Tempat wisata di Surabaya, Jawa Timur

10 Tempat Wisata di Surabaya Paling Populer, Cocok untuk Liburan Tahun Baru

Wanovy | Travel | 29-12-2021

Siapa yang tak kenal dengan Kota Surabaya? Ibukota dari Jawa Timur ini merupakan kota terbesar kedua setelah Kota Jakarta.

Tak heran jika kota metropolitan ini telah menjadi tempat tinggal oleh jutaan jiwa. Semuanya pun serba modern di Surabaya, termasuk bangunan-bangunan seperti mall dan lain sebagainya. Karena itulah Surabaya kerap dijadikan destinasi wisata oleh para wisatawan.

Julukan kota Pahlawan memang sudah melekat pada diri kota ini. Perjuangan para pahlawan saat melawan penjajah di masa lalu dikenal sangat heroik.

Beberapa peninggalan pun sangat banyak dan beragam, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Tidak hanya itu, Kota ini juga memiliki beragam objek wisata modern yang dibuat sebagai sarana hiburan untuk masyarakat sekitar agar dapat dinikmati bersama keluarga.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut rekomendasi tempat wisata di Surabaya yang bisa kamu kunjungi bila sedang berlibur.

1. Tugu Pahlawan

Tempat wisata di Surabaya yang pertama adalah Tugu Pahlawan. Ini adalah destinasi wisata Surabaya terpopuler dan wajib dikunjungi.

Monumen yang dibangun di pusat kota Surabaya ini ditujukan untuk mengenang jasa pahlawan yang telah gugur.

Di bawah taman Tugu Pahlawan ini terdapat museum yang berisi foto dokumentasi pembangunan Tugu Pahlawan. Cocok ntuk wisata sejarah sekaligus edukasi.

2. Mangrove Wonorejo Rungkut

Tempat wisata di Surabaya yang berikut adalah Mangrove Wonorejo Rungkut. Mangrove Wonorejo termasuk hutan bakau lebat dengan banyak satwa. Kini, jalanan setapak kayu dibangun melintasi lebatnya hutan bakau ini.

Di destinasi wisata Surabaya yang populer ini, terdapat juga papan informasi yang menjabarkan aneka burung dan satwa yang hidup di sana.

Hutan mangrove yang cukup sejuk ini cocok untuk Anda yang ingin menghindar dari teriknya matahari di siang hari.

Di hutan mangrove ini Anda juga bisa mengelilingi hutan dengan perahu mungil. Pengunjung dewasa dikenakan biaya Rp25.000 dan anak-anak Rp15.000. Terdapat pula speed boat yang boleh disewa untuk berkeliling dengan harga sewanya Rp300.000 saja untuk enam penumpang.

3. Jembatan Suramadu

Selain Patung Suro dan Boyo, Surabaya juga punya destinasi ikonik lainnya. Apalagi kalau bukan Jembatan Suramadu.

Jembatan yang menghubungkan Surabaya dan Madura ini merupakan tempat wisata Surabaya yang cukup populer. Panjang jembatan di atas perairan selat Madura ini sekitar 5.500 meter.

Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan disini, seperti berfoto ria, mencari kerrang, naik perahu, atau menyebrang jembatan.

4. Monumen Parasamya Purnakarya Nugraha

Monumen Parasamya Punakarya Nugraha baru saja diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur pada Jumat, 28 Desember 2018 lalu. Monumen yang masih jadi satu kawasan dengan Kantor Gubernur Jatim ini sekaligus menjadi penanda Titik Nol Kilometer Surabaya, ibu kota Jawa Timur.

Kabarnya monumen ini didesain oleh I Nyoman Nuarta, seniman yang juga membuat patung Garuda Wishnu Kencana (GWK) di Bali.

5. Patung Suro dan Boyo

Selain Tugu Pahlawan, Surabaya juga memiliki patung yang jadi ikon kota yakni Patung Suro dan Boyo. Patung ini memiliki cerita bagaimana Kota Pahlawan bisa dinamakan menjadi Surabaya.

