10 transfer pemain termahal dari Liga Jerman ke Liga Inggris (Dok. Parboaboa)

10 Transfer Termahal dari Klub Liga Jerman ke Liga Inggris, Erling Haaland Diurutan Keberapa?

Michael | Sepakbola | 16-05-2022

PARBOABOA – Klub-klub Liga Inggris sering merekrut pemain yang berasal dari Liga Jerman. Bahkan tidak sedikit transfer tersebut yang memakan biaya yang cukup besar.

Liga Inggris akan segera kedatangan Erling Haaland. Striker asal Norwegia tersebut bakal bergabung dengan Manchester City pada musim depan.

Haaland tampil sangat tajam bersama Dortmund. Untuk mendapatkan jasa sang pemain, The Citizen harus membayar klausul pelepasannya dari Dortmund.

Haaland akan pergi ke Inggris setelah ditebus dengan harga 60 juta euro (Rp917 miliar). Nilai itu membuatnya masuk dalam daftar 10 transfer termahal dari klub Liga Jerman ke Liga Inggris.

Berikut ini 10 transfer termahal dari Klub Liga Jerman ke Liga Inggris.

Jadon Sancho (Borussia Dortmund ke Manchester United)

Jadon Sancho adalah salah satu rekrutan Manchester United pada musim panas 2021. Setan Merah harus mengeluarkan dana sebesar 85 juta euro (Rp1,29 triliun saat ini) untuk mendatangkan sang pemain dari Borussia Dortmund.

Sejauh ini, Sancho masih belum menunjukkan performa terbaiknya seperti saat bermain di Liga Jerman. Namun, pemain berusia 22 tahun tersebut punya kemampuan untuk bersinar di Liga Inggris.

Kai Havertz (Bayer Leverkusen ke Chelsea)

Chelsea mendatangkan Kai Havertz dari Bayer Leverkusen pada bursa transfer musim panas 2020. Saat itu, Havertz menjadi pembelian termahal The Blues setelah ditebus dengan harga 80 juta euro (Rp1,22 triliun saat ini).

Dengan harga yang cukup mahal, Havertz mampu menunjukkan performa yang cukup bagus setelah datang ke Stamford Bridge. Bahkan Havertz kerap dijadikan penyerang tengah saat Romelu Lukaku dan Timo Werner tidak bermain bagus.

Kevin de Bruyne (Wolfsburg ke Manchester City)

Kevin de Bruyne bergabung dengan Manchester City dari Wolfsburg pada 2015 lalu. Pada waktu itu, gelandang serang asal Belgia tersebut didatangkan ke Liga Inggris dengan harga yang mencapai 76 juta euro.

De Bruyne sekarang menjadi pemain kunci Manchester City. Dia sudah memenangkan beberapa trofi selama berada di Etihad Stadium seperti Liga Inggris, Piala FA, hingga Carabao Cup.

Christian Pulisic (Borussia Dortmund ke Chelsea)

Christian Pulisic dibeli Chelsea dari Borussia Dortmund pada Januari 2019 lalu. Namun, winger asal Amerika Serikat yang berusia 23 tahun tersebut tetap bertahan di Signal Iduna Park dengan status pinjaman hingga Juni 2019.

Chelsea membeli Pulisic dengan harga 64 juta euro. Pemain bernomor punggung 10 tersebut tampil cukup baik bersama Chelsea meski tidak selalu menjadi pilihan utama di bawah asuhan Thomas Tuchel.

Pierre-Emerick Aubameyang (Borussia Dortmund ke Arsenal)

Pierre-Emerick Aubameyang tampil cukup tajam di Liga Jerman bersama Borussia Dortmund. Pemain asal Gabon itu kemudian hengkang ke Arsenal dengan harga 63,8 juta euro pada 2018.

Aubameyang sempat menjadi andalan di lini depan dan kapten The Gunners. Namun, dia hengkang ke Barcelona pada Januari 2022 lalu setelah dibekukan dari tim utama akibat melakukan pelanggaran kedisiplinan.

Naby Keita (RB Leipzig ke Liverpool)

Naby Keita saat ini bermain untuk Liverpool. Gelandang asal Guinea itu dibeli The Reds dari RB Leipzig dengan harga 60 juta euro pada tahun 2018.

Karier Keita di Anfield selama ini sering diganggu oleh cedera. Meski begitu, sang pemain masih mendapat kesempatan bermain yang cukup banyak dari Jurgen Klopp.

Erling Haaland (Borussia Dortmund ke Manchester City)

Erling Haaland membela Borussia Dortmund sejak Januari 2020. Pemain timnas Norwegia tersebut menunjukkan ketajaman yang luar biasa selama berada di Signal Iduna Park.

Meski diminati banyak klub papan atas Eropa, Haaland memilih Manchester City sebagai pelabuhan karier selanjutnya. Dia pindah ke Etihad Stadium dengan nilai transfer 60 juta euro.

Timo Werner (RB Leipzig ke Chelsea)

Timo Werner mulai mencuri perhatian publik saat bermain untuk RB Leipzig. Chelsea kemudian berhasil memboyongnya ke Stamford Bridge pada bursa transfer musim panas 2020.

Tak tanggung-tanggung, Chelsea mengeluarkan biaya sebesar 53 juta euro untuk mendapatkan pemain timnas Jerman tersebut. Werner dikontrak The Blues sampai tahun 2025.

Leroy Sane (Schalke 04 ke Manchester City)

Leroy Sane memulai karier profesionalnya di Schalke. Dia kemudian pindah ke Liga Inggris bersama Manchester City pada 2016 dengan biaya transfer sebesar 53 juta euro.

Di Etihad Stadium, Sane berhasil memenangkan dua trofi Liga Inggris dan sejumlah gelar lainnya. Pemain timnas Jerman tersebut bermain di Inggris selama tiga musim sebelum akhirnya kembali ke Liga Jerman dengan Bayern Munchen.

Sebastien Haller (Eintracht Frankfurt ke West Ham)

Sebastien Haller pernah bermain di Liga Jerman bersama Eintracht Frankfurt. Dia membela Die Adler selama dua musim sebelum pindah ke Liga Inggris bersama West Ham.

Haller datang ke London Stadium dengan nilai transfer sebesar 50 juta euro. Pemain timnas Pantai Gading itu cuma bertahan satu setengah musim di Inggris sebelum kembali ke Ajax Amsterdam.
 

Tag : #bursa transfer    #liga inggris    #sepakbola    #liga jerman    #erling haaland    #kai havertz    #pierre emerick aubameyang   

Baca Juga