Pariwisata Bali

10 Tempat Wisata Paling Populer di Bali, Cocok Untuk Liburan

Wanovy | Travel | 20-12-2021

Bali terkenal sebagai tujuan pariwisata dengan keunikan berbagai hasil seni-budayanya, khususnya bagi para wisatawan Jepang dan Australia. Bali juga dikenal dengan julukan Pulau Dewata dan Pulau Seribu Pura

Tempat wisata di Bali pun berkembang dengan pesat dari tahun ke tahun dan ramai mendatangkan wisatawan, meskipun sempat terdampak pandemi Covid-19.

Keindahan Bali mengundang daya tarik wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Termasuk bagi wisatawan yang hendak berburu foto-foto Instagramable yang keren.

Berikut rekomendasi tempat wisata populer di Bali yang yang bisa menjadi pilihan ketika mengunjungi Pulau Dewata.

1. Tanah Lot

Sesuai dengan namanya, saat anda liburan ke pura Tanah Lot, Anda akan menemukan pura yang berada di atas batu karang besar dengan latar belakang laut selatan. Batu karang besar ini berada di tengah laut. Kemudian, pada saat air pasang, batu karang terlihat terpisah dengan daratan.

Daya tarik utama dari Tanah Lot temple terdapat pada keindahan pemandangan matahari terbenam, dengan siluet pura Tanah Lot. Berpadu dengan ombak laut selatan yang menerjang batu karang. Saat momen ini, akan terlihat banyak wisatawan yang akan mengambil foto dengan latar belangkang pura Tanah Lot.

2. Pantai Pandawa

Pantai berpasir putih ini cukup populer akhir-akhir ini karena menawarkan pemandangan yang begitu eksotis dan mempesona. Berada di Desa Kutuh, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung,pantai ini memiliki hamparan garis pantainya yang landai, bersih, serta bibir pantai yang agak luas, sehingga sangat cocok untuk dijadikan wisata bersama keluarga.

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda coba di tempat ini mulai dari berenang, bermain kano, mengunjungi 5 patung ksatria Pandawa, berselancar, merilekskan diri sejenak dengan pijat tradisional, dan masih banyak lainnya.

3. Pantai Kuta

Siapa yang tidak mengenal Pantai Kuta? Wisata pantai ini rasanya menjadi salah satu ikon wisata Pulau Dewata. Pesona dan keeksotisan di Pantai Kuta benar-benar tak bisa diragukan lagi. Sehingga tak heran jika setiap harinya pantai Kuta dipenuhi dengan wisatawan lokal maupun asing.

Ada banyak sekali aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan selama berada di pantai bali yang satu ini, mulai dari berjemur, bermain sepak bola pantai atau voli, berselancar, berjemur, dan masih banyak lainnya.

Pantai Kuta terbuka untuk umum dan pengunjung sama sekali tidak dikenakan tiket masuk.

4. Pura Uluwatu

Uluwatu temple atau Pura Luhur Uluwatu selalu menjadi tempat wisata populer untuk wisatawan yang pertama kali liburan ke pulau Bali. Hal menarik yang wisatawan dapat lihat di pura Uluwatu seperti lokasi pura yang berada di ujung atas tebing tinggi, dengan ketinggian tebing sekitar 70 meter dari permukaan air laut.

Selain itu, keunikan arsitektur pura juga terdapat banyak kera ekor panjang sekitar area pura seperti kera yang ada di Monkey Forest Ubud.

Menariknya lagi, dari atas tebing wisatawan dapat melihat pemandangan samudra Hindia.

Saat menjelang sunset, wisatawan dapat menyaksikan pemandangan sunset Samudera Hindia dari atas tebing tanpa halangan.

5. Bali Safari and Marine Park

Ini merupakan Taman Safari Indonesia 3 yang menjadi wisata menarik lainnya yang dapat Anda kunjungi selama di Bali. Tempat ini menjadi tempat penangkaran bagi hewan-hewan yang rawan punah.

