Madura United menang telak 8-0 kontra Barito Putera di laga perdana BRI Liga 1 musim 2022/2023 (Foto: Bola.net)

5 Fakta Menarik Pekan Pertama BRI Liga 1 Musim 2022/2023

Michael | Sepakbola | 29-07-2022

Parboaboa.com – Pekan pertama Liga 1 2022/2023 telah selesai dilaksanakan. Sederet fakta menarik terjadi di pekan perdana kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia musim ini.

Dari total sembilan laga yang berlangsung, dua pertandingan berakhir imbang dan tujuh di antaranya berujung dengan kemenangan juga kekalahan.

Madura United berhak memimpin klasemen sementara usai meraih kemenangan telak 8-0 saat menjamu Barito Putera. Laskar Sapeh Kerrab unggul produktivitas gol dari enam klub lain yang sama-sama meraih tiga poin.

Berikut 5 fakta menarik pada pekan pertama BRI Liga 1 musim 2022/2023:

1. Satu Tim Promosi Menang

Dewa United jadi satu-satunya tim promosi yang sukses meraih kemenangan di laga perdana Liga 1 musim ini. Tim asuhan Nilmaizar mampu mengalahkan tim promosi lainnya, Persis Solo dengan skor 3-2.

Sementara tim promosi lainnya, Rans Nusantara FC bermain imbang 1-1 di markas PSIS Semarang. Hasil seri ini cukup bagus mengingat PSIS musim ini memiliki skuad bertabur pemain hebat.

2. Lima Pemain Asing Cetak Gol Debut

Lima pemain asing yang baru merasakan kompetisi sepak bola Indonesia langsung menujukkan kualitasnya dengan mencetak gol debut di pekan pertama Liga 1 2022/2023.

Mereka adalah Gerrard Artigas (Persis Solo), Karim Rossi (Dewa United), Gustavo Tocantins (Persikabo 1973), dan dua Madura United Lulinha dan Pedro Henrique.

3. Madura United Pesta Gol

Madura United jadi tim yang sukses mencetak gol terbanyak di pekan perdana Liga 1 2022/2023. Sebanyak delapan gol dicetak mereka ke gawang Barito Putera di Stadion Gelora Madu Ratu Pamelingan, Sabtu (23/7).

Kemenangan delapan gol tanpa balas yang dicatatkan Madura United jadi sejarah baru di Liga 1. Belum ada satu pun tim yang mencatat kemenangan sebesar ini di pekan perdana.

4. Tim Termahal Tumbang

Persija Jakarta yang berstatus sebagai salah satu tim termahal Liga 1 musim ini harus menelan kekalahan di laga perdana setelah dipaksa menyerah 0-1 dari tuan rumah Bali United.

Diketahui, Persija saat ini dilatih oleh pelatih Borussia Dortmund, Thomas Doll, yang memiliki gaji di atas rata-rata pelatih lain. Tak hanya itu, Macan Kemayoran musim ini merekrut empat pemain yang punya banyak pengalaman bermain di klub-klub Eropa dan Liga Champions.

Empat pemain asing Persija musim ini adalah Ondrej Kudela, Hanno Behrens, Michael Krmencik, dan juga Abdulla Yusuf Helal. Namun, Ondrej Kudela dan kawan-kawan harus menelan kekalahan di laga pertama mereka di musim ini.

5. Taisei Marukawa Pencetak Gol Pertama

Penyerang PSIS Semarang Taisei Marukawa menjadi pencetak gol pertama di Liga 1 musim ini setelah membobol gawang Rans Nusantara FC, Sabtu (23/7).

Namun, kegembiraan pendukung PSIS sirna setelah Makan Konate menyamakan kedudukan di menit ke-85. Eks pemain Persija Jakarta itu berhasil menuntaskan umpan silang terukur Edo Febriansyah dengan tembakan jarak dekat. Laga PSIS vs Rans berakhir imbang 1-1.
 

Tag : #bri liga 1    #madura united    #sepakbola    #persija jakarta    #bali united    #taisei marukawa   

Baca Juga