Alat pemadam api dan kotak P3K menjadi aksesoris mobil yang wajib dimiliki

15 Aksesoris Mobil yang Wajib Kamu Miliki, Bikin Berkendara Makin Nyaman

Sondang | Otomotif | 14-02-2022

PARBOABOA, Siantar - Kenyamanan adalah sesuatu yang paling dicari manusia. Layaknya berkendara, pemilik mobil akan mengupayakan segala hal untuk membuat kendaraannya nyaman seperti aksesoris.

Aksesoris mobil adalah salah satu aspek penting yang saat ini banyak diburu para pemilik kendaraan roda 4 tersebut. Meski tidak besar, namun fungsinya cukup vital untuk berkendara sehari-hari maupun kala menjalani perjalanan jauh.

Di samping itu, beberapa aksesoris yang biasanya dipasang pada mobil juga akan bermanfaat untuk membantu Anda selama di perjalanan. Bahkan, ada beberapa aksesoris yang penting ada di dalam mobil.

Berikut 15 Aksesoris Mobil yang Wajib Kamu Miliki

1. Phone holder

Aksesoris pertama yang wajib kamu miliki adalah Phone Holder. Benda ini sangat dibutuhkan apalagi ketika berkendara Global Positioning System (GPS). Jadi, pengemudi tak perlu lagi memegang hp untuk melihat arah jalan. Cukup tempatkan phone holder di dekat setir agar tidak menurunkan konsentrasi selama berkemudi.

2. Port USB

Kemudian ada port USB yang mempunyai julukan sebagai “kecil-kecil cabai rawit”. Benda kecil ini mempunyai banyak sekali fungsi. Pada umumnya, port USB berfungsi untuk menyambungkan komputer dengan perangkat lain.

Namun jika berkendara, port USB dapat mengisi ulang daya hp dan dapat disambungkan untuk memutar lagu atau keperluan lain. Multifungsi sekali bukan?

3. Anti-slip dashboard mobil

Lanjut, Anti-slip dashboard mobil yang berfungsi agar barang-barang seperti tissu, kunci, jam tangan, koin hingga ponsel tidak mudah jatuh saat diletakkan di dashboard mobil.

4. Tong sampah

Salah satu faktor yang membuat nyaman adalah kebersihan. Untuk menjaga kebersihan mobil, pengendara harus memiliki barang yang bernama tong sampah. Tong sampah kecil bisa menjadi alternatif agar sampah tidak berserakan dan tetap membuat mobil bersih.

5. Parfum mobil

Kemudian ada parfum mobil akan membuat mobil tetap harum sehingga berkendara tetap nyaman meski dilanda kemacetan. Parfum yang digunakan pun tidak asal-asalan. Pilihlah parfum yang sesuai dengan selera, seperti dedaunan, bunga, kopi, atau yang mengandung wewangian pantai.

6. Alat pemadam api

Kali ini tentang keamanan. Sebab, hal buruk bisa saja terjadi kapan pun dan dimana pun tanpa kita sadari. Meski tidak diinginkan, pengendara sebaiknya menyiapkan berbagai antisipasi untuk meminimalisasi hal tersebut.

Salah satunya dengan menyediakan alat pemadam api ringan (APAR) di dalam mobil. Kemudian simpan benda ini di bagian mobil yang mudah dijangkau dan tidak terpapar panas mesin serta sinar matahari langsung.

7. Kamera dashboard

Mirip dengan aksesoris sebelumnya, kamera dashboard sangat penting untuk dimiliki. Selain merekam perjalanan, benda ini bisa menjadi bukti jika terjadi kecelakaan yang melibatkan mobil Anda.

8. Organizer

Supaya perjalanan lebih nyaman, biasanya pemilik mobil akan melengkapi kendaraannya dengan berbagai barang yang dibutuhkan. Namun karena tempat yang terbatas, tak sedikit penumpang yang menempatkan barang-barang yang dibutuhkan tersebut dengan asal-asalan.

Untungnya sudah ada solusi untuk mengatasi hal tersebut. Aksesori yang akan menjawabnya adalah car seat organizer. Kini sudah tersedia banyak model organizer mobil, dari yang minimalis hingga yang lengkap dengan tatakan tablet, penyimpanan tisu, botol minum, dan sebagainya.

9. Tongkat E-Toll

Pengguna jalan tol kadang kesulitan tap e-toll card dari dalam mobil. Tapi sekarang sudah ada tongkat untuk bayar e-toll atau biasa disebut dengan ‘tongtoll’.

Tongtoll sendiri merupakan tongkat yang dilengkapi dengan penjepit untuk kartu uang elektronik. Dengan dijepit menggunakan tongtoll, kartu uang elektronik tidak akan terjatuh saat di tap.

10. Kunci stir

Kunci stir mobil merupakan salah satu aksesoris pada mobil yang wajib ada. Pasalnya, alat ini memiliki fungsi sebagai pengaman ketika mobil sedang tidak digunakan. Menggunakan kunci stir menjaga dan menjadi perlindungan kedua ketika mobil Anda berhasil dibobol maling.

11. Vacuum cleaner

Abu rokok, remah-remah biskuit, tanah, dan bermacam-macam pengotor lainnya sering kali membuat suasana di dalam mobil tidak nyaman. Selain kotor, baunya juga terkadang mengganggu. Vacuum cleaner mobil adalah solusi jitu untuk Anda yang ingin membersihkan bagian dalam mobil hingga ke sudut-sudut tak terjangkau tangan.

12. Kotak P3K

Kotak P3K sangat penting dimiliki setiap mobil. Hal ini pun sudah diatur dalam peraturan pemerintah. Fungsinya, tentu saja supaya jika terjadi kecelakaan bisa ditangani dengan cepat dan efektif. Hal ini akan membantu mengantisipasi kesakitan lebih lanjut sampai bantuan medis tiba.

13. Tirai kaca mobil

Tirai mobil menjadi salah satu aksesori yang krusial dan penting untuk dimiliki. Benda ini berfungsi untuk menyaring sinar matahari sehingga Anda tidak merasa silau ketika melakukab perjalanan jauh.

Selain itu, tirai mobil juga berguna untuk melindungi barang-barang berharga Anda dari pencuri. Dengan memakai tirai, maka pencuri tak tahu barang berharga apa yang ada di dalam mobil.

14. Palu penghancur kaca mobil

Palu pemecah kaca merupakan alat yang kerap kali turut serta mendampingi para pengemudi mobil. Dalam keadaan darurat, palu ini amat berfungsi untuk memecahkan kaca sehingga orang yang terperangkap di dalam mobil bisa keluar.

15. Klip kabel

Terakhir, aksesoris yang wajib kamu miliki adalah klip kabel berfungsi membuat mobil tampak tidak berantakan. Benda ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki kabel USB khusus di mobil.

Berbagai aksesori interior mobil yang paling penting tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah dan murah secara daring maupun langsung ke toko-toko terkait.

Itulah 15 aksesoris mobil yang wajib kamu miliki.

Tag : #mobil    #aksesoris mobil    #otomotif   

Baca Juga