Wisata Pematangsiantar

10 Tempat Wisata di Siantar dan Sekitarnya Terbaru dan Terhits

Wanovy | Travel | 24-12-2021

Pematangsiantar merupakan salah satu kota yang ada di Sumatera Utara. Kota ini memiliki luas sekitar 55.7 KM2. Meski hanya sebuah kota kecil namun kota ini cukup padat dengan jumlah penduduk sekitar 247.411 jiwa.

Letaknya yang berada di Jalan Raya Lintas Sumatera, membuat kota ini tidak pernah sepi. Hampir selama 24 jam akan selalu ada aktivitas yang dilakukan oleh beberapa orang. Baik untuk bekerja, berlibur atau sekedar kuliner.

Tidak heran jika belakangan kota ini menjadi destinasi wisata banyak orang karena lokasinya yang sangat indah dan ramai.

Kota ini memang memiliki panorama yang indah dan memukau. Jika tiba waktu liburan taka da salahnya untuk menyempatkan waktu untuk berkunjung ke kota ini.

Berikut ini 10 tempat wisata di Pematangsiantar yang paling hits dikunjungi wisatawan.

1. Patung Dewi Kwan Im

Patung Dewi Kwan Im merupakan patung raksasa yang memiliki ketinggian 22,8 meter. Patung ini pernah dinobatkan sebagai patung tertinggi di Asia Tenggara.

Lokasi berdirinya patung Dewi Kwan Im ini berada di Vihara Avalokitesvara. Vihara ini juga merupakan salah satu vihara terbesar di Kota Pematangsiantar. Sehari-harinya vihara ini digunakan untuk aktivitas ibadah masyarakat Tionghoa yang bermukim di Pematangsiantar.

Berdasarkan informasi, Patung Dewi Kwan Im membutuhkan waktu pengerjaan selama kurang lebih 3 tahun. Total dana yang dibutuhkan untuk pengerjaan patung ini pun diperkirakan mencapai 9 miliar rupiah.

2. Kebun Binatang Siantar

Setidaknya ada 25 jenis satwa yang bisa Anda lihat di kebun binatang ini. Tentu saja yang menjadi primadona satwa di kebun binatang ini ialah buaya. Ada seekor buaya putih dan besar yang sudah hidup puluhan tahun. Buaya ini dirawat dengan baik karena kulitnya dapat dijadikan bahan utama untuk pembuatan dompet atau tas yang harganya cukup mahal.

Lokasi: Jl. Gunung Simanuk Manuk No. 2, Teladan, Kec. Siantar Barat, Kab. Pematang Siantar

3. Kebun Teh Sidamanik

Kebun Teh Sidamanik merupakan kebun teh milik perusahaan PTPN IV yang sampai sekarang masih terus berproduksi. Berdasarkan informasi, Kebun Teh Sidamanik ini merupakan kebun teh terbesar nomor 2 di Indonesia.

Selain menjadi penghasil teh terbesar di Indonesia, Kebun Teh Sidamanik ini juga menjadi tempat wisata paling populer dan terindah di Siantar. Banyak wisatawan domestic maupun mancanegara berkunjung ke tempat ini untuk menikmati  pemandangan yang indah dan udara yang sejuk.

Sejuknya kebun ini tidak kalah dengan sejuknya kebun teh yang ada di Bogor, jadi jangan sampai ketinggalan untuk menikmati kebun teh yang satu ini. Lokasinya sendiri berada di Sidamanik, kab. Simalungun.

4. Air Terjun Tonduhan

Tempat wisata di Pematangsiantar yang selanjutnya adalah Air Terjun Tonduhan. Air Terjun ini berlokasi di Desa Buntu Bayu, Kec. Tonduhan, Simalungun. Lokasinya berada tepat di area perkebunan kelapa sawit milik PTPN IV.

Dari pusat Kota Pematangsiantar, air terjun ini berjarak sekitar 33 km. Dalam kondisi normal, tempat ini bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 1,5 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Dibandingkan dengan beberapa air terjun lain yang ada di Siantar, air tejun Tonduhan ini tergolong tidak begitu populer. Padahal secara penampilan air terjun ini tidak kalah keren dibandingan air terjun lainnya.

