ilustrasi

5 Cara Menghilangkan Bau Apek di Helm

Sondang | Otomotif | 30-12-2021

PARBOABOA, Siantar – Helm menjadi alat keselamatan yang wajib digunakan oleh para pengendara sepeda motor. Tak hanya itu, helm juga harus bersih agar pengendara nyaman memakainnya.

Seperti yang kita tahu, helm sering terkena debu dan basah ketika musim penghujan. Hal ini tentunya membuat helm tersebut memiliki bau yang tidak sedap. Tenang saja, Parboaboa selalu memiliki solusi untuk masalahmu.

Berikut 5 cara menghilangkan bau apek di helm:

1. Parfum

Cara yang pertama disarankan untuk menghilangkan bau di helm adalah menggunakan parfum. Namun, gunakan parfum dengan kadar alkohol yang rendah ya.

Sebab, helm ini nantinya akan bersentuhan dengan rambut. Jika alkohol belum menguap dan terkena rambut, bisa terjadi reaksi yang dapat membuat rambut rusak.

2. Air Sabun

Jika tidak memiliki parfum, bisa diganti dengan cara mencuci helm menggunakan air sabun. Namun untuk mencuci helm, ada beberapa langkah yang harus dilakukan.

Pertama, lepas bagian spons yang berada di dalam helm secara perlahan. Sebab, apabila salah membuka spons maka dapat merusak kondisi helm. Jadi, lakukan secara hati-hati. 

Jangan lupa untuk menyikatnya secara perlahan. Setelah dicuci, bila menggunakan air bersih kemudian keringkan terlebih dahulu. Dalam hal ini, gunakan sinar matahari atau hair dryer untuk mengerinkan helm.

3. Kopi

Cara ketiga adalah menggunakan kopi. Bukan hanya sebagai minuman, kopi ternyata memiliki manfaat untuk menghilangkan bau tak sedap di dalam helm.

Cara ini bisa digunakan jika kamu belum sempat mencuci helm. Namun, cara ini hanya bisa menghilangkan bau selama beberapa hari saja. sebab, bakteri yang ada di helmmu belum menghilang.

Untuk melakukannya cukup mudah ya. Kamu hanya perlu membungkus satu sendok kopi di kain kecil dan letakkan semalaman di dalam helm.

4. Sinar Matahari

Selain itu, ada cara yang paling sederhana dan mudah untuk menghilangkan bau tak sedap yang ada di dalam helm. Caranya adalah memanfaat sinar matahari.

Kamu daoat menjemur helm di bawah sinar matahari untuk menghilangkan dan mencegah bakteri dalam helm berkembang.

Selain menghilangkan bau pada helm, menjemurnya di bawah matahari akan membuat spons helm kembali mengembang. Cara ini juga akan membuat helm kembali nyaman ketika digunakan.

5. Jasa Cuci Helm

Terakhir, kamu bisa menggunakan jasa cuci helm agar lebih praktis. Kamu hanya perlu membawa helm ke jasa cuci helm. Dalam hitungan jam, helm mu dapat kembali dipakai ditambah dengan wangi yang segar.

Itulah 5 cara menghilangkan bau apek di dalam helm. Selamat mencoba!

Tag : #otomotif    #motor    #sepedamotor    #merawat helm    

Baca Juga