Tak afdol rasanya kalau ke Surabaya tapi enggak foto-foto berlatar patung hiu dan buaya ini. Ada beberapa titik untuk mengabadikan foto berlatar patung Suro dan Boyo. Salah satu spot yang terbaik adalah dari Taman Skateboard.

6. Kampung Arab

Keberagaman Indonesia tercermin dari banyaknya suku dan budaya yang dimiliki. Terdapat beberapa kampung di Surabaya yang dibagi berdasarkan etnisnya, salah satunya adalah .

Kampung ini dihuni oleh penduduknya yang mayoritas berasal dari Arab. Kampung Arab menjadi salah satu kampung yang dijadikan tempat wisata dan mendapat perhatian dari banyak wisatawan. Salah satu alasan utamanya adalah karena bisa dijadikan tujuan wisata religi.

Selain bisa mengenal budaya Arab yang masih kental, kamu juga bisa berburu suvenir mulai dari pakaian, minyak wangi, hingga peralatan ibadah yang dijual di kampung yang terletak di kawasan Ampel tersebut.

7. Hutan Bambu dan Taman Sakura Keputih

Tempat wisata di Surabaya yang selanjutnya adalah Hutan Bambu dan Taman Sakura Keputih. Jika Anda tertarik untuk melihat tanaman indah nan cantik, hutan bambu dan sakura bisa dijadikan pilihannya.

Nuansa asri dan sejuk bisa Anda nikmati di destinasi wisata Surabaya yang satu ini. Meskipun dipenuhi bunga-bunga cantik, pengunjung tidak diperbolehkan memetiknya. Jam operasional tempat wisata ini adalah mulai dari pukul 6 pagi hingga pukul 6 sore.

8. Surabaya North Quay

Temoat wisata Surabaya yang kedelapan adalah Surabaya North Quay. Surabaya North Quay adalah tempat bersandarnya kapal pesiar internasional yang lantas dijadikan tempat wisata di Surabaya.

Terletak di lantai 2 dan lantai 3 Terminal Gapura Surya Nusantara, Surabaya North Quay juga menyajikan hiburan live musik, wisata kuliner, hingga tempat berkumpulnya komunitas industri kreatif.

9. Museum House of Sampoerna

Surabaya juga dikenal memiliki tempat wisata berupa museum. Salah satunya yang wajib dikunjungi adalah . Museum kretek yang beralamat di Taman Sampoerna 6 ini awalnya merupakan tempat pertama produksi rokok Sampoerna.

Di sini kamu bisa mengenal sejarah kretek di Indonesia. Mulai dari mengenal jenis-jenis cengkeh, pemantik rokok, dan tentu saja bisa melihat proses pembuatan rokok. Museum ini juga menawarkan kepada pengunjung keliling Surabaya gratis dengan menggunakan sebuah bus.

Museum ini juga memiliki kafe dan tempat penjualan suvenir di lantai dua. Tentu saja museum ini juga cukup Instagramable untuk dijadikan spot foto.

10. Museum 10 November

Kalau kamu ingin mengetahui secara detail cerita tentang perjuangan masyarakat Surabaya saat melawan penjajah pada peristiwa 10 November 1945, museum ini adalah tempat yang tepat. Sebab, museum ini merupakan gudangnya dari cerita dan bukti sejarah perjuangan para pahlawan tersebut.

Lokasi ini tak jauh dari Tugu Pahlawan, masih sama-sama di Jalan Pahlawan. Di sini kamu bisa melihat-lihat foto dan lukisan dari situasi zaman perang. Ada juga benda koleksi dari bukti perjuangan Bung Tomo dan peralatan perang arek-arek Suroboyo. Lumayan, berwisata tapi edukasinya juga dapat.

Demikianlah rekomendasi tempat wisata di Surabaya yang bisa kamu dan keluarga kunjungi saat liburan di Kota Pahlawan ini. Semoga bermanfaat!

Tag : #surabaya    #tempat wisata    #wisata sejarah    #wisata alam   

Baca Juga