Negara penghasil minyak sawit terbesar di dunia (bumntrack.co.id)

5 Negara Penghasil Minyak Sawit Terbesar di Dunia, Lagi-lagi Indonesia Masuk!

Wulan | Internasional | 30-06-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Tahukah kamu apa saja negara-negara penghasil kelapa sawit terbesar di dunia?

Sebelum membahas hal tersebut, yuk kita bahas dulu tentang defenisi kelapa sawit. Apasih kelapa sawit itu?

Kelapa sawit adalah jenis tumbuhan yang tergolong kedalam genus Elaies dan ordo Aracaceae. Tumbuhan yang satu ini digunakan dalam usaha pertanian komersial yang berguna untuk memproduksi minyak sawit.

Berdasarkan laporan Statistik Kelapa Sawit Indonesia tahun 2012, luas perkebunan sawit Indoneisa mencapai 9,23 juta hektare dengan jumlah produksi CPO lebih dari 24 juta ton.

Posisi tertinggi yang diduduki Indonesia ini masih bertahan hingga tahun 2021. Dalam hal ini, Indonesia tidak terdaftar sendirian sebagai negara penghasil CPO terbesar di dunia. Masih ada dua negara lain yang masuk dalam The Big Five produsen minyak sawit.

Berikut ini pembahasan mengenai negara penghasil kelapa sawit terbesar di dunia. Simak langsung ulasannya, yuk!

1. Indonesia

Indonesia sudah menjadi produsen minyak sawit terbesar di dunia sejak 2006. Besaran hasil produksi minyak kelapa sawit di Indonesia mampu mencapai angka 43 juta metric ton pada tahun 2019, pertumbuhan produksinya juga semakin meningkat dari tahun ke tahun yang mencapai 3,61 persen.

Sementara itu luas lahan perkebunan kelapa sawit di Indonesia juga menjadi yang terluas di seluruh dunia dengan luas 11,75 juta hektare.

Sayangnya, industri kelapa sawit di Indonesia banyak diambil alih oleh pengusaha besar dan terkait erat dengan isu kerusakan lingkunagn serta penggundulan hutan pada beberapa area Hutan Hujan Tropis di Indonesia.

2. Malaysia

Negara jiran Malaysia menjadi negara kedua sebagai penghasil CPO terbesar di dunia. Pada 2109, produksi sawit Malaysia mencapai 19,3 juta ton dengan pertumbuhan rata-rata sebesar 0,96 persen per tahunny. Besarnya produksi ini disebabkan lantaran ketersediaan lahan perkebunan kelapa sawit Malaysia yang seluas 5,35 juta hektare.

3. Thailand

Selanjutnya, Negeri Gajah Putih ini berada diperingkat ketiga sebagai penghasil CPO terbesar di dunia. Jumlah produksi minyak di Thailand ini mampu mencapai angkat 3 juta metric ton, dengan pertumbuhan yang mencapai rata-rata 3,45 persen per tahun.

Sementara itu luas lahan perkebunan kelapa sawit di Thailand hanya sebesar 810 ribu hektare. Berbeda dengan negara lain, produksi kelapa sawit yang ada di Thailand ini dikuasai oleh petani setempat bukan perusahaan besar.

4. Kolombia

Negara di Amerika Latin ini berhasil menduduki posisi keempat sebagai penghasil CPO terbesar di dunia. Kolombia menjadi satu-satunya negara di Amerika Latin yang memproduksi minyak sawit dalam jumlah yang besar. Produksi minyak kelapa sawit di Kolombia mencapai 1,65 juta ton dari luas lahan sawit yang besar. Produksi minyak kelapa sawit di Kolombia mencapai 1,65 juta ton dari luas lahan sawit yang hanya mencapai 260 ribu hektare. Perlu diketahui, angka rata-rata pertumbuhan produksi minyak kelapa sawit negara ini cukup tinggi karena mencapai 3,38% di atas Malaysia dan di bawah Thailand.

5. Nigeria

Terakhir, ada Nigeria sebagai negara yang menjadi penghasil kelapa sawit terbesar di dunia. Negara tropis di Afrika ini mampu menghasilkan minyak kelapa sawit hingga sebesar 1.015.000 metric ton pada tahun 2019.

Oleh karena itu, negara di sub sahara Afrika ini juga menjadi pemain besar dalam industri kepala sawit yang mampu mengekspor 600.000 metric ton.

Di samping itu, Nigeria memiliki luas lahan kelapa sawit terbesar ke tiga di dunia dengan luas 2,5 juta hektare. Namun, produksinya hanya mampu berada di urutan ke-5 lantaran minimnya produktivitasnya.

Tag : #terbesar    #penghasil minyak sawit terbesar    #internasional    #indonesia    #malaysia    #thailand    #kolombia    #nigeria   

Baca Juga