Piramid Giza (Facebook/ Egypt Ministry of Antiquities)

5 Negara Tertua di Dunia yang Sudah Berkembang

Olivia | Pendidikan | 10-02-2022

Parboaboa, Pematangsiantar – Peradaban manusia sudah ada sejak ribuan tahun lalu sebelum Masehi (SM). Adanya peradaban itu memunculkan beberapa negara berdasarkan penemuan para ilmuan terdahulu.

Negara tertua yang masih berdiri tegak di dunia sampai sekarang memiliki kaitan dengan sejarah peradaban di wilayah masing-masing. Sebuah negara berdiri setelah peradaban terbentuk.

Negara yang ada di seluruh penjuru dunia memiliki nilai sejarah yang panjang dari bangsanya, seperti warisan budaya yang dijadikan identitas sebuah bangsa.

Dilansir dari oldest.org, beberapa negara tertua sudah berkembang sekitar tahun 6500 (SM). Orang-orang yang berada di negara tersebut sudah mulai berhenti hidup berpindah-pindah.

Mereka mengembangkan satu wilayah yang dijadikan tempat tinggal. Inilah yang nantinya akan membentuk sebuah daerah atau desa atau kota, dan semakin berkembang lagi sehingga membentuk sebuah negara.

Lantas, apakah kamu tahu negara mana yang sudah ada sejak awal peradaban?

Berikut 5 negara tertua yang di dunia, serta masih ada sampai sekarang dan mengikuti segala perkembangan zaman yang ada tanpa melupakan sejarah peradabannya.

1. Mesir

Semua pasti mengenal negara Mesir, negara yang memiliki salah satu peninggalan sejarah yang masuk kedalam daftar 7 keajaiban dunia. Mesir menjadi salah satu negara tertua yang ada di dunia.

Tercatat, peradaban Mesir kuno dimulai sejak tahun 6000 SM. Beberapa peneliti mengatakan bahwa Mesir didirikan oleh seorang pemimpin bernama Narmer. Peradaban Mesir modern sendiri sudah berdiri sejak 1953 setelah revolusi Mesir di tahun 1952.

2. India

India juga merupakan salah satu negara yang memilki peninggalan sejarah yang tercatat didalam 7 Keajaiban Dunia, yaitu Taj Mahal.

Peradaban India pertama kali dicatat terdapat pada lembah Indus sekitar tahun 3300 SM. Peradaban di Negara ini mulai terbentuk pada periode Vedic, sekitar tahun 1500-600 SM.

India modern mulai muncul dan terbentuk sejak tahun 1947, setelah India merdeka dari jajahan Kerajaan Inggris.

3. Afganistan

Diyakini awal peradaban negara ini sama dengan India, yaitu di lembah Indus pada tahun 3000 SM dan memiliki koloni Afganistan di tahun itu. Afganistan terbentuk menjadi negara kesatuan republik Islam sejak 1973.

4. China

Negara tertua berikutnya adalah China yang juga masuk kedalam 7 Keajaiban Dunia, karena memiliki tembok terpanjang dan masih kokoh sampai sekarang, yaitu Tembok Besar China.

Peradaban Dinasti China yang pertama adalah Dinasti Xia pada 2070-1600 SM. Peradaban China dikenal dengan banyaknya penemuan mereka, seperti kertas, bubuk mesiu dan percetakan. Peradaban inilah yang membuat China menjadi salah satu peradaban pertama yang maju di bidang teknologi dan sains.

5. Georgia

Di negara Georgia, peradaban berkembang di masa kerajaan Colchis dan kerajaan Karlti atau Iberia pada tahun 1500 SM. Negara ini menjadi negara tertua urutan kedua sebagai pemeluk agama Kristen. Terdapat gereja Ortodoks Georgia yang merupakan salah satu gereja Kristen tertua di dunia.

Tag : #peradaban    #negara tertua    #mesir    #india    #afganistan    #china    #georgia   

Baca Juga