Tempat wisata di Palembang

10 Tempat Wisata di Palembang yang Hits dan Instagramable

Wanovy | Travel | 27-12-2021

Tempat wisata di Palembang menyuguhkan berbagai keindahan yang tak akan dijumpai di kota lain. Apalagi kota Palembang telah ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) melalui PP No. 50 tahun 2011.

Mulai dari tempat wisata alam, wisata religi, dan tentunya wisata sejarah, semua dapat kamu temukan di sini.

Jika sedang berlibur ke Kota Pempek, berikut 10 tempat wisata hits di Palembang yang wajib kamu kunjungi.

1. Bukit Siguntang

Pergi ke Palembang juga cocok bagi pecinta pegunungan dan suasana asri, karena di sini terdapat bukit Siguntang.

Berada di ketinggian 30 meter di atas permukaan laut, suasana tempat wisata di Palembang satu ini begitu indah dan sejuk. Rupanya, dulu bukit ini dipercaya sebagai tempat untuk bermeditasi.

Selain itu, terdapat pula makam bangsawan pendiri kota Palembang, maka tak heran bila tempat di ini dianggap sebagai daerah yang sakral.

2. Jembatan Ampera

Berkunjung ke Palembang tanpa menyambangi Jembatan Ampera sepertinya kurang sempurna. Jembatan yang menjadi icon kota pempek ini memiliki panjang lebih dari 1000 meter, lebar 22 meter, dan tinggi 63 meter, sehingga membuatnya dinobatkan sebagai jembatan terpanjang di Asia Tenggara.

Bagi wisatawan yang hendak berfoto, tidak dikenakan biaya alias gratis. Jadi pastikan Anda menyempatkan diri untuk mengabadikan momen indah di depan Jembatan Ampera.

Lokasi: Jalan Lintas Sumatera, Kecamatan Seberang Ulu I, Kota Palembang

3. Sekanak Sidewalk

Tempat wisata di Palembang selanjutnya yang wajib dikunjungi ialah Sekanak Sidewalk. Lokasi ini merupakan hasil tangan pemerintah setempat. Saat menyambut kemeriahan Asian Games 2018 lalu, yang diselenggarakan di Palembang.

Masih terjaga hingga saat ini warna-warna unik pada dinding rumah warga. Para wisatawan bisa mengabadikan momen gambar di sana, yang tentunya instagramable.

4. Gunung Dempo

Tempat wisata lain yang dapat Anda kunjungi jika berlibur di kota Palembang adalah gunung Dempo.

Gunung Dempo merupakan salah satu gunung di kota Palembang dengan ketinggian 3,195.  Untuk dapat sampai di gunung Dempo Anda harus menempuh perjalanan melewati kota kecil pagar alam dengan jarak kurang lebih 7 km jika dari pusat kota.

Tak hanya itu, tempat wisata gunung Dempo juga memiliki beberapa kekayaan rimba gunung yang terlihat masih sangat alami.

Secara geografis, gunung ini terletak di antara Sumatera Selatan dan Bengkulu. Bagi Anda yang akan berkunjung ke gunung Dempo, sebaiknya Anda mengunjunginya saat musim kemarau tiba.

5. Pulau Kemaro

Destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi saat berlibur di kota Palembang adalah pulau Kemaro. Pulau yang terletak di tengah sungai Musi ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Untuk dapat sampai di pulau Kemaro Anda perlu menempuh perjalanan kurang lebih 6 km jika dari Jembatan Ampera.

Keberadaan pulau Kemaro di kota Palembang ini sangatlah unik karena terdapat sebuah vihara kuno yang terletak di tengah-tengah pulau. Keberadaan vihara ditengah pulau Kemaro tersebut pun sering kali masih digunakan oleh orang-orang setempat dan para wisatawan untuk berdoa dan berziarah.

6. De Jakabaring

Ingin mengambil foto Instagramable dengan spot-spot yang hits? De Jakabarin bisa jadi solusinya. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp20.000 dan Rp25.000 di har Sabtu dan Minggu, kamu bisa mencicipi beragam spot selfie dengan latar tiga dimensi.

Lokasi: 15 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I, Kota Palembang

7. Benteng Kuto Besak

Terletak di tepian Sungai Musi, Benteng Kuto Besak menjadi salah satu tempat wisata sejarah di Palembang. Benten ini, telah didirikan sejak tahun 1780 oleh pemerintah Kota Palembang kala itu.

Dari pusat kota Palembang, Benteng Kuto Besak dapat ditempuh selama 15 menit saja. Setiap pengunjung akan dikenai tiket masuk sebesar Rp5.000.

Lokasi: Jalan Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Bukit Kecil Palembang

8. Masjid Cheng Ho

Seperti namanya, Masjid Cheng Ho memancarkan suasana Tionghoa yang sangat kental. Perpaduan warna merah, hijau, putih, dan pink melengkapi arsitektur masjid yang memiliki dua bangunan seperti pagoda berkubah islami.

Bagi para muslim, Anda bisa datang untuk ikut sholat berjamaah. Berkunjung untuk menikmati keindahan dan berfoto pun bisa dilakukan asalkan tidak mengganggu ibadah.

9. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Berikutnya ada tempat wisata di Palembang yang sangat cocok bagi Si Kecil, yaitu Museum Sultan Mahmud Badaruddin II.

Isi museum ini akan mengenalkan kita pada sejarah kota Palembang lengkap dengan berbagai peninggalan kerajaan.

Lokasi museum ini sendiri berada di jembatan Ampera dan Benteng Kuto Besak. Dijamin, Si Kecil akan semakin tertarik karena desain arsitekturnya yang unik.

10. Museum AlQuran Palembang

Selain keindahan alam, tempat wisata di Palembang juga menyuguhkan wisata religi. Salah satu yang terkenal ialah Museum AlQuran. Pengunjung akan dibuat takjub dengan AlQuran raksasa yang menjulang hingga ke langit-langit.

Semakin memukau lagi dengan ukiran tulisan yang dibuat di atas permukaan kayu berjenis trembesu. Ukiran tersebut memiliki panjang 177 sentimeter, dengan lebar sekitar 140 sentimeter. Sementara ketebalannya hingga 2,5 sentimeter. Abadikan momen liburan di sini akan menjadi hal unik yang patut diunggah di media sosial.

Itulah 10 rekomendasi tempat wisata di Palembang yang bisa kamu kunjungi saat sedang berlibur disini. Semoga bermanfaat!

Tonton video lengkapnya di channel youtube parboaboa. Klik link berikut

Tag : #palembang    #tempat wisata    #wisata alam    #wisata religi   

Baca Juga