Tempat wisata di Sibolga: Pulau Kalimantung

10 Tempat Wisata di Sibolga Paling Keren, Ada Maldives-nya Indonesia Loh

Wanovy | Travel | 14-01-2022

PARBOABOA, Sibolga - Tempat wisata di Sibolga yang direkomendasikan berikut ini sangat wajib dikunjungi oleh para wisatawan.

Seperti kita tahu, Sibolga merupakan salah satu kota di Provinsi Sumatera Utara yang kaya akan wisata alamnya.

Kota Sibolga terletak di pantai barat Pulau Sumatera, membujur disepanjang pantai, dari selatan ke utara. Sehingga, tidak terlalu mengherankan jika banyak terdapat tempat wisata pulau dan pantai di kota ini.

Sederet tempat-tempat wisata di Sibolga memang selalu ramai, terutama bagi yang ingin menikmati suasana senja di tepi pantai yang menawan.

Bahkan, pulau-pulau kecil disekitarnya juga tidak kalah menyedot perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara.

Untuk berkunjung ke tempat wisata di Sibolga berikut ini, kamu tak perlu khawatir soal kendaraan. Pasalnya, disini kamu bisa mendapati banyak transportasi untuk meng-explore Sibolga lebih jauh lagi.

Nah, berikut ini kami rekomendasikan tempat wisata di Sibolga paling keren dan wajib kamu kunjungi jika berlibur disini.

1. Pulau Mursala

Tempat wisata di Sibolga yang paling keren dan populer karena menjadi lokasi syuting film Hollywood KingKong ialah pulau Mursala. Pulau ini berada di Kecamatan Tapian Nauli, Tapanuli Tengah, Sebelah Barat Daya Kota Sibolga, Sumatera Utara.

Pulau terbesar di Sibolga ini memang menyimpan sejuta pesona, itulah yang membuat sutradara Hollywood memilihnya. Siapapun yang datang dijamin akan merasa kagum dan enggan beranjak pulang, pesona laut lepas yang dimilikinya memang sangat dominan disini.

Belum lagi hamparan pasir putih beserta tumbuhan hijau yang mengelilingi pantai membuatnya terlihat semakin menawan.

Selain menikmati pesona laut serta alamnya, pengunjung juga tidak boleh melewatkan beragam aktivitas seru yang bisa dilakukan disini, seperti menyelam atau snorkeling menikmati alam bawah laut nan menawan.

2. Pulau Kalimantung

Pulau Kalimantung merupakan salah satu tempat wisata di Sibolga yang cocok bagi kamu yang menyukai hobi snorkeling. Sebab, lokasi ini menawarkan pemandangan bawah laut yang begitu menakjubkan. Airnya yang jernih dan bebatuan karang yang masih asli, menambah keindahan pulau yang satu ini. Sehingga, para wisatawan betah berlama lama ketika berlibur di sini.

Selain fasilitas snorkeling yang begitu digandrungi, ada juga daya tarik lainnya yang bisa dinikmati ketika berada di Pulau Kalimantung yaitu bentang alam yang masih asri. Kamu akan disuguhi dengan pasir putih yang begitu halus, air laut yang begitu tengah, serta pemandangan pulau kecil yang berada di sekitar pulau.

3. Pulau Bangke

Eits, jangan salah fokus dulu. Destinasi wisata di Sibolga yang selanjutnya ini merupakan tempat wisata andalan di Sibolga yang banyak dikunjungi para pelancong.

Pulau ini memiliki keindahan yang begitu asri dan tidak bisa ditemukan pada daerah lainnya. Sebab jika kamu ingin datang ke lokasi, maka kamu harus menunggu air surut terlebih dahulu. Hal inilah yang menjadikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

4. Pulau Poncan Gandang

Pulau Poncan Gadang merupakan pulau yang sangat dikenal dengan goa-goa Jepang yang eksotis. Konon menurut cerita warga setempat, ada banyak jasad tentara Jepang yang disembunyikan di goa itu dan belum diambil sampai sekarang

Ada banyak penginapan yang ditawarkan di Pulau Poncan. Para wisatawan yang akan menginap tentunya tidak akan merasa bingung di sini. Banyak penginapan di Sibolga dengan berbagai level harga yang ditawarkan. Selain itu, disini kita juga dapat menikmati keindahan laut saat matahari terbit.

5. Pulau Poncan Ketek

Satu lagi nama tempat wisata di Sibolga yang unik, ialah Pulau Poncan Ketek. Pulau Poncan Ketek merupakan salah satu pulau kecil yang berdekatan dengan Pulau Poncan Gadang. Di pulau ini fasilitas dan layanan juga sangat terbatas. Tidak heran jika pengunjungnya hanya beberapa orang saja. Namun bagi kamu yang ingin berfoto sambil menikmati udara laut, pulau ini sangat pas karena tidak banyak orang yang lewat.