5. Air Terjun Bah Biak

Ingin merasakan liburan yang berbeda? Air Terjun Bah Biak tempatnya.

Sepanjang perjalanan menuju air terjun Bah Biak ini kamu akan ditemani oleh keindahan alam yang menyejukkan. Ada banyak sekali anak tangga yang sengaja disiapkan untuk pengunjung yang ingin melihat air terjun ini.

Setelah menapaki setapak demi setapak anak tanggga, maka kamu akan tiba di dasar lembah dan langsung disambut oleh derasanya aliran air terjun dan udara sejuk.

6. Aek Manik

Sebuah wisata alam yang dikemas secara modern ini tidak pernah sepi pengunjung. Setiap hari kamu akan selalu melihat orang yang datang dengan wajah sumringah. Terang saja karena tempatnya sangat asri dan sejuk.

Tempat ini cocok bagi kamu yang telah penat dengan pemandangan kota yang padat dan macet seperti Jakarta. Bila ada waktu luang silakan berkunjung ke Aek Manik untuk menikmati air dan kuliner yang ada di tempat ini.

Lokasi: Ambarisan, Sidamanik, Kab. Simalungun.

7. Manigom Nauli

Berikutnya masih ada lagi konsep yang sama dengan Pemandian Alam Sejuk Pas. Meski dengan konsep yang sama namun panorama yang diharikan jelas sangat berbeda.

Cobalah datang ke tempat ini dengan membawa kamera, karena ada beberapa spot menarik yang sangat instable sekali. Beberapa spot seperti, gazebo mini, rumah jamur dan kapal imitasi menjadi pemandangan lain yang dapat membuat Anda betah berada di tempat ini.

8. Bukin Indah Simarjarunjung

Saat berkunjung ke Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara wisata populer Bukit Indah Simarjarunjung (BIS) ini tak boleh kamu lewatkan.

Bukit ini memiliki banyak spot foto yang siap membuat feed ig mu kekinian. Pemandangan lembah bukitnya sangat menawan, terlihat dari hamparan pepohonan hijau yang hampir menutupi seluruh lembahnya yang membuat kita merasa sejuk.

Belum lagi background Danau Tiba yang indah membuat kita betah memandang dan enggan rasanya beranjak dari lokasi.

Selain mengandalkan keindahan alam, tersedia pula berbagai spot foto menawan seperti gardu pandang dengan berbagai model menarik, patung gorilla dan maish banyak lagi.

Lokasi: Jalan Simarjarunjung, Butu Bayu pane Raja, Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

9. Tugu Becak

Konon, dulunya kota ini menjadi pusat transportasi becak dan sebagai kota pelopo. Karena itulah dibangun tugu becak guna menghargai jerih payah penduduk yang mengabdikan diri sebagai pengayuh sepeda roda tiga ini. Hingga kini keberadaan becak ini masih ada namun tinggal sedikit karena sudah bergeser pada becak motor.

Meski demikian tugu ini tetap memberikan spot yang menarik bagi mereka pecinta fotografer karena memiliki view yang bagus. Jika datang ke Kota Pematangsiantar jangan lupa sempatkan diri berfoto di depan tugu becak ini.

Lokasi: Jl. W. R. Supratman No. 11, Dwikora, Kec. Siantar Barat, Kab. Pematang Siantar.

10. Lapangan Merdeka Pematangsiantar

Meski hanya sebuah lapangan biasa, namun suasana yang ada di tempat ini mirip dengan alun-alun diberbagai daerah. Hanya saja memiliki atmosfer yang berbeda karena terletak di Kota Pematangsiantar.

Selain bisa berolahraga, Anda juga dapat menikmati sajian kuliner sehat yang ada di sekitar lapangan seperti soto, gado-gado atau mie ayam. Beragam sajian tersebut dapat Anda peroleh dengan harga murah dan terjangkau.

Lokasi: Jl. W. R. Supratman, Proklamasi, Kec. Siantar Barat, Kab. Pematang Siantar.

Nah, itulah 10 tempat wisata yang bisa kamu singgahi saat berkunjung ke Kota Pematangsiantar

Penasaran ?? Tonton video nya di channel youtube parboaboa

Tag : #wisata siantar    #tempat wisata    #pematangsiantar   

Baca Juga