Jenis makanan yang sering disajikan saat perayaan Hari Raya Waisak (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIDHOINO KRISTO SEBASTIANUS MELANO)

5 Jenis Makanan yang Disajikan saat Perayaan Hari Raya Waisak

Wulan | Selera Nusantara | 16-05-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Setiap memperingati Hari Raya Waisak atau Tri Suci Waisak, seluruh umat Buddha akan melakukan sejumlah tradisi salah satunya dengan mempersiapkan makanan.

Seperti yang diketahui, Hari Raya Waisak dirayakan oleh umat Buddha di seluruh dunia untuk memperingati kelahiran, pencerahan, dan kematian Buddha.

Oleh karena itu, akan terasa kurang lengkap jika dalam merayakan Hari Raya Waisak tidak menghidangkan makanan khusus yang sering disajikan oleh umat Buddha.

Lantas, makanan apa saja yang sangat sering disajikan umat Buddha dalam perayaan Hari Raya Waisak? Yuk simak.

1. Tempoyak

Tempoyak jadi makanan pertama yang sangat sering disajikan dalam perayaan Hari Raya Waisak. Tempoyak sendiri merupakan makanan yang terbuat dari buah durian yang sudah difermentasi, sehingga memiliki rasa yang asam.

Makanan yang satu ini dapat disajikan dengan campuran cabai pedas dan nasi putih hangat. Bila dari kalian yang belum pernah mencoba makanan ini, mungkin agak sedikit kaget saat merasakan sensasi asam dari kuliner tradisional ini.

2. Kari Sayur

Kari sayur merupakan makanan yang dimasak dengan sayuran segara seperti terong dan kembang kol. Makanan ini sering disajikan dalam perayaan Hari Raya Waisak karena memiliki cita rasa yang sangat lezat dan nikmat. Kari sayur dapat disantap dengan campuran roti canai, naan, atau satu piring nasi.

3. Nasi Lesah

Makanan ini sangat disarankan untuk dijadikan hidangan saat perayaan Hari Raya Waisak. Sekilas makanan ini terlihat seperti nasi yang direndam kuah soto yang kental. Makanan ini juga memiliki aroma yang khas layaknya rempah-rempah.

Selain itu, makanan ini akan terasa sangat nikmat jika sajikan bersamaan dengan nasi panas, tauge, tahu, mi putih serta daging ayam yang sudah disuir.

4. Lumpia Sayur

Makanan khas yang berasal dari China ini merupakan hidangan yang didalamnya diisi dengan bahan-bahan sayuran seperti kol, wortel, selada, ketimun dan tauge.

Makanan ini terbilang unik, karena bisa dimakan dengan dua cara yaitu digoreng atau mentah. Jika ingin mencobanya, kalian bisa datang ke Restoran China di Malaysia karena ini merupakan hidangan pokok didaerah tersebut.

5. Kue Burgo

Kue burgo menjadi makanan terakhir yang sering disajikan saat perayaan Hari Raya Waisak. Tidak akan terasa lengkap jika tidak menghidanglan kue burgo sebagai kudapannya.

Meskipun dinamakan kue, Makanan ini lebih mirip otak-otak gulung. Dalam penyajiannya, kue burgo biasa disajikan dengan telur rebus, kuah santan, dan taburan bawang goreng.

Tag : #hari raya waisak    #sajian hari raya waisak    #selera nusantara    #tempoyak    #kari sayur    #nasi lesah    #lumpia sayur    #kue burgo   

Baca Juga