Pengendara motor berkendara di tengah derasnya hujan

3 Barang yang Perlu Dibawa Pengendara Motor Saat Musim Hujan

Sondang | Otomotif | 17-02-2022

PARBOABOA, Siantar - Sepeda motor merupakan alat transportasi yang lebih banyak ditemukan di Indonesia dibandingkan mobil. Selain harga yang jelas berbeda, sepeda motor juga menjadi andalan untuk menerjang macet.

Namun akhir-akhir ini, hujan terus mengguyur sejumlah wilayah di Indonesia. Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) Johanes Lucky mengingatkan para pengendara, terutama pengguna sepeda motor untuk lebih waspada selama musim hujan dengan intensitas tinggi belakangan ini.

Menurut Lucky, berkendara saat hujan merupakan aktivitas yang memiliki potensi bahaya cukup tinggi, mulai dari jarak pandang yang berkurang, jalan licin maupun angin kencang yang menerpa pengendara.

Maka dari itu, pengendara sepeda motor harus mempersiapkan perlengkapan berkendara tambahan saat musim hujan, seperti jas hujan setelan, jas hujan sepatu, dan sarung tangan daya serap air rendah.

 “Kecermatan sebagai bikers dalam memilih perlengkapan mengendarai sepeda motor saat hujan tentu akan makin mendukung kenyamanan dan keamanan dalam berkendara," kata Lucky dalam keterangan tertulisnya, Selasa (16/2).

Berikut perlengkapan tambahan yang harus dibawa pengendara sepeda motor ketika musim hujan:

1. Jas Hujan Setelan

Bagi para pemotor yang mesti tetap berangkat walaupun hujan sedang berpesta, penggunaan jas hujan menjadi suatu keharusan. Jangan malah menerobos hujan tanpa perlindungan. Maka sangat diwajibkan bagi para pemotor untuk memiliki jas hujan di dalam jok agar bisa digunakan ketika harus bergerak dibawah guyuran air.

Selain melindungi tubuh dari hujan, fungsi jas hujan mengurangi rasa dingin dan dapat menjaga tas dan barang bawaan terhindar dari hujan. Disarankan para pengendara menggunakan jas hujan jenis setelan atau two pieces (dua potong, atasan dan celana bawahan) dengan warna yang cerah atau terdapat garis warna terang pada jas hujan yang dapat menyala apabila terkena lampu dari pengendara lain.

2. Jas Hujan Sepatu

Hingga kini, masih ada saja pemotor yang menanggalkan sepatunya karena takut basah. Padahal sudah ada yang namanya jas hujan sepatu atau shoes raincoat. Benda ini dapat melindungi sepatu kita agar tetap kering meski berkendara dalam keadaan hujan.

Jadi, sepatu tetap bisa dipakai tanpa takut basah, dan kaki tetap terlindungi. Harganya pun tak menguras kantong. Pembungkus sepatu itu bisa dibeli dengan harga mulai Rp 30 ribuan, ada juga mantel pembungkus sepatu yang harganya lebih mahal.

3. Sarung Tangan

Sarung tangan merupakan salah satu piranti dalam keselamatan berkendara untuk melindungi area tangan dengan tetap menjaga kemampuan pengendalian sepeda motor. Dalam kondisi musim hujan, pengendara sepeda motor disarankan menggunakan sarung tangan yang memiliki daya serap air rendah dan harus tetap menutupi seluruh ruas jari tangan pengendara.

Pilihlah sarung tangan berbahan kulit yang memiliki daya serap air yang rendah, sehingga tidak licin saat harus memutar tuas gas saat hujan dan tetap nyaman dipakai.

Itulah perlengkapan tambahan yang harus dibawa pengendara sepeda motor ketika musim hujan.

Tag : #sepeda motor    #hujan    #otomotif   

Baca Juga