Interview kerja (Foto: Pexels)

30 Jawaban Untuk Kelebihan Dan Kekurangan Diri Saat Interview, Pasti Lolos!

Sondang | Pendidikan | 09-04-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Saat melamar pekerjaan, salah satu tahapan yang akan Anda lalui adalah interview. Interview kerja merupakan tahapan yang akan menentukan apakah Anda akan diterima atau tidak dalam sebuah pekerjaan.

Pada setiap interview kerja, biasanya Anda akan diminta untuk menjelaskan kelebihan dan kekurangan, atau sering disebut sebagai kekuatan dan kelemahan diri sendiri. Pertanyaan ini terlihat sederhana, namun tidak jarang beberapa kandidat yang kebingungan untuk menjawabnya.

Nah, supaya proses wawancaramu bisa berjalan dengan mulus, berikut sejumlah jawaban yang bisa Anda gunakan untuk menjawab pertanyaan tentang kelebihan dan kekurangan diri saat interview.

15 Jawaban Untuk Kelebihan Diri Saat Interview

1. Percaya diri

Jawaban yang pertama untuk pertanyaan tentang kekurangan dan kelebihan diri saat interview adalah percaya diri. Artinya, Anda percaya dengan kemampuan yang ada pada dirimu sendiri. Sampaikan kelebihan ini dengan kalimat dan bahasa tubuh yang sesuai agar Anda tidak terkesan narsis atau arogan.

2. Mampu bekerjasama dengan tim

Dalam dunia kerja, Anda tentu akan dihadapkan dalam situasi bekerja sendiri atau harus bekerja dengan orang lain alias tim. Karena itu, kemampuan kolaborasi dan kerja tim adalah kelebihan yang bisa Anda sampaikan.

3. Fleksibel

Fleksibel, gampang bergaul dan bisa nyambung sama siapa saja merupakan salah satu kelebihan yang dibutuhkan dalam perusahaan. Melontarkan jawaban ini kala ditanya perihal kelebihan dan kekurangan diri akan membuat Anda tampak luwes.

Maksudnya, Anda bisa ditempatkan di berbagai posisi sesuai kebutuhan perusahaan. Jawaban fleksibel pun kerap kali menjadi pilihan utama kandidat saat diminta rekruter untuk menjelaskan kekuatan diri mereka.

4. Jujur

Berikutnya, Anda bisa jelaskan pada rekruter bahwa Anda adalah seseorang yang jujur. Anda dapat menerangkan pada mereka bahwa Anda tidak malu untuk mengajukan pertanyaan bila tidak memahami sebuah tugas.

Jawaban ini akan membuat perusahaan lebih tertarik karena mereka tahu bahwa Anda adalah calon karyawan yang akan menciptakan hasil kerja terbaik.

5. Menyukai hal baru

Jawaban untuk kekuatan lainnya saat ditanya perihal kelebihan dan kekurangan diri adalah senang mempelajari hal baru. Hal ini cukup digemari perusahaan, karena mereka biasanya akan memberikanmu berbagai jenis tugas yang terkadang berada di luar dekripsi tugas.

Di sini, Anda bisa katakan bahwa dengan belajar hal-hal baru, Anda merasa tertantang dan ingin berusaha untuk menguasai hal tersebut. Anda juga bisa jelaskan bahwa Anda merasa puas jika bisa menambah skill baru dari jenis-jenis tugas yang belum Anda kenali dengan baik.

6. Memiliki kepribadian yang menyenangkan

Karyawan dengan kepribadian yang menyenangkan juga tengah menjadi incaran setiap perusahan. Menyenangkan di sini berarti seseorang yang disukai oleh banyak orang dan sejatinya mudah bergaul.

Jawaban seperti demikian akan menunjukkan bahwa Anda memiliki banyak relasi dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Namun, ketika memberikan jawaban ini, jangan lupa untuk tinggalkan kesan positif dan ramah pada rekruter agar terlihat lebih meyakinkan.

