Penampakan 230 Paus Terdampar di Pantai Barat Australia (Foto: NRE Tasmania/Handout via REUTERS)

Misterius! 230 Paus Terdampar di Pantai Barat Australia, Sebagian Besar Ditemukan Mati

Sari | Internasional | 23-09-2022

PARBOABOA, Australia – Sekitar 230 paus ditemukan terdampar di Ocean Beach, sepanjang pantai di Tasmania, Australia, pada Rabu (21/09/2022). Menurut laporan dari pejabat setempat, sebagian besar dari paus tersebut ditemukan mati.

Disinyalir paus yang terdampar itu mengalami kelelahan setelah lama mencari makanan. Seringkali paus mati karena mengalami dehidrasi, ambruk akibat bobot tubuhnya sendiri, atau tenggelam saat air pasang hingga menutupi lubang semburnya.

Melansir dari CNN, sekitar 200 paus ditemukan mati, kini para petugas berupaya menyelematkan paus yang tersisa.

"Kami terutama fokus pagi ini untuk benar-benar terlibat dalam operasi penyelamatan itu dan membebaskan (para paus)," kata Brendon Clark dari Tasmania Parks and Wildlife Service.

"Kami sadar bahwa beberapa dari mereka mungkin kembali ke pantai sendiri, jadi kami akan (terus) memantau itu," tambahnya

Sebelumnya, tim penyelamat yang berada di lokasi memperkirakan sekitar setengah dari paus itu masih hidup. Namun, seiring berjalannya waktu, para paus tidak mampu bertahan dan akhirnya mati.

Otoritas berwenang West Coast Council, David Midson mendesak orang-orang untuk menjauh dari pantai itu sementara waktu.

"Paus adalah spesies yang dilindungi, bahkan setelah mati, dan mengganggu bangkai adalah pelanggaran," kata departemen lingkungan.

Pejabat lingkungan negara bagian mengatakan, sepanjang hari tim berusaha mendorong paus yang beratnya hampir satu metrik ton per ekor itu untuk kembali ke habitatnya. Akan tetapi, pejabat Badan Taman dan Satwa Liar Tasmania mengatakan, debur ombak pada Rabu (21/9) malam terlalu kuat, sehingga menyulitkan para petugas.

Ahli Biologi Kelautan Departemen Lingkungan Tasmania Sam Thalman menyebutkan, wilayah Ocean Beach dan Pelabuhan Macquarie di dekatnya memang menjadi lokasi yang sering terdapat paus terdampar. Demikian dilansir dari VoA.

Sebelumnya, pada dua tahun lalu di lokasi yang sama, paus dalam jumlah terbesar sepanjang sejarah Australia, di mana ditemukan sekitar 470 ekor paus pilot terdampar dan petugas penyelamat hanya mampu membantu 100 ekor untuk kembali ke laut.

Tag : #australia    #paus terdampar    #internasional    #mamalia    #paus pilot    #pemanasan global   

Baca Juga