Ilustrasi Tempat wisata Puncak Bogor

10 Tempat Wisata di Puncak Bogor, Cocok untuk Liburan Nataru Bareng Keluarga

Wanovy | Travel | 26-12-2021

Entah itu libur akhir pekan, libur sekolah, atau libur nasional, kawasan Puncak, Bogor selalu menjadi sasaran wisatawan dari Jabodetabek, Bandung dan sekitarnya untuk berlibur. Bahkan wisatawan dari luar pulau Jawa dan luar negeri juga banyak berlibur ke sini.

Pasalnya, puncak Bogor dinilai sebagai tempat yang tepat untuk melepas lelah dari aktivitas kerja dan sekolah. Selain suasananya yang menyejukkan, puncak Bogor juga mempunyai sejumlah tempat wisata yang menarik dan cocok untuk keluarga.

Berikut 10 rekomendasi tempat wisata di Puncak Bogor untuk menghabiskan waktu liburan Nataru bareng keluarga. Yuk, simak!

1. Highland Park Resort

Tempat wisata di puncak Bogor yang pertama adalah Highland Park Resort berlokasi di kaki Gunung Salak dan termasuk bagian Taman Nasional Halimun, di Jl. Curug Nangka Sinarwangi, Sukajadi, Kec. Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Tempat wisata ini mengusung konsep bernuansa Timur dan Barat, ada berbagai jenis glamping (glamorous camping) seperti tenda bangsa Mongolia dan Indian.

Wisatawan dapat menikmati fasilitas seperti kolam renang, ruang meeting, tempat makan, flying fox, paintball, zip bike, dan lain-lain.

2. Taman Safari Indonesia

Kurang lengkap rasanya jika membahas tempat wisata di puncak Bogor tanpa memasukkan Taman Safari Indonesia. Tempat ini bisa dibilang sebagai ikon wisata edukasi di puncak Bogor.

Pengunjung, khususnya anak-anak, akan diperkenalkan dengan beragam macam satwa dengan habitat aslinya, mulai dari jerapah, zebra, gajah, komodo, anoa, lumba-lumba, dan banyak binatang lainnya.

Selain melihat binatang, pengunjung juga bisa menjajal wahana seru seperti kincir raksasa, sepeda air, mandi bola, gajah terbang, climbing car, dan wahana menarik lainnya.

3. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara terletak di Jalan Mariwati km 7, Kab Cianjur. Dibangun pada 1992, taman indah ini merupakan salah satu taman tematik pertama di Indonesia.

Saat ini, Taman Bunga Nusantara memiliki lebih dari 2.000 spesies anggrek yang bibuatnya dengan baik.

Di tempat-tempat wisata di Puncak Bogor ini, pengunjung bisa mengunjungi taman-taman dengan tema tertentu seperti Taman Mediterania yang memiliki koleksi kaktus dan tanaman yang bisa tumbuh di hamparan pasir putih, Taman Bali yang bernuansa seperti di Bali, Taman Mawar dengan bunga mawar berwarna, Taman Air dengan beragam jenis bunga Teratai, Taman Jepang, Taman Perancis, serta Taman Labirin yang bisa dijelajahi.

4. Taman Sakura

Tempat wisata di Puncak Bogor yang selanjutnya adalah Taman Sakura. Biasanya untuk bisa menikmati keindahan bunga Sakura, kamu hanya bisa mengunjunginya di Jepang. Tetapi, kali ini kamu cukup pergi ke Kebun Raya Cibodas Raya saja!

Karena iklim di Bogor yang dingin, kamu dapat melihat bunga sakura yang bermekaran warna merah muda dan putih. Cantik sekali!

Apabila kamu ingin mengunjungi di saat bunga Sakura sedang bermekaran, kamu bisa datang di bulan Januari dan Februari, dengan masa hidup yang pendek kurang dari seminggu.

5. Telaga Warna

Telaga Warna adalah hidden gem di Kawasan Puncak Bogor, karena berada di balik perkebunan teh. Telaga Warna berlokasi di Jl. Raya Puncak Gadog KM 90, Telaga Warna, Desa Utara, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Tempat wisata di Puncak Bogor yang satu ini dibuka pada 2018, yang menyajikan pemandangan gunung dan hamparan kebun luas nan sejuk. Wisatawan dapat memanjakan mata dan menikmati udara segar untuk bersantai melepas penat di Telaga Warna.

6. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas berada di ketinggian 1.300 sampai 1.425 di atas permukaan laut dengan luas 84,99 hektar.

Tempat wisata ini berlokasi di Kompleks Hutan Gunung Gede dan Gunung Pangrango, Jl. Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Wisatawan dapat mengajak keluarga sembari bersantai dan menikmati pemandangan yang menyejukkan di Kebun Raya Cibodas.

Jika ingin berkeliling, wisatawan juga dapat menyewa sepeda atau shuttle bus yang sudah tersedia di sana.

7. Danau Lido

Terletak di Jalan Raya Sukabumi, Desa Wates Jaya, Bogor, Danau Lido merupakan salah satu tempat wisata di Puncak Bogor yang cocok untuk rekreasi keluarga.

Memanfaatkan danau alami yang luas dan bersih, Danau Lido sekarang memiliki tempat penginapan, rumah makan, dan berbagi permainan air.

Jika kamu datang bukan untuk menginap, kamu bisa menjelajahi Danau ini dengan menggunakan perahu naga, rakit, atau becak air.

Beberapa kegiatan lain yang bisa dilakukan disini adalah luncur gantung, layanan gantung, memancing, dan mengendarai ATV di jalur yang sudah disediakan.

8. Little Venice

Jika impian kamu jalan- jalan ke Italia belum kesampaian, mungkin liburan ke Little Venice bisa menjadi langkah awal sebelum impian itu terwujud.

Ya, setiap pengunjung yang datang ke Little Venice akan disajikan pemandangan indah yang membuat kamu seolah sedang berada di Venesia, Italia.

Tempat wisata di Puncak Bogor ini memiliki desain yang sangat mirip dengan yang ada di Venesia. Makanya tidak heran kalau objek wisata ini menjadi sasaran banyak wisatawan untuk berlibur.

Di sini terdapat sebuah danau yang juga mirip dengan danau yang ada di negeri pizza tersebut. Kamu dan keluarga juga bisa mencoba Mississippi Boat Ride yang akan mengajak anda berkeliling danau.

9. Curug Cibeureum

Untuk kamu yang tertarik dengan wisata air terjun, Curug Cibeureum bisa menjadi salah satu opsi. Di sini pengunjung akan menikmati kesejukan air terjun dengan pemandangan alam yang mempesona.

Air terjun yang berlokasi di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Untuk bisa menikmati kesejukan dan keindahan Curug Cibeureum kamu harus berjalan kaki terlebih dahulu sejauh 3 km.

10. Wisata Argo Inkarla

Wisata Argo Inkarla berada di Kawasan Puncak Bogor yang berlokasi di Jalan Singabarong, Cimacan, Cipanas, Cimacan, Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Tempat wisata ini menyajikan hiburan menarik mulai dari taman bunga, rumah pohon, area outbound, hingga lapangan bermain.

Selain untuk bersantai, wisatawan dapat menikmati staycation sekaligus merasakan sensasi tidur dengan nuansa alam di Wisata Argo inkarla.

Nah, itulah 10 rekomendasi tempat wisata di Puncak Bogor yang bisa kamu kunjungi saat musim libur tiba. Semoga bermanfaat!

Tag : #puncak bogor    #tempat wisata bogor    #wisata alam   

Baca Juga