6. Benteng Jepang di Bukit Ketapang

Untuk menambah pengetahuan sejarah, kamu wajib untuk berkunjung ke Benteng Jepang untuk hanya sekedar melihat apa saja barang atau bukti peninggalan sejarah pada masa penjajahan dahulu. Lokasi benteng ini berada di sekitar Bukit Ketapang.

Di benteng ini terdapat enam buah benteng yang memiliki nilai sejarahnya. Jika kamu sudah sampai disana dan melihat sendiri bagaimana indahnya pemAndangan sekitar, rasanya kamu tidak mampu untuk mendeskripsikan bagaimana gambaran pemandangannya.

7. Pantai Ujung Sibolga

Tempat wisata di Sibolga berikutnya yang tak kalah keren ialah Pantai Ujung Sibolga. Pantai ini memiliki keindahan yang tak kalah dari pantai-pantai lainnnya, maka tidak heran jika jumlah pengunjung yang datang selalu meningkat dari waktu ke waktu.

Bahkan lokasinya yang strategis yakni di Jantung kota Sibolga semakin membuatnya menarik dimata para wisatawan. Pantai ini juga menjadi tujuan alternative wisata terdekat bagi penduduk kota Sibolga yang ingin menenangkan pikiran.

Pantai ini memiliki pasir putih berwarna kecoklatan nan eksotis dengan paduan laut jernih membuatnya terlihat sangat indah.

8. Pulau Puteri

Pulau ini luasnya hanya setengah hektare saja. Namun, pemandangan pulau tetap terasa menawan dan eksotis. Di tempat wisata Sibolga ini, kamu juga bisa bermain di pasir putih sepuasnya. Selain itu, kamu juga bisa snorkling untuk menikmati alam bawah lautnya.

Untuk akses ke Pulau Putri, biasanya menggunakan kapal dari Pelabuhan Sibolga. Biaya sewa kapal dengan penumpang sebanyak 10-15 orang dengan perjalanan sekitar 2 jam dikenai harga Rp2 juta per kapal.

9. Bukit Tor Simarbarimbing

Destinasi wisata di Sibolga selanjutnya yang paling keren dan wajib kamu kunjungi ketika berada di Sibolga yaitu Bukit Tor Simarbarimbing. Lokasi ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan tidak bisa ditemukan di daerah lainnya. Bagi para pecandu ketinggian dan adrenalin, maka bukit ini menjadi wishlist yang tak boleh dilupakan begitu saja.

Di ketinggian bukit ini para wisatawan bisa menikmati keindahan alam yang tenang dengan pemandangan Teluk Tapian Nauli. Namun sebelum melihat panorama menakjubkan dari atas bukit ini, kamu harus melewati perjalanan yang cukup panjang. Sebab, kamu harus jalan kaki dari bawah bukit agar sampai ke puncak bukit yang tinggi.

Meskipun begitu, pengunjung tidak akan merasa bosan dan lelah ketika melakukan perjalanan jauh ini. Pasalnya, di sepanjang jalan terdapat keunikan tersendiri yaitu perkampungan suku nias yang cukup terkenal. Dengan ciri khas adat istiadat suku ini, kamu bisa sedikit terhibur saat berjalan menuju puncak Bukit Tor Simarbarimbing.

10. Benteng Simare-mare

Tempat wisata sejarah di Sibolga yang satu ini menawarkan pemandangan yang tidak biasa. Lokasinya yang dekat dengan pantai dan bukit akan sangat memanjakan mata.

Benteng Simare-mare sendiri merupakan salah satu peninggalan penjajah Jepang yang dulunya pernah dibangun. Lokasinya hanya berjarak 300 m dari arah pusat kota. Butuh waktu sekitar 35 menit saja karena rutenya cukup sulit.

Untuk bisa ke tempat-tempat wisata diatas, kamu tak perlu khawatir soal penginapan. Pasalnya, penginapan di Sibolga cukup banyak dan nyaman untuk kamu tinggali.

Selain tempat wisatanya, jangan lupa singgah untuk mencicipi kuliner khas Sibolga yang rasanya sudah tidak diragukan lagi.

Demikianlah rekomendasi tempat wisata di Sibolga yang bisa kamu kunjungi jika berlibur kesini. Selamat berlibur dan semoga bermanfaat!

Tag : #wisata sibolga    #sibolga    #travel    #tempat wisata    #wisata alam    #wisata sejarah   

Baca Juga