Wisata Malang

10 Tempat Wisata di Kota Batu Malang yang Instagramable

Wanovy | Travel | 21-12-2021

Kota Batu dikenal sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Malang, Jawa Timur. Pasalnya, beragam objek wisata menarik ada di sini, mulai dari wahana bermain hingga wisata alam yang indah dan menenangkan.

Kota Batu sudah menjadi daerah otonom. Meskipun banyak orang sering menyebut Batu adalah bagian dari Malang, wilayah ini memiliki pemerintahan tersendiri. Hal tersebut berdampak pada pengelolaan wisata yang lebih baik untuk turis dari dalam dan luar negeri.

Ditambah lagi memasuki masa new normal, beberapa destinasi wisata di Batu sudah dibuka kembali. Kalau kamu sudah rindu dengan suasana sejuk di sini, berikut informasi lengkap tempat wisata di Batu Malang, mulai dari lokasi, jam buka-tutup hingga harga tiket masuk.

Berikut adalah rekomendasi tempat wisata yang cocok kamu kunjungi kalau sedang berkunjung ke kota Batu Malang.

1. Alun-alun Kota Wisata Batu

Objek wisata Batu pertama dan paling mudah diakses tentunya adalah alun-alun kota. Memiliki ciri khas berupa monumen berbentuk apel dan bianglala, tempat ini menjadi lokasi wisata murah meriah bagi warga Batu dan sekitarnya.

Banyak wahana permainan khas pasar malam kagetan yang bisa dicoba di sini. Misalnya odong-odong dan kereta kelinci.

Para pedagang kaki lima juga mudah ditemui di sekeliling alun-alun, menawarkan berbagai jenis jajanan menarik seperti sate seafood, cilok, sate kelinci, hingga susu sapi murni yang memang menjadi produk khas di sana.

2. Jatim Park 3

Tempat wisata satu ini memberikan sensasi seperti kembali ke jaman prasejarah dan bertemu dengan sekawanan makluk purbakala. Disebut Dino Park karena disini Anda akan bertemu langsung dengan kawanan dinosaurus ala film Jurassic Park. Namun tenang saja, semuanya hanya replika saja.

Jatim Park 3 seluas 5 hektar ini mempunyai 17 zona dengan 7 atraksi utama dan berbagai pertunjukan seru. Dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 12.00-20.00 WIB dengan harga tiket yang berbeda-beda di setiap wahana.

3. Malang Night Paradise

Sebagai salah satu kota wisata di Jawa Timur, Malang juga menyediakan hiburan menarik di malam hari, yakni tempat dengan banyak lampu dan fasilitas permainan.

Malang Night Paradise adalah tempatnya. Terdapat beragam hiburan, seperti Taman Dinosaurus, Taman Lampion, Museum Ganesya, Fun Clown, dan Flying Car.

Bagi yang tertarik, bisa langsung datang ke Malang dan mencoba wahana yang ada. Ingat, datang saat sore sekitar pukul 17.45 WIB untuk membeli tiket

4. Jatim Park 2

Sudah bosan dengan Jatim Park 1, main ke Jatim Park 2 yang berlokasi di Jalan Oro-Oro Ombo nomor 9. Objek wisata Batu yang satu ini punya Batu Secret Zoo dan Eco Green Park yang pasti disukai anak-anak.

Juga ada akuarium dengan berbagai jenis ikan, pulau harimau, rumah terbalik, fantasy land, dan river adventure yang tak kalah seru. Buat akomodasi, ada Pohon Inn Hotel yang memiliki desain bangunan unik seperti rumah pohon raksasa.

5. Coban Putri

Coban Putri termasuk sebagai salah satu destinasi wisata alam di Batu yang diunggulkan. Terdapat dua air terjun alami yang memesona. Kamu bisa berendam atau mendaki bebatuan di sekitar air terjun.

Selain itu, banyak pula fotografer yang datang ke sini hanya untuk mengabadikan momen, karena saking indahnya. Terdapat pula beberapa spot foto yang seru, seperti ayunan dan gardu pandang.

Coban Putri terletak di Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Jam operasional: setiap hari pukul 09.00-17.00 WIB

6. Taman Langit

Selalu ada hal baru di Batu Malang dan salah satunya adalah Taman langit. Konsep wisata ini memadukan taman dan lokasi berada di atas bukit.

Untuk mencapai tempat ini, Anda membutuhkan usaha ekstra. Akan tetapi, turis tidak perlu khawatir mengenai akomodasi. Taman Langit memiliki area penunjang yang cukup bahkan lebih.

Wisata ini mengedepankan pemandangan alami dan spot unik untuk mengambil gambar. Anda area dengan background angsa untuk mereka yang ingin mendapatkan sensasi terbang.

Tentu saja, masih ada spot lain di Taman Langit yang harus dicoba. Inilah salah satu tempat wisata Batu Malang yang naik daun dan sangat direkomendasikan.

7. Museum Angkut

Museum yang memajang berbagai jenis kendaraan antik, mulai dari dokar, mobil sport, sampai pesawat terbang. Semuanya ditata apik seperti movie set, sehingga bisa dijadikan latar foto yang keren. Museum ini berlokasi di Jalan Terusan Sultan Agung 2.

Selain berbagai jenis kendaraan kuno dan spot foto cantik, Museum Angkut juga punya Pasar Apung Nusantara.

Ini adalah spot wisata kuliner di mana pengunjung bisa bersantai sambil menikmati jajanan di saung-saung di atas sungai atau berkeliling naik perahu seperti pedagang di pasar terapung beneran.

8.Batu Flower Garden

Destinasi wisata ini dikenal sebagai studio alam, karena pemandangan alamnya yang indahnya bukan main. Sudah kembali dibuka sejak 18 Juni lalu, Batu Flower Garden tutup setiap Jumat untuk pembersihan lingkungan dan penyemprotan disinfektan.

Kamu tak akan bosan saat berada di sini, banyak spot foto yang Instagramable banget. Mulai dari kebun bunga hingga aktivitas bersepeda di atas tali yang bakal menguji keberanianmu.

Batu Flower Garden berada di Jalan Oro-Oro Ombo, Kehutanan, Kota Batu. Jam operasional: Sabtu-Kamis pukul 08.00-15.00 WIB

9. Air Terjun Coban Rondo

Tak hanya Coban Putri, wisata alam di Malang juga wajib dikujungi diantaranya adalah Coban Rondo yang terletak di Pujon dan berjarak sekitar 31 km dari Kota Malang.

Selain menawarkan pemandangan cantik, air terjun ini memiliki cerita yang membuat pengujung penasaran. Dikisahkan ada dua pasangan yang harus berakhir tragis di tempat ini. 

Jalan untuk mencapai air terjun juga terbilang mudah karena sudah ada jalan yang dibangun. Jarak tempuh dari parkir kendaraan juga hanya sekitar 200 meter saja.

10. Pantai Bajul Mati

Ada banyak pantai di pesisir selatan Kabupaten Malang. Selain Pantai Parang Dowo, ada pula Pantai Bajul Mati.

Pantai yang dikelilingi oleh pepohonan rindang ini memiliki pemandangan laut lepas yang indah. Namun gelombang ombaknya cukup besar jadi kamu tidak bisa berenang di sana. Sebelum sampai ke pantai, kamu bisa mampir di Jembatan Bajul Mati yang instagramable untuk dijadikan latar belakang foto.

Tag : #malang    #batu malang    #tempat wisata di batu malang   

Baca Juga