Ketua DPW Partai NasDem DIY Subardi (Foto: MI/Agus Utantoro)

NasDem Akan Usulkan 3 Nama Capres ke Paloh, Ada Anies Baswedan

Sondang | Politik | 04-05-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Steering committee dan organizing committee Partai Nasional Demokrat (NasDem) saat ini tengah mempersiapkan penyelenggaraan rapat kerja nasional (rakernas) yang digelar pada 15-17 Juni 2022 di Jakarta Convention Center.

Dalam rakernas tersebut, terdapat salah satu agenda yang menyebutkan bahwa kader akan merekomendasikan tiga nama calon presiden 2024 kepada Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh untuk diputuskan siapa yang bakal diusung.

Di antara nama yang beredar, terdapat nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

"Kami mengusulkan tiga nama berdasarkan hasil survei internal. Anies, Ganjar dan Andika adalah tokoh teratas berdasarkan survei yang diinginkan masyarakat Yogyakarta," kata Ketua DPW NasDem DIY, Subardi, melalui keterangan tertulis, Rabu (4/5).

Nama itu mempertimbangkan dari survei internal. Terlihat dari keterpilihan dan efek perolehan suara bagi Partai NasDem di Yogyakarta. Selain berbasis survei, ketiganya juga merupakan usulan dari kader-kader DPW NasDem se-DIY.

"Jadi ini bagian dari demokrasi di dalam NasDem. Usulan tersebut akan dibawa ke Rakernas. Tentu Ketua Umum memiliki pertimbangan khusus," tambahnya.

NasDem Jogja pun berharap, poros koalisi yang dibangun DPP dapat mencakup dari ketiga nama tersebut. Meski demikian, seluruh struktur NasDem di Yogyakarta akan siap memenangkan siapa pun kandidat yang akan diputuskan oleh Surya Paloh.

"Bisa saja ketiganya menjadi daya tawar untuk membangun koalisi untuk 2024. Tetapi sekali lagi, mesin partai di seluruh DIY akan mendukung siapapun capres pilihan NasDem," terang Subardi.

Mereka juga meyakini bahwa strategi Surya Paloh akan membawa kiprah Partai NasDem menjadi semakin besar. Subardi menjelaskan, sistem demokrasi yang berjalan dari bawah dalam penentuan calon presiden akan mencegah pro dan kontra di internal.

"Pak Surya memiliki insting politik luar biasa. Terbukti dua pemilu sebelumnya NasDem menang dan meraih peringkat 4 besar di parlemen. Saya yakin keputusan nanti tidak akan memicu pro dan kontra di internal," pungkasnya.

Tag : #nasdem    #paloh    #politik    #capres 2024    #anies baswedan    #ganjar pranowo    #andika perkasa   

Baca Juga