parboaboa

Kemenkes: 14 Pasien Masih Dirawat di RSCM Terkait Kasus Gagal Ginjal Akut

Maharani | Nasional | 16-11-2022

Ilustrasi. Kemenkes mengatakan 14 pasien gagal ginjal akut masih dirawat di RSCM. (Foto: Istock)

PARBOABOA, Jakarta – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan 14 anak masih dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) terkait gangguan ginjal akut progresif atipikal (GGAPA), karena mengalami kerusakan ginjal yang cukup parah.

“Jadi ada 14 orang yang masih dirawat, ada di RSCM. Seperti yang saya sampaikan tadi, dia masuk kategori stadium tiga, berarti memang kerusakan ginjalnya cukup parah dengan kondisi-kondisi yang lain,” kata juru bicara Kemenkes dr Mohammad Syahril, dalam konferensi pers daring, Rabu (16/11/2022).

Menurut Syahril, ke-14 pasien tersebut tidak memiliki komorbid atau penyakit penyerta karena masih anak-anak. Ia berharap pasien anak-anak itu lekas membaik setelah diberikan obat penawar fomepizole yang diimpor pemerintah dari luar negeri.

“Sebetulnya tidak ada penyakit komorbid yang lain, karena ini masih anak-anak semua. Mudah-mudahan dengan ada obatnya fomepizole, ini akan bisa membantu,” ujar Syahril.

Lalu, Syahril mengungkapkan sejak, Rabu (02/11/2022), tidak ada penambahan kasus terkait penyakit gagal ginjal akut ini.

“Dalam dua minggu terakhir terjadi penurunan kasus baru gagal ginjal akut progresif dan penurunan kasus kematian,” jelasnya.

Jadi hingga, Selasa (15/11/2022), kasus gagal ginjal akut berjumlah 324 kasus. Dengan rincian 111 anak telah sembuh, dan 199 anak meninggal dunia.

Dengan penurunan kasus ini, Kemenkes bersama RSCM, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), epidemolog, dan ahli forensik khusus toksikologi sudah memastikan penyebab kasus gagal ginjal akut yang meningkat sejak Agustus-Oktober lalu, disebabkan oleh intoksikasi atau keracunan obat sirop yang mengandung cemaran maupun zat murni etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG).

Berikut daftar terbaru obat sirup mengandung etilen glikol (EG) yang dilarang Kemenkes:

1. Flurin DMP Sirup dari PT Yarindo

2. Farmatama Unibebi Demam Syrup 60 ml dari PT Universal Pharmaceutical Industries

3. Unibebi Demam Drops 15 ml dari PT Universal Pharmaceutical Industries

4. Unibebi Cough Syrup 60 ml dari PT Universal Pharmaceutical Industries

5. Paracetamol Drops dari PT Afi Farma Pharmaceutical Industries

6. Paracetamol Sirup Rasa Peppermint dari PT Afi Farma Pharmaceutical Industries

7. Vipcol Sirup dari PT Afi Farma Pharmaceutical Industries

Editor: -

Tag: #kemenkes    #gagal ginjal akut    #nasional    #14 pasien dirawat    #rscm    #kasus gagal ginjal   

BACA JUGA

BERITA TERBARU