Ilustrasi Freediving (Foto: bluecornerdive.com)

5 Manfaat Olahraga Freediving Bagi Kesehatan Tubuh

Juni | Olahraga | 15-08-2022

PARBOABOA – Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menikmati pemandangan bawah laut, salah satunya dengan freediving. Kegiatan ini tergolong olahraga ekstrem karena menyelam tanpa menggunakan alat bantu seperti tabung oksigen.

Saat melakukan freediving, penyelam hanya memakai peralatan selam dasar seperti masker dan kaki katak. Oleh sebab itu, para freediver hanya mengandalkan pernafasannya sendiri selama bertahan di dalam air.

Terlihat menyeramkan namun freediving merupakan salah satu aktifitas fisik yang mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Lalu, apa saja manfaat freediving bagi kesehatan tubuh? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Meningkatkan Kesehatan Pernafasan

Menyelam bebas atau disebut freediving dapat mempengaruhi efisiensi pernafasan. Selama menyelam, kamu akan belajar tentang bagaimana latihan pernafasan paru-paru. Dengan latihan yang rutin, penyelam akan mampu meningkatkan kapasitas dan elastisitas paru-paru mereka sambil mengembangkan otot-otot pernafasan.

Dengan demikian, kinerja paru-paru akan semakin meningkat. tak hanya itu, pernafasan yang lebih efisien juga akan berpengaruh ke seluruh tubuh sehingga dispnea dan peradangan dalam tubuh akan berkurang. Selain itu, elastisitas pembuluh darah yang meningkat secara positif akan mempengaruhi saturasi jantung dan paru-paru.

2. Mengurangi Stres

Berbeda dengan jenis olahraga lainnya, freediving memiliki cara tersendiri untuk mengurangi tingtak kecemasan atau stres. Kamu harus berada dalam kondisi yang santai sebelum masuk ke dalam air dan menyelam. Hal ini menjadi salah satu manfaat yang paling menark dari freediving.

Nafas dan detak jantung yang stabil akan memungkinkan kamu untuk menahan nafas selama beberapa waktu, menyelam lebih dalam, dan tentunya menyelam lebih aman. Untuk itu, sebelum menyelam sebaiknya kamu melakukan relaksasi seperti latihan pernafasan, meditasi, serta peregangan.

3. Meningkatkan Kesehatan Sendi

Olahraga air yang satu ini juga sangat efektif dalam mengurangi tekanan intra-antikular, meredakan pembengkakan, dan meningkatkan jangkauan mobilitas. Dalam olahraga freediving, tekanan hidrostatik bawah air didistribusikan secara merata ke seluruh tubuh. Itulah sebabnya orang dengan persendian yang lemah disarankan untuk berenang dan senam air.

4. Menjernihkan Pikiran

Saat menyelam bebas, pikiran juga harus bebas dari gangguan karena kamu harus fokus pada beberapa hal untuk keselamatan juga. Olahraga air ini juga dianggap sebagai meditasi ekstrem lantaran membutuhkan fokus serta konsentrasi yang tajam.

5. Meningkatkan Kebugaran

Seseorang yang rutin melakukan aktivitas freediving akan semakin bugar dan persendiannya jauh lebih fleksibel. Hal itu disebabkan oleh sejumlah latihan fisik yang dilakukan sebelum menyelam, seperti peregangan tubuh, aerobik, gym, dan yoga.

Saat menyelam lebih dalam, tulang rusuk dan diafragma juga akan semakin lentur. Rentang gerak yang bebas dapat memperpanjang usia dan meningkatkan kesehatan sehingga tubuh menjadi lebih bugar.

Itulah tadi lima manfaat olahraga freediving bagi kesehatan tubuh. Bagaimana, tertarik mencoba olahraga air yang satu ini?

Tag : #freediving    #olahraga ekstrem    #olahraga    #penyelam    #rekreasi   

Baca Juga