7. Tidak Mudah Menyerah

Ketika ditanya perihal kelebihan dan kekurangan diri, tidak mudah menyerah merupakan salah satu kekuatan yang dicari-cari oleh rekruter.

Sebab, di era modern ini, akan muncul banyak tantangan dan inovasi baru yang bisa terasa melelahkan. Maka dari itu, individu dengan kelebihan ini diperlukan oleh banyak perusahaan. Mereka membutuhkan karyawan yang kuat dan tidak mudah tumbang.

8. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik

Seorang komunikator yang andal merupakan salah satu jawaban utama yang dicari rekruter saat mengajukan pertanyaan kekuatan dan kelemahan diri.

Hal ini berlaku karena setiap perusahaan membutuhkan karyawan yang dapat mengajukan pendapat dan saran tanpa rasa ragu.

Saat Anda menggunakan jawaban ini, pastikan penjelasanmu tidak bertele-tele dan mudah dipahami rekruter.a

9. Kreatif

Seseorang memiliki tingkat kreatif yang tinggi akan sangat mudah dalam mencari pekerjaan. Jawaban ini bisa membuatmu terlihat istimewa di mata rekruter.

Sebab, banyak perusahaan yang saat ini selalu bekerja untuk meraih inovasi baru. Nah, dengan karyawan yang kreatif, perusahaan bisa mendapatkan target bisnis dengan lebih cepat.

Saat menjawab pertanyaan ini, sertakan contoh terkait hasil kreativitasmu di kantor lama agar tidak terlihat mengada-ada.

Lihat Juga: Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Dari Email

10. Rapi dan terorganisir

Rapi dan terorganisir juga menjadi kelebihan yang disenangi perekrut. Dengan kelebihan ini, Anda dinilai bisa bekerja dengan rapi, memperhatikan detail, dan bisa menyelesaikan setiap pekerjaan dengan baik tanpa ada yang terlewat.

Anda bisa menceritakan bagaimana Anda menyelesaikan pekerjaan dengan rapi, membuat to-do list, dan selalu menyelesaikan semua pekerjaan tepat waktu.

11. Berinisiatif tinggi

Perusahaan tentu menyukai karyawan yang memiliki inisiatif tinggi. Jika Anda adalah orang yang demikian, Anda bisa menyampaikan ini sebagai kelebihan.

Sampaikan bahwa Anda terbiasa menyelesaikan pekerjaan tanpa menunggu disuruh oleh atasan. Anda juga bisa menceritakan contoh inisiatif yang sudah Anda lakukan di perusahaan lama atau di organisasi selama kuliah untuk meyakinkan perekrut.

12. Mampu memimpin tim

Kepemimpinan adalah kemampuan dalam memberi pengaruh kepada orang lain agar mau mencapai tujuan bersama.

Anda bisa menyampaikan kelebihan ini dengan menceritakan pengalaman memimpin dalam pekerjaan sebelumnya atau dalam sebuah organisasi.

Misalnya, pernah menjadi ketua panitia, ketua BEM, ketua himpunan mahasiswa, dan lainnya. Jika ada perubahan baik selama Anda memimpin, ceritakan juga hal tersebut, ya.

13. Memiliki kemampuan problem solving

Jawaban selanjutnya terkait kelebihan diri yang bisa Anda jawab adalah kemampuan problem solving. Di sini, Anda bisa terangkan pada pihak rekruter bahwa Anda lihai dalam mengatasi semua masalah yang Anda temui.

14. Menguasai passion pada bidang yang dilamar

Sebelum melamar suatu pekerjaan, Anda tentu harus passion pada bidang yang dilamar. Hal ini bisa menjadi salah satu jawaban ketika ditanya perihal kelebihan dan kekurangan diri saat interview.

Karyawan yang bekerja dengan passion tinggi biasanya akan bertahan lama pada satu perusahaan dan menghasilkan kualitas kerja yang mumpuni.

15. Menguasai berbagai hard skill

Jawaban terakhir untuk kelebihan saat ditanya perihal kekuatan dan kekurangan diri adalah menguasai berbagai hard skill.