Konsep dari Bali Safari and Marine park ini, pengunjung dapat menikmati pengalaman bersafari dimulai dari derah Bali Modern dan kemudian masuk ke daerah Bali kuno yang memberikan beberapa edukasi seputar sejarah, mitos, filosofi, dan lainnya yang berhubungan dengan kehidupan liar.

Satwa yang tinggal di Bali Safari and Marine Park ini merupakan jenis satwa yang berasal dari 3 wilayah, yaitu, India, Indonesia, dan Afrika. Kurang lebih sekitar 400 satwa mulai dri rusa tutul, harimau sumatera, beruang madu, jalak putih, beruang Himalaya, black buck, onta punuk satu dan masih banyak lainnya yang dapat anda lihat.

6. Garuda Wisnu Kencana

Garuda wisnu kencana atau GWK merupakan salah satu taman wisata budaya yang berada di Bali Selatan. Wisata ini memang cukup populer, terlebih saat ini pembangunan patung raksasai Garuda Wisnu Kencana sudah berhasil diselesaikan.

Anda bisa menikmati kemegahan patung karya I Nyoman Nuarta yang juga ditemani dengan keindahan bukit-bukit kapur di sekitarnya. Dan tak hanya itu saja, di GWK terdapat teater seni yang dimana anda bisa melihat berbagai jenis kesenian dan tarian bali setiap harinya.

7. Danau Baratan

Danau Baratan ada di Kawasan Bedugul, Candikuning, Baturiti, Tabanan, Bali, terletak di antara dua danau yakni Tamblingan dan Buyan.

Destinasi wisata ini bisa dibilang istimewa karena menyuguhkan pemandangan yang sangat indah, ditambah suasana sejuk nan asri.

Belum lagi di bagian tengah danau terdapat sebuah pura yang dikenal sebagai Pura Ulun Danu, tempat itu digunakan untuk melakukan pemujaan ke Sang Hyang Dewi Danu.

8. Kebun Raya Bali

Banyak sekali taman dan kebun indah nan asri di Bali, di antaranya yang paling menarik adalah Kebun Raya Bali.  Tempat ini selain promosikan sebagai lokasi wisata juga menjadi tempat konservasi sekaligus edukasi.

Tak perlu khawatir bila pengujung ingin banyak mengambil foto karena ada banyak sekali taman indah yang bisa dijadikan spot mengabadikan momen untuk diunggah di sosial media.

9. Ubud Monkey Forest

Tempat wisata Ubud memiliki banyak pilihan objek liburan serta aktivitas liburan seperti Ayung Rafting.

Dari sekian banyak pilihan objek wisata yang ada di Ubud, Ubud Monkey Forest selalu menjadi tempat wisata favorit wisatawan yang pertama kali liburan ke pulau Bali.

Hal menarik yang wisatawan dapat lihat saat liburan ke Monkey Forest Ubud seperti area hutan lindung dengan pepohonan yang sangat tinggi.

Selain itu, wisatawan juga dapat melihat kera ekor Panjang dan didalam area Monkey Forest Ubud tersebut juga terdapat Pura.

10. Desa Panglipuran

Jika Anda sering melihat sinetron-sinetron di salah satu stasiun televisi, mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan tampakan Desa Penglipuran.

Desa asat di Bali ini menjadi salah satu destinasi wisata yang tidak boleh terlewatkan saat berlibur di Pulau Bali.

Berada di desa Kubu, Kab. Bangli, desa penglipuran ini bertempat di ketinggian 700 mdpl. Sehingga bisa dibayangkan sendiri bagaiaman sejuknya udara saat Anda masuk ke kawasan Desan penglipuran.

Di desa Penglipuran, Anda masih bisa melihat suasana adat Bali yang begitu kental. Anda bisa melihat tampakan rumah-rumah penduduk yang bentuknya hampir sama.

Bahkan kemiripannya tersebut dapat dilihat pada bagian atap, dinding, hingga pintu rumah. Keunikan dari Desa penglipuran bisa menjadi wisata menarik yang dapat anda kunjungi saat liburan.

Selengkapnya mengenai Rekomendasi Tempat Wisata di Bali, lihat di channel YouTube Parboaboa.

Tag : #bali    #tempat wisata    #pariwisata    #pantai    #temple   

Baca Juga