Bekal Menyambut Bulan Suci Ramadhan (Lamsari/Parboaboa.com)

5 Bekal Menyambut Bulan Suci Ramadhan 2022

Sari | Pendidikan | 31-03-2022

PARBOABOA - Hari ini kita sudah memasuki penghujung bulan Syahban, dengan demikian Ramadhan 2022 tinggal 2 hari lagi. Menurut Kalender Islam Global 1443 H, awal puasa Ramadhan 2022 jatuh pada hari Sabtu, 2 April 2022. Namun untuk kepastiannya akan tetap menunggu hasil sidang isbat Kementerian Agama.

Doa menyambut bulan Ramadhan yang dicontohkan nabi Muhammad SAW berbunyi,

Allahumma ahillahu 'alainaa bil yumni wal iiman, wassalaamati wal islaam robbi warobbukallah

artinya: "Ya Allah anugerahkan awal Ramadhan kepada kami dengan ketenangan, kedamaian, kekuatan iman, keselamatan, kesehatan, diberikan kekuatan untuk ibadah dalam keislaman dan diikhlaskan karena Allah SWT."

Dalam menyambut bulan Ramadhan, hendaknya umat islam menyambutnya dengan perasaan yang gembira dan menyiapkan bekal persiapan yang matang. Walaupun bulan puasa sudah di depan mata, belum terlambat waktunya mempersiapkan bekal untuk menyambut Ramadhan.

Setidaknya ada 5 bekal yang harus dipersiapkan untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Persiapan yang matang wajib dilakukan setiap muslim, mengingat keutamaan Ramadhan. Dari Abu Huraurah Nabi Muhammad SAW bersabda, yang artinya:

"Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan ihtisab, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR Al-Bukhari)

Berikut 5 bekal menyambut bulan suci Ramadhan 2022:

1. Persiapan Fikriyah (Ilmu)

Fikriyah disebut juga dengan Aqliyah atau akal. Memiliki ilmu sebelum melakukan amalan sangat penting, karena tanpa adanya ilmu maka ibadah kita akan sia-sia.

Setiap umat Islam wajib mempelajari ilmu fiqih tentang puasa atau ilmu yang berkaitan dengan ibadah di bulan suci Ramadhan. Dengan kita mengetahui ilmunya, maka ibadah puasa Ramadhan menjadi lebih berkualitas dan bernilai di sisi Allah SWT.

2. Persiapan Jasadiyah (Fisik)

Bekal menyambut Ramadhan selanjutnya adalah persiapan fisik. Dengan memiliki fisik yang kuat, umat muslim dapat menjalankan amaliyah Ramadhan seperti puasa, Qiyamullail (salat malam Ramadhan/salat tarawih), tadarus Al-Qur’an dan perbuatan amal saleh.

3. Menyiapkan Target Ibadah Selama Ramadhan

Memiliki target selama Ramadhan akan membantu kita untuk menyemangati diri dan mengerjakan kebaikan saat Ramadhan. Contohnya, pasang target untuk meng-khatamkan Al-Qur’an, target sedekah, dan salat tarawih sebulan penuh.

4. Menjauhkan Diri dari Perbuatan Maksiat

Menjauhkan diri dari perbuatan maksiat akan mempermudah kita menjalankan ibadah selama bulan suci Ramadhan. Ibadah yang kita lakukan akan terasa lebih khusyuk. Selain itu, perasaan ikhlas dalam hati juga akan mengalir.

5. Persiapan Nafisyah (Kejiwaan)

Bekal menyambut bulan suci Ramadhan terakhir adalah mempersiapkan hati yang bersih dan juga tulus. Kesiapan hati sangat penting dan hendaknya kita memiliki niat puasa Ramadhan yang benar dan bersungguh-sungguh mengisi Ramadhan dengan beribadah dan amal saleh. Menciptakan suasana hati yang nyaman dan bergembira menyambut datangnya Ramadhan.

Selain lima persiapan menyambut bulan suci Ramadhan di atas, ada satu hal lainnya yang tidak kalah penting, yaitu persiapan materi. Materi yang dimaksud bukan berupa uang untuk membeli pakaian lebaran atau ongkos mudik.

Persiapan materi yang dimaksud adalah uang yang dibelanjakan untuk kepentingan ibadah, seperti zakat, infaq, sedekah dan memberi makan orang yang sedang berpuasa. Apalagi bulan Ramadhan sebagai bulan yang paling baik untuk berbagi. Dalam satu hadis, Rasullah SAW bersabda:

"Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu."

Persiapkan bekal menyambut Ramadhan yang sebentar lagi akan tiba, semoga Allah Ta’ala menyampaikan kita kepada bulan Ramadhan ini.

Tag : #pendidikan islam    #bekal ramadhan    #pendidikan    #bulan ramadhan    #ramadhan 2022    #doa menyambut ramadhan   

Baca Juga