Tempat wisata di Solo yang instagramable: The Heritage Palace Solo

10 Tempat Wisata di Kota Solo yang Instagramable

Wanovy | Travel | 10-03-2022

PARBOABOA, Solo - Tempat wisata di Solo memberikan pengalaman yang tak akan terlupakan saat pelancong mengunjungi kota Solo.

Ada banyak tempat wisata di Solo yang instagramable dan tak kalah apik dari daerah lainnya di Indonesia. Tempat wisata Solo juga enggak bikin kantong wisatawan kering.

Solo atau Surakarta adalah salah satu kota di Jawa Tengah yang mudah diingat seseorang dari luar provinsi tersebut.

Kota Solo ikonik dengan Bengawan Solo-nya yang dijadikan lagu oleh Gesang, dan Stasiun Balapan oleh Didi Kempot.

Kota Solo juga terkenal dengan batiknya yang digemari banyak wisatawan. Tempat wisata Solo yang paling terkenal yaitu wilayah Keraton Kasunanan dan Mangkunegaran.

Selain dua keraton tersebut, masih ada tempat wisata di Solo yang instagramable dan tak kalah menarik dengan kota lainnya.

Jika berlibur ke Solo, jangan lupa untuk mengunjungi rekomendasi tempat wisata di Solo yang Instagramable berikut ini.

1. Taman Balekambang Surakarta

Taman Balekambang merupakan taman yang dibangun oleh KGPAA Mangkunegara VII untuk kedua putrinya, yaitu GRAy Partini dan GRAy Partinah.

Taman ini dibuka untuk umum mulai 07.00 - 18.00 WIB setiap hari dan terletak di Jl. Ahmad Yani, Surakarta dengan area seluas 9,8 Ha.

2. Grojogan Sewu Solo

Grojogan Sewu Solo ini tentu menjadi tempat wisata yang hits di Solo yang tentu sudah di kenal banyak wisatawan baik lokal maupun asin, grojogan atau yang sering kita sebut sebagai air terjun ini memang sangat fenomenal dan banyak di kunjungi oleh para wisatawan.

Air Terjun yang menjulang tinggi sekitar 81 meter ini dan di kelilingi dengan pemandangan alam yang begitu indah menjadikan Grojogan Sewu ini banyak di kunjungi oleh para wisatawan.

3. Keraton Surakarta

Rasanya kurang lengkap kalau ke Solo tanpa mengunjungi tempat bersejarah satu ini. Keraton Surakarta disebut sebagai ikon Kota Solo yang terkenal di benak wisatawan.

Keraton Surakarta menyimpan banyak sejarah yang masih dapat kamu lihat jika datang kesini. Banyak bangunan bersejarah di sekitar Keraton, seperti museum, alun-alun, dan lainnya.

Selain sebagai destinasi wisata, Keraton juga merupakan tempat tinggal keluarga kerajaan Sri Sultan. Saat mengunjungi tempat ini, kamu dapat melihat koleksi peninggalan masa lampau yang tersimpan rapi sampai sekarang!

4. Alun-alun Kidul Surakarta

Alun-alun yang terdiri dari rerumputan ini menjadi tempat yang menarik untuk bersantai. Tempat wisata di Solo yang menghadirkan pemandangan kota budaya dengan berbagai permainan anak dan kuliner ini menjadi daya tarik tersendiri.

Tentunya, kuliner khas yang biasa disebut dengan jajanan angkringan menghadirkan berbagai makanan khas dengan harga yang sangat terjangkau.

Kamu bahkan bisa menikmati berbagai makanan berat hingga makanan ringan seperti rambak dan ronde di tempat ini.

Selain itu, tempat wisata di Solo yang instagramable ini juga menghadirkan permainan anak-anak seperti sepeda hias, memancing, dan perosotan. Kamu juga bisa mengunjungi alun alun tersebut untuk melihat kebo bule ketika menjelang magrib.

