Negara Yang Terbanyak Menghasilkan Minyak Bumi

5 Negara Yang Terbanyak Menghasilkan Minyak Bumi dan Terbesar di Dunia

Martha | Internasional | 09-12-2021

PARBOABOA – Negara yang penghasilan minyak buminya paling banyak kerap memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah ruah bahkan kerap diekspor ke berbagai mancanegara.

Minyak bumi adalah cairan kental, berwarna pekat atau gelap yang sangat mudah terbakar yang keberadaannya ada di lapisan atas dari beberapa area di kerak bumi.

Diketahui juga Minyak Bumi digunakan sebagai bahan bakar kendaraan maupun industri, sehingga ketersediannya harus terjaga dengan baik.

Minyak bumi harus diambil dari sumur minyak dipertambangan minyak. Lokasi minyak ini didapatkan setelah melalui proses studi geologi dan analisis sedimen.

Setelah mendapatkan minyaknya akan diproses di tempat pengilangan minyak dan diproduksi berbagai macam barang dan juga material yang dibutuhkan manusia. Lantas negara apa saja penghasil minyak bumi terbesar di dunia? berikut ulasannya.

1. Venezuela

Diposisi pertama adalah Venezula sebagai penghasil cadangan minyak bumi terbesar didunia dