkan dengan biaya dari Pentagon, Amerika Serikat. Saat dilakukan uji coba di tas treadmill, robot ini bisa mencapai kecepatan maksimum sebesar 28,3 mil/jam atau 45 km/jam. Kecepatan berlarinya seikit lebih cepat dari sprinter asal Jamaican, Usain Bolt, yang bisa berlari dengan kecepatan 27,78 mil/jam atau 44,7 km/ jam. Robot ini dibuat lantaran adanya bagian dari proyek militer dalam mengembangkan robot yang nantinya dipergunakan untuk kepentingan militer. Saat ini, sudah ada versi terbaru robot cheetah yang disebut Wild Cat yang memiliki kemampuan berlari dengan kecepatan 16 mil/jam atau 26 km/jam.

8. Pepper

Robot tercanggih di dunia berikutnya datang dari perusahaan CARESSES yang bekerja sama dengan SoftBank Robotics. Robot dengan kemampuan buatan ini pertama kali dirilis di Tokyo pada tahun 2014. Kemampuan robot ini adalah bosa melakukan komunikasi dan di program untuk dapat memahami emosi manusia. Karena kemampuan yang dimilikinya, Papper telah banyak digunakan untuk membantu pelayanan di sejumlah perusahaan. Mulai dari rumah sakit, pusat perbelanjaan, bank dan bandara.

9. Sanbot

Sanbot adalah robot humanoid service yang dikembangkan oleh perusahaan QIHAN Technology, Tiongkok. Qihan sendiri adalah perusahaan yang hanya fokus pada pengembangan teknologi robot, kecerdasan buatan, dan juga analisis video. Sanbot juga merupakan robot berbasis Al yang dapat melakukan berbagai kemampuan menunjang berbagai aktivitas di beberapa bidang pekerjaan seperti ritel, pendidikan, kesehatan, keamanan hingga industri berorientasi pelanggan yang ingin menghadirkan layanan cerdas dan personal

10. Erica

Robot humanoid lain yang tak kalah canggih adalah Erica. Robot yang terlihat seperti wanita sungguhan ini dikembangkan oleh dokter Hiroshi Ishiguro, ilmuan yang memiliki bakat Intelligent Robotics Laboratory di Universitas Osaka, Jepang. Erica diketahui pernah tampil di layar kaca sebagai pembawa berita televisi yang disiarkan oleh salah satu stasiun TV Jepang. Kemampuannya dalam belajar dan berbicara sudah berhasil menarik perhatian banyak pihak. Salah satunya adalah rumah produksi film yang berasal dari Amerika Serikat, Bondit Media Capital.

Tag : #robot    #tercanggih    #hiburan    #robot tercanggih di dunia    #asimo    #robot hrp-4    #sophia    #the ripsaw ms1 ugv    #robot surena   

Baca Juga