5. Museum Batik Danar Hadi Solo

Danar Hadi adalah salah satu produsen batik terkenal di Solo. Museum ini menjadi salah satu tempat wisata Solo yang ikonik.

Di museum ini, pengunjung dapat menjumpai koleksi corak, motif, dan jenis kain batik dari seluruh nusantara. Koleksinya bahkan mencapai 10.000 helai kain batik.

Oleh sebab itu, museum ini diakui oleh MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) sebagai museum yang mempunyai koleksi kain batik terbanyak. Ada pula Museum Radya Pustaka di dekat Taman Sriwedari, salah satu museum tertua di Indonesia.

6. Tugu Lilin

Tempat wisata di Solo yang bersejarah ialah Tugu Lilin. Tugu Lilin adalah sebuah monumen peringatan 25 tahun berdirinya Boedi Oetomo.

Dengan bentuk uniknya yang menyerupai sebuah lilin menyala. Tugu Lilin melambangkan pengabdian dan semangat perjuangan bangsa Indonesia yang berapi-api memperjuangkan kemerdekaan.

Tugu Lilin yang berlokasi di Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo sangat cocok untuk wisatawan yang ingin berfoto-foto di tempat unik.

7. Jurug Solo Zoo

Tempat wisata di Solo satu ini merupakan kebun binatang paling terkenal di Kota Solo. Di sini, kamu dapat menyaksikan dan berinteraksi langsung bersama beragam satwa, seperti memberi makan gajah, menunggangi unta dan kuda, memberi makan rusa, hingga foto bersama satwa.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan aktivitas lain seperti main air di kolam keceh, naik kereta kelinci, dan lain sebagainya.

Untuk dapat mengakses aktivitas-aktivitas tersebut, Anda harus membayar sejumlah biaya tambahan per aktivitas.

8. The Heritage Palace

The Heritage Palace merupakan tempat wisata di Solo yang instagramable dengan bangunan yang dulunya pabrik gula ini menawarkan vibes liburan ala Eropa tempo dulu.

Di sudut-sudut area, kamu dapat melihat beragam arsitektur ala Eropa yang menarik perhatian dan tentunya Instagramable.

Selain bangunannya yang eye-catching, wisata Solo Heritage Palace ini juga menawarkan wahana menarik lain seperti Museum 3D Trick Art di mana kamu dapat menikmati dan berfoto bersama mural-mural yang seolah-olah seperti nyata.

9. De Tjolomadoe Solo

De Tjolomadoe dulu merupakan Pabrik Gula Colomadu yang sekarang direvitalisasi menjadi tempat wisata dan kawasan komersial.

De Tjolomadoe kini menjadi tempat wisata di Solo yang instagramable dan menyediakan berbagai fasilitas, seperti Heritage Museum, Convention Center, dan masih banyak lagi.

Suasana nyaman dan bersih serta pelayanan yang ramah membuat banyak pengunjung datang setiap harinya.

Untuk harga dari setiap makanan pada kafe yang tersedia cukup bersahabat. Tiket masuk De Tjolomadoe Solo sebesar Rp 25 ribu saja.

10. Parapet Bengawan Solo

Kini bagian sisi jembatan Bengawan Solo tak lagi polos. Banyak sekali mural-mural unik dan artistik yang menghiasi parapet sepanjang jembatan Bengawan Solo.

Di sini, kamu bisa berswafoto dengan bebas dan seru. Beberapa tema mural di antaranya kehidupan sehari-hari, kritik sosial, dan larangan buang sampah sembarangan.

Gimana, tertarik mengujungi salah satunya? Sekian ulasan tentang tempat wisata di Solo yang instagramable yang bisa kamu jadikan referensi saat berkunjung ke Kota ini. Lihat juga ulasan Tempat Wisata di Solo yang Wajib Kamu Kunjungi di channel YouTube Parboaboa ya. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata solo    #solo    #surakarta    #tempat wisata    #wisata instagramable   

Baca Juga