Sekarang ini, perusahaan harus berkutat dengan banyak perubahan, termasuk perkembangan teknologi dan kebutuhan untuk beradaptasi.

Nah, hasilnya perusahaan akan mengutamakan kandidat dengan kemampuan hard skill yang mumpuni, terutama di bidang-bidang IT dan management.

Maka dari itu, menguasai kemampuan di bidang-bidang tersebut akan membuatmu lebih unggul dibandingkan kandida lainnya.

15 Jawaban Untuk Kekurangan Diri Saat Interview

1. Belum memiliki pengalaman yang cukup

Kelemahan pertama saat ditanya tentang kelebihan dan kekurangan diri adalah belum memiliki pengalaman kerja yang cukup.

Sangat wajar jika sebagai seorang fresh graduate belum memiliki banyak pengalaman. Namun untuk mengatasi hal ini, Anda harus menunjukan sisi positif lain diri yang dapat dipertimbangkan. Misalnya, soft skill apa yang Anda miliki, atau kursus apa yang pernah Anda ambil berkaitan dengan pekerjaan ini.

2. Kurang menguasai bahasa asing

Sudah menjadi hal umum jika bahasa asing menjadi salah satu syarat untuk bekerja di suatu perusahaan, apalagi jika perusahaan tersebut memiliki klien atau hubungan yang erat dengan orang asing.

Namun jika belum mumpuni dalam skill ini, setidaknya diharapkan Anda sudah mulai paham sehingga tetap memiliki penilaian yang baik di mata HRD.

3. Kompetitif

Jawaban kekurangan berikutnya yang bisa Anda gunakan adalah sifat kompetitif. Jawaban ini akan menunjukkan bahwa Anda hanya bekerja dengan baik jika ada tujuan yang ingin dicapai atau seseorang untuk dikalahkan.

4. Impulsif

Kemudian impulsif. Anda bisa sampaikan pada rekruter bahwa sikap impulsif ini terkadang membuatmu lupa akan konsekuensi dari pilihan yang diambil. Namun, kelemahan ini juga bisa menunjukkan bahwa Anda bisa bertindak cepat tanpa terlalu banyak melakukan pertimbangan.

5. Terlalu extrovert

Sejatinya, menjadi extrovert di tempat kerja adalah sebuah keuntungan. Sebab, Anda bisa beradaptasi pada kondisi lingkung baru dengan cepat.

Namun, terkadang karyawan harus bekerja secara remote, dan hal tersebut bisa menjadi penghambat bagi seorang extrovert.

Sebagai solusi, paparkan pada rekruter bahwa Anda sudah menemukan cara-cara terbaik untuk mengatasi rasa gelisah saat bekerja secara mandiri.

6. Sulit mengambil keputusan

Jawaban lainnya untuk contoh kelemahan diri adalah bahwa Anda sulit mengambil keputusan. Di sini, Anda bisa sampaikan bahwa Anda tidak pernah merasa yakin tentang apa pun. Rasa ragu bisa membuatmu kesulitan ketika dihadapi oleh berbagai keputusan.

7. Tidak sabaran

Ketidaksabaran mungkin dapat dilihat sebagai hal yang negatif oleh calon perusahaan karena mungkin saja Anda dianggap tidak mudah mentoleransi segala hal yang lambat atau bahkan mudah marah.

Namun, seperti kekurangan yang lain, Anda dapat mengatakan bahwa kurang sabarnya Anda adalah karena Anda ingin menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.

8. Terlalu kritis terhadap diri sendiri

Terlalu kritis dengan diri sendiri dapat menjadi jawaban kelemahan yang baik. Di sini, Anda bisa terangkan bahwa Anda sangatlah kritis dengan semua pekerjaan yang diberikan oleh atasan.

Sayangnya, terkadang kekurangan ini bisa membuatmu mudah lelah atau enggan menerima bantuan rekan kerja. Sebagai solusi, sampaikan bahwa Anda sudah mencoba memperbaiki diri dengan lebih menghargai pekerjaan yang diselesaikan.

