Foto: iStockphoto/LumenSt

5 Makanan Baik untuk Penderita Tekanan Darah Rendah

Martha | Kesehatan | 27-12-2021

PARBOABOA – Orang yang menderita tekanan darah rendah atau hipotensi tidak boleh dianggap enteng.

Ada juga beberapa orang yang menderita penyakit ini menunjukkan kondisi fisik yang prima. Namun, hipotensi sering dikaitkan dengan seseorang yang tiba-tiba pingsan (syok).

Tekanan darah rendah adalah kondisi yang terjadi pada saat darah mengalir melewati pembulu darah dengan tekanan yang lebih rendah dari pada normalnya. Tekanan darah rendah berkisaran kurang dari 90/60 mmHg.

Bila kalian memiliki tekanan darang rendah sebaiknya jangan diabaikan karena dapat mengakibatkan gejala seperti penglihatan kabur, kesulitan konsentrasi, kelelahan, serta dapat membuat mual dan muntah.

Selain menggunakan obat-obatan, kalian juga bisa mengatasinya dengan mengonsumsi makanan yang dapat membantu menaikkan tekanan darah. Berikut makanan yang bagus untuk orang penderita tekanan darah rendah.

1. Garam

Makanan yang pertama adalah garam, dengan mengonsumsi garam yang tinggi dapat membantu meningkatkan tekanan darah tinggi. Bila kalian ingin meningkatkan tekanan darah, anda bisa mengonsumsi makanan yang asin atau membumbui makanan dengan lebih banyak garam.

2. Kafein

Yang kedua kalian bisa mengonsumsi makanan atau pun minuman yang mengandung kafein. Dengan kalian mengonsumsi kafein dapat membantu menstimulasi sistem kardiovaskular dan meningkatkan detak jantung.

3. Makanan tinggi folat

Bila folat di dalam tubuh kalian sedikit, dapat menyebabkan anemia yang pada akhirnya dapat menjadi penyebab tekanan darah rendah dan kelelahan. Berikut makanan yang mengandung folat tinggi seperti asparagus, kacang-kacangan, buah jeruk, telur, dan sayur brokoli.

4. Makanan tinggi vitamin B12

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 yang tinggi juga dapat meningkatkan tekanan darah. Ini sejumlah makanan yang mengandung vitamin B12 yaitu sarden, tuna, susu, daging sapi dan telur.

5. Makanan rendah karbohidrat

Penderita darah rendah sebaiknya tidah perlu mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Sebaiknya kalian memakan makanan dengan karbohidrat yang rendah, karena dapat membantu mengatasi hipotensi terutama pada orang yang sudah tua.

Itulah 5 makanan yang bagus untuk penderita tekanan darah tinggi, semoga kalian bisa melakukannya. Semoga bermanfaat!

Tag : #darah rendah    #makanan    #kesehatan   

Baca Juga