Wisata Aceh

10 Tempat Wisata di Aceh Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Wanovy | Travel | 18-01-2022

PARBOABOA, Aceh - Tempat wisata di Aceh didominasi oleh keindahan alamnya serta lautan biru yang cantik, karena memang Aceh berada diantara Samudera Hindia dan Selat Malaka.

Nanggroe Aceh Darussalam atau lebih dikenal dengan Aceh adalah sebuah provinsi di ujung Pulau Sumatera. Provinsi ini memiliki keindahan alam yang luar biasa, mulai dari pantai sampai pegunungannya.

Setelah mengalami kerusakan akibat tsunami pada tahun 2014 di sebagain wilayahnya termasuk tempat wisatanya, Aceh kembali bangkit dan menata sektor pariwisatanya dengan baik.

Nah, berikut ini kami rangkum beberapa tempat wisata di Aceh yang bisa jadi pilihan kamu saat berkunjung kesini.

1. Pantai Lhoknga, Banda Aceh

Pantai Lhoknga adalah tempat wisata di Aceh yang paling populer. Destinasi ini lebih dikenal dengan lapangan Golf, aktivitas Surfing dan memancingnya. Khusus untuk surfing, ombak Pantai Lhoknga yang besar dan garang, tentu sudah terkenal di kalangan komunitas selancar internasional.

Berselancar di laut yang biru jernih dengan ombak setinggi 1,5 sampai 2 meter yang cocok bagi kamu yang suka olahraga adrenalin.

Menariknya lagi, bagi kamu yang baru menjadi pengantin baru dan ingin mencari tempat untuk honeymoon, Pantai Lhoknga bisa menjadi alternatif mencari tempat yang romantis.

Bersantai di pantai ini sambil ditemani angin laut di sore hari dan cahaya langit yang mulai temaram membuat suasana menjadi begitu romantis. Menarik bukan?

2. Pantai Lhok Mee

Pantai Lhok Mee dengan pasir putihnya yang indah terletak di Desa Lamreh, Masjid Raya, Aceh Besar. Objek wisata ini berjarak sekitar 35 kilometer (km) dari Banda Aceh. Pihak pengelola pantai telah menyediakan beragam fasilitas dan atraksi untuk pengunjung, di antaranya jembatan apung dan net voli. Sejumah warung penjual makanan dan minuman juga bisa dijumpai di tempat ini.

3. Pantai Iboih

Tempat wisata di Aceh yang berikutnya adalah Pantai Iboih yang keindahannya sangat fenomenal. Bahkan pantai Iboih ini merupakkan pantai yang paling indah di Aceh.

Di pantai ini terdapat pasir putih nan halus serta air pantai yang berwarna hijau toska atau biru cerah. Inilah yang membuat wisatawan merasa nyaman dan ingin berlama-lama di pantai ini.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati keindahan biota laut di Pantai ini. Aktivitas snorkeling dan diving bisa kamu lakukan disini, bahkan tanpa diving pun kamu sudah bisa menikmati keindahan bawah laut pantai ini, karena memang airnya yang sangat bening.

4. Masjid Raya Baiturrahman

Tempat wisata di Aceh yang paling utama ialah mengunjungi Masjid Raya Baiturrahman yang sudah ada sejak tahun 1600-an.

Masjid Raya Baiturrahman Aceh dibangun pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda, dengan tujuan sebagai pusat pengajaran ilmu agama. Masjid ini mampu menampung sebanyak 1900 jamaah, di bagian luar masjid terdapat taman yang indah.

Dan pada waktu terjadinya tsunami Aceh tahun 2004, Masjid Raya Baiturrahman merupakan salah satu bangunan yang tetap kokoh berdiri dan dijadikan sebagai tempat pengungsian.

Masjid ini sudah mengalami renovasi hingga 5 kali serta beberapa perluasan area. Bahkan masjid ini sempat menjadi tempat perlindungan masyarakat Aceh saat bencana tsunami menyerang di tahun 2004 silam.

5. Pantai Lhok Bubon

Pasir putih yang terpampang disepanjang bibir pantai, bakal membuat kamu semakin betah berlama-lama di tempat wisata itu hingga tak ingat waktu. Rindangnya pepohonan berbagai jenis yang berjajar di sepanjang kawasan pantai itu membuat suasana semakin sejuk.

Riak air laut yang sesekali mendengung di telinga, membuat kedamaian semakin terasa. Belum lagi hamparan laut biru yang ditawarkan semakin membuat wisatawan enggan rasanya meninggalkan pantai itu.

Meski matahari terik bersinar, tidak akan terasa. Sebab semilir angin sepoi yang terus memanjakan kulit. Kamu juga bakalan disuguhkan sajian wisata kuliner laut (seafood) yang masih segar dan fresh.

6. Pulau Rubiah

Tempat wisata di Aceh yang satu ini ada di Sabang, tepatnya di sebelah barat Pulau Weh. Nama Rubiah sendiri diambil dari nama yang tertulis di nisan yang ada di pulau ini.

