Wisata Flores: Labuhan Bajo

10 Tempat Wisata Paling Populer di Flores NTT

Wanovy | Travel | 23-12-2021

Bukan rahasia lagi bahwa Flores adalah salah satu pulau di Indonesia dengan kekayaan alam yang luar biasa. Mayoritas turis mengunjungi Flores hanya pada ujung baratnya yaitu Labuan Bajo. Namun kalau sudah sampai sini, mengapa tidak eksplorasi Pulau Flores dengan lebih dalam?

Berikut ini rekomendasi tempat wisata yang wajib kamu kunjungi saat liburan ke Flores NTT.

1. Pulau Komodo

Kawasan Pulau Komodo sendiri adalah cagar alam dari Taman Nasional Komodo. Perlu diketahui bahwa kehidupan komodo di pulau ini benar-benar terjaga loh.

Walaupun hewan ini terlihat tenang, tetapi kamu tetap harus waspada. Karena komodo mempunyai air liur yang di dalamnya terdapat kandungan bakteri mematikan.

Ketika melakukan trekking di Taman Nasional Komodo sebaiknya tetap mengikuti petunjuk dari para pemandu agar bisa lebih berhati-hati dan bisa mengamati Komodo dari jarak dekat.

2. Pulau Padar

Wisata Flores ini memiliki bukit sebagai pos pandang terbaik untuk melihat lanskap pemandangan sekitar.

Yang pasti pemandangan yang tersedia sungguh indah dengan perpaduan antara pulau yang kokoh dan langit yang biru membuat anda semakin betah berlama-lama di pulau ini.

Bukit di Pulau Padar ini menjadi pos pandang paling istimewa untuk melihat lanskap lengkap yang menawarkan lukisan alam indah perpaduan antara langit biru dan pulau yang kokoh berdiri diantara deburan ombak laut.

3. Pulau Rinca

Objek wisata flores selanjutnya adalah Pulau Rinca. Salah satu aktivitas yang paling populer di Pulau Rinca adalah trekking sambil menikmati keindahan alamnya. Pulau Rinca mewakili keindahan daratan Flores yang memesona.

Tak berbeda jauh dengan Pulau Komodo, kamu juga bisa mendapati Komodo di Pulau Rinca.

Pulau Rinca termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Jika Banyuwangi memiliki padang savana di Baluran, Flores bagian Barat ini memiliki padang savana seperti di Afrika di Pulau Rinca.

4. Desa Wae Rebo

Desa Wae Rebo berlokasi di Ruteng, Kabupaten Manggarai, dan dikenal sebagai desa di atas awan. Betapa tidak, Wae Rebo terletak di ketinggian 1.200 mdpl.

Kamu harus mendaki sekitar 3-4 jam untuk tiba di desa terpencil ini. Wae Rebo hanya terdiri dari beberapa rumah adat. Inilah tempat yang tepat untuk berinteraksi langsung dengan warga lokal Flores. Panorama milky way jika cuaca sedang cerah juga akan mewarnai malam hangat kamu bersama warga lokal.

5. Cunca Wulang

Air terjun Cunca Wulang berlokasi di Mbeiling, sekitar 30 kilometer dari Labuan Bajo. Cunca Wulang cukup populer di kalangan masyarakat karena aliran airnya diapit oleh tebing yang menjulang tinggi.

Banyak wisatawan yang mencoba loncat dari atas batu untuk merasakan sensasi adrenalin sebelum menceburkan diri ke kolam alami yang luar biasa jernih.

6. Labuan Bajo

Tempat wisata di Flores selanjutnya adalah Labuan Bajo. Labuan Bajo merupakan pintu masuk menuju Taman Nasional Komodo. Labuan Bajo termasuk dalam destinasi diving para penyelam Internasional.

Selain diving, pelancong juga kerap menantikan matahari terbenam di pinggir pelabuhan Labuan Bajo. Karena menjadi salah satu akses untuk menuju Flores, kamu bisa menuju bandara Labuan Bajo.

7. Danau Kelimutu

Tempat wisata di Flores berikutnya yang wajib disambangi adalah Danau Kelimutu. Danau tiga warna ini tidak kalah populernya dengan Taman Nasional Komodo. Hal ini dikarenakan Danau Kelimutu menjadi salah satu ikon yang muncul pada gambar uang lembaran rupiah.

Keunikan Danau Kelimutu karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Ketinggia. Danau Kelimutu berada di 1.631 mdpl. Lokasinya berada di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende.

8. Pulau Kanawa

Nah, pulau berikutnya yang juga tak kalah populer yaitu Pulau Kanawa. Pulau Kanawa awalnya kurang terkenal. Tetapi pulau ini kini sudah dijadikan sebagai salah satu pilihan rekomendasi tempat wisata Flores yang harus kamu kunjungi sebagai pelancong.

Untuk luasnya sendiri, pulau Kanawa memiliki luas hingga 32 hektar. Dari Labuan Bajo, pulau ini terletak hanya 10 kilometer saja.

Aktivitas yang dapat kamu lakukan di Pulau Kanawa adalah snorkeling di dermaga hingga trekking keliling pulau. Bagaimana, cukup menarik bukan? Tempat ini memang terbilang cocok buat kamu yang ingin melihat dan menikmati keindahan alam yang luas.

9. Pantai Neam

Pantai Neam juga tak boleh terlewat untuk dikunjungi saat datang ke Nusa Tenggara Timur. Pemandangan yang begitu indah ditambah dengan pasir putih yang begitu cantik membuat para pengunjung betah dan nyaman berlama-lama disini.

Ditambah lagi, ombak di Pantai Neam ini cukup besar, jadi untuk kamu yang ingin memainkan permainan selancar bisa datang ke spot tersebut.

Disini juga banyak hotel dan penginapan, jadi kamu tak perlu khawatir jika ingin bermalam di Pantai Neam. Suasana malam hari disini juga tak kalah keren loh, beberapa event pun kerap diadakan untuk menghibur wisatawan disana.

10. Danau Sano Nggoang

Danau Sano Nggoang di Kawasan Hutan Mbeliling ini termasuk danau vulkanik yang berperan sebagai sumber air di daerah sekitar yaitu Labuhan Bajo. Banyak warga  menggantungkan kebutuhan airnya dari tempat tersebut.

Selain sebagai sumber air, Danau Sano Nggoang juga dibuka untuk umum dan dijadikan sebagai tempat wisata. Buat kamu yang ingin berendam dalama air panas, spot tersebut bisa dijadikan alternatif.

Tag : #flores    #ntt    #wisata flores    #tempat wisata   

Baca Juga