Tokyo Skytree (dok: pixabay.com)

5 Daftar Menara Tertinggi di Dunia

Wulan | Internasional | 22-02-2022

PARBOABOA, Siantar - Menara ialah sebuah struktur buatan manusia dan tingginya lebih dari lebarnya. Menara selalu dibangun untuk menjadi sebuah mercu tanda sesebuah organisasi. Justru itu menara dibangun dengan indah dan cantik. Tetapi tujuan utama pembangunan menara adalah untuk memelihara ruang dan tanah.

Pernahkah kalian berada di ketinggian menara? Jika belum kalian bisa mengenal beberapa daftar menara-menara tertinggi di dunia.

1. Tokyo Sky Tree, Tokyo

Tokyo Sky Tree adalah sebuah menara siaran, observasi, dan rumah makan di Sumida, Tokyo, Jepang. Menara ini telah menjadi struktur tertinggi di Jepang sejak tahun 2010, dan mencapai ketinggian akhir 634 m pada bulan Maret 2011, sekaligus menjadikannya sebagai menara tertinggi di dunia.

 2. Canton Tower / Guangzhou TV Tower

Canton Tower / Guangzhou TV Tower adalah sebuah menara observasi dan lainnya setinggi 604-meter (1982 ft) di Guangzhou. Menara ini diatapkan pada tahun 2009 dan mulai beroperasi pada tanggal 29 September 2010 untuk Asian Games 2010.

Menara tertinggi di dunia ini sempat menyandang gelar menara tertinggi di dunia, menggantikan Menara CN, sebelum digantikan oleh Tokyo Skytree. Menara Kanton adalah struktur tertinggi di China, sebelum pengatapan Shanghai Tower pada tanggal 3 Agustus 2013.

3. CN Tower, Toronto.

CN Tower adalah menara tertinggi ketiga di dunia (setelah Tokyo Skytree dan Menara Kanton) setinggi 553.33 m. Menara ini terletak di Toronto, Ontario, Kanada, dan dianggap sebagai ikon kota tersebut. Menara CN dikunjungi oleh lebih dari dua juta orang setiap tahunnya. Menara ini mulai dibangun tahun 1973.

4. Ostankino Tower, Moskow

Ostankino Tower adalah sebuah menara televisi dan radio yang berada di Moskwa, Rusia. Menara setinggi 540 m ini dirancang oleh Nikolai Nikitin.

Pembangunannya dimulai tahun 1963 dan selesai pada tahun 1967 untuk memperingati 50 tahun Revolusi Oktober. Menara ini memegang rekor struktur bangunan tertinggi di dunia untuk satu dekade, sampai Menara CN selesai dibangun di Toronto, Kanada. Walau begitu, sampai tahun 2005 Menara Ostankino masih memegang rekor yang sama untuk daerah Eurasia dan kini menjadi menara tertinggi keempat di dunia.

5. Oriental Pearl Television Tower, Shanghai

Oriental Pearl Television Tower adalah menara TV di Shanghai, Tiongkok. Menara ini didesain oleh Jia Huan Cheng dari Shanghai Modern Architectural Design Co. Ltd. konstruksinya dimulai tahun 1991 dan selesai tahun 1995. Menara ini memiliki ketinggian 467 m dan merupakan menara tertinggi kedua di Asia.

Nah! Berikut merupakan daftar 5 menara tertua di dunia. Tertarik merasakan ketinggiannya?

Tag : #menara    #dunia    #internasional   

Baca Juga