9. Mudah kecewa

Mudah kecewa merupakan jawaban kelemahan yang baik kala rekruter bertanya terkait kekuatan dan kelemahan diri. Anda bisa sampaikan jawaban ini dengan keterangan yang logis.

Jelaskan kepada calon perusahaan bahwa kekurangan ini berhubungan dengan kinerja. Contohnya, Anda akan menyesal dan kecewa saat Anda gagal mencapai target yang ditentukan perusahaan.

10. Kurang percaya diri

Nah, jawaban satu ini cocok bagi Anda yang memiliki kepribadian tertutup. Anda bisa sampaikan pada pihak rekruter bahwa Anda merasa kurang nyaman saat harus berbicara di tengah orang banyak. Meskipun demikian, jelaskan juga kalau Anda sudah berusaha memperbaiki diri.

11. Keras kepala

Keras kepala juga bisa menjadi jawaban kelemahan yang baik saat rekruter bertanya perihal kelebihan dan kekurangan diri.

Anda bisa terangkan bahwa tidak ada hal yang bisa mengubah pikiranmu setelah sudah mengambil keputusan. Selain itu, jelaskan juga bahwa hal ini terjadi karena tekad dan kemampuan perencanaanmu yang kuat.

12. Kurang rapi

Jawaban selanjutnya untuk contoh kelemahan diri saat ditanya perihal kelebihan dan kekurangan adalah kurang rapi.

Anda bisa sampaikan bahwa terkadang Anda kurang andal dalam mengelola pekerjaan. Hasilnya, terkadang banyak dokumen yang perlu dibuat menjadi 2 copy.

Nah, sebagai solusi, jelaskan bahwa Anda sudah menemukan berbagai cara mumpuni untuk mengakali kekurangan ini.

13. Terlalu introvert

Terlalu introvert dapat menjadi salah satu alasan yang menarik ketika ditanya perihal kelebihan dan kekurangan diri saat interview.

Sebab, dalam lingkup dunia kerja, karyawan tidak bisa membenamkan dirinya dan menjadi pribadi yang terlalu tertutup.

Mereka harus bisa beradaptasi dalam lingkungan yang kolaboratif dengan lini masa yang bergerak secara pesat.

Meskipun hal tersebut merupakan hambatan bagi introver, paparkan bahwa Anda sudah mulai mencari cara agar bisa menjadi pribadi yang lebih terbuka.

14. Kurang Terorganisir

Kalau Anda bukan orang yang rapi secara alami, usahakan bahwa sifat ini tidak terbawa ke pekerjaan Anda. Jika sampai menyangkut pekerjaan, seperti e-mail Anda yang umumnya tidak tertata, maka Anda dapat mengakalinya dengan menjawab bahwa belakangan ini sudah mulai rutin diorganisir setiap tiga hari sekali.

15. Terlalu Perfeksionis

Salah satu contoh kekurangan diri saat interview yang sering kita ketahui yaitu terlalu perfeksionis. Sebagai orang yang terlalu perfeksionis, biasanya Anda akan menghabiskan waktu lebih banyak untuk menyempurnakan kerjaan Anda. Hal ini memiliki sisi positif dan negatifnya tersendiri.

Anda dapat menunjukkan bagaimana Anda tetap maju bersama tim Anda di perusahaan sebelumnya dan bagaimana Anda berusaha mengontrol tingkat keperfeksionisan Anda tersebut saat menjawab pertanyaan kelebihan dan kekurangan saat interview.

Dari penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa tahap interview atau wawancara tidak sesulit yang Anda bayangkan. Cukup jawab pernyataan yang dilontarkan oleh pihak perekrut sesuai dengan kata hati Anda. Simpel bukan? Selamat Mencoba!

Tag : #interview    #wawancara    #pendidikan    #kelebihan diri    #kekurangan diri   

Baca Juga