Objek wisata di Aceh ini terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya. Sedikitinya ada 14 dari 15 biota laut yang diindungi di Indonesia ada disini. Dan jangan lupa siapkan alat menyelam dan snorkeling kamu dan silahkan berenang bersama aneka ikan tropis dan bermain bersama terumbu karang. Jika lupa membawa alat snorkeling, kamu bisa menyewanya dengan harga Rp 40.000 saja dan kamu sudah bisa gunakan seharian.

7. Taman Sari Gunongan

Jika India punya Taj Mahal, maka Banda Aceh punya Taman Sari Gunongan. Keduanya sama-sama merupakan simbol cinta dari para raja untuk permaisurinya. Objek wisata di Banda Aceh ini terletak di dalam kompleks Taman Sari Bustanussalatin Banda Aceh yang dilalui oleh Sungai Krueng Daroy.

Tempat wisata di Aceh ini khas dengan bangunan yang dinamakan Penterana Batu. Penterana Batu merupakan kursi yang berbentuk kelopak bunga yang mekar.

Selain Penterana Batu, taman ini juga dilengkapi dengan Kandang Baginda yang merupakan lokasi pemakaman keluarga Sultan Kerajaan Aceh.

Tidak jauh dari bangunan utama Gunongan, terdapat Pinto Khob merupakan pintu penghubung antara Taman Sari Gunongan dan Istana. Tempat wisata di Banda Aceh satu ini cocok banget buat kamu yang suka foto karena landscape nya yang indah.

8. Pantai Lampuuk

Pantai yang memiliki garis pantai sepanjang 5 kilometer ini berpasir putih, air laut berwarna biru kehijauan, dan ombak yang bersahabat untuk para peselancar. Selain pemandangan laut, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan pepohonan pinus yang rimbun dan daratan pegunungan yang hijau.

Yang tidak kalah indah dengan pantai lainnya, pengunjung bisa menikmati panorama matahari terbenam yang indah karena destinasi wisata di Banda Aceh ini menghadap ke Samudera Hindia.

Kegiatan yang bisa dilakukan pengunjung di kawasan tempat wisata di Aceh ini adalah berjemur, bermain istana pasir, berselancar, bermain banana boat, dan mengunjungi konservasi penyu.

Fasilitas yang tersedia di sekitar pantai ini adalah tempat makan dan minum serta penginapan dari kelas losmen hingga cottage bagi wisatawan.

Untuk akomodasi menuju Pantai Lampuuk, disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau merental kendaraan karena masih belum ada akses transportasi umum ke wisata di Banda Aceh ini.

9. Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami Aceh dirancang oleh arsitek asal Bandung dan Gubernur Jawa Barat yaitu Ridwan Kamil sebagai monumen simbolis untuk bencana gempa bumi dan tsunami pada 2004 silam.

Selain menjadi monumen simbolis, museum ini juga dijadikan sebagai pusat pendidikan bencana dan tempat perlindungan darurat apabila tsunami terjadi lagi. Menjelma sebagai salah satu destinasi wisata di Banda Aceh, museum ini dilengkapi dengan simulasi elektronik gempa bumi dan tsunami 2004 silam.

Museum ini berisikan foto serta kisah warga yang selamat dari bencana tsunami. Selain itu, terdapat ruangan yang dinamakan ‘Sumur Doa’ dengan nama-nama korban bencana tsunami tertera di dinding ruangannya.

Dari samping, bangunan museum ini terlihat kapal penyelamat besar dengan geladak yang luas. Namun apabila dilihat dari atas, bangunan ini terlihat menyerupai gelombang tsunami. Karena desain dan makna museum ini, Museum Tsunami Aceh menjadi salah satu tempat wisata di Aceh yang cukup favorit bagi wisatawan.

10. Pantai Lange

Pantai Lange merupakan salah satu tempat wisata di Aceh yang cukup populer sebab memiliki pemandangan yang sangat indah. Di sini, kamu bisa memanjakan diri sembari bersantai menikmati penorama yang indah dipandang mata.

Menariknya, ada dua air mancur menyembur dari balik tebing. Tempat wisata Aceh yang satu ini juga sebagai dikenal Pantai Ie Rah, terletak di Gampong (Desa) Lam Lhom, Aceh Besar.

Keindahannya yang tersembunyi di dalamnya mencerminkan sebuah eksotisme yang tak tersentuh. Tak heran jika banyak wisatawan lokal dan dari mancanegara penasaran ingin menyaksikan pesonanya,

Terlebih lagi ada hiasan sawah dan perbukitan hijau di sepanjang jalan. Beberapa pohon pandan besar mempercantik pemandangan alam di sekitar Pantai Lange.

Itulah 10 rekomendasi tempat wisata di Aceh yang bisa kamu jadikan referensi saat berkunjung kesini. Semoga bermanfaat!

Jangan lupa saksikan juga ulasan lengkapnya di kanal YouTube Parboaboa melalui video: Destinasi Wisata Aceh Terbaik.

Tag : #wisata aceh    #aceh    #tempat wisata   

Baca Juga