Nottingham Forest (Kolase: ElnazTajaddod/wall.alphacoders dan Reuters)

5 Fakta Nottingham Forest: Penantian 23 Tahun Hingga Juara Eropa!

Michael | Sepakbola | 31-05-2022

PARBOABOA – Nottingham Forest dipastikan kembali ke Liga Inggris musim 2022/2023. Klub yang bermarkas di City Ground tersebut berhasil promosi melalui jalur play-off.

Nottingham Forest mengalahkan Huddersfield Town 0-1 di Stadion Wembley, Senin (30/5/2022) dini hari WIB. Gol bunuh diri Levi Colwill menjadi penentu kemenangan Nottingham dan menembus kasta tertinggi Liga Inggris.

Nottingham Forest berhasil menyusul Fulham dan Bournemouth yang terlebih dahulu memastikan diri promosi ke Liga Inggris. Keduanya merupakan juara dan runner-up Divisi Championship.

Nottingham Forest sebenarnya merupakan salah satu klub bersejarah di Inggris. Tim yang kini dilatih Steve Cooper tersebut pernah punya prestasi luar biasa di liga domestik hingga level Eropa.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang Nottingham Forest, berikut ini adalah 5 fakta yang berhasil dirangkum PARBOABOA dari berbagai sumber.

Penantian Selama 23 Tahun

Nottingham Forest terakhir kali tampil di ajang Liga Inggris pada musim 1998/1999. Nottingham terdegradasi setelah finis di posisi ke-20 dengan raihan 30 poin.

Artinya, Nottingham Forest harus menunggu 23 tahun untuk bisa merasakan kembali atmosfer Liga Inggris. Sebuah penantian yang cukup panjang bagi klub tersebut.

Sempat Berganti Pelatih

Sebelum berhasil promosi ke Liga Inggris, perjalanan Nottingham Forest di Divisi Championship tidaklah mulus. Forest sempat terseok-seok di papan bawah.

Karena itu, terjadi pergantian pelatih dari Chris Hughton ke Steve Cooper. Pada saat pergantian pelatih inilah Nottingham berhasil naik ke papan atas.

Sempat Bermain di Divisi Ketiga

Nottingham Forest pernah turun kaste ke Divisi Ketiga Liga Inggris. Momen buruk ini terjadi pada tahun 2005 setelah Divisi Kedua menjadi Championship.

Nottingham juga tidak langsung naik ke Divisi Kedua. Klub tersebut baru bisa promosi ke Divisi Championship pada musim 2007/2008 lewat jalur play-off.

Juara Liga Inggris

Nottingham Forest pernah menjadi juara Liga Inggris. Prestasi tersebut diraih pada muisim 1977/1978, atau pada era First Division.

Selain itu, Nottingham pernah menjuarai Piala FA sebanyak 2 kali dan juara Piala Liga 4 kali. Gelar Community Shiled atau Piala Super Liga Inggris juga pernah mereka raih pada tahun 1978.

Dua Kali Juara Liga Champions

Nottingham Forest juga pernah memiliki prestasi yang cukup luar biasa di pentas Eropa. Klub tersebut menjuarai European Cup atau Liga Champions dua kali berturut-turut.

Gelar tersebut diraih Nottingham Forest pada musim 1978/1979 dan 1979/1980. Pada musim 1978/1979, Nottingham berhasil menjuarai Piala Super UEFA.
 

Tag : #nottingham forest    #liga inggris    #sepakbola    #liga champions    #divisi championship   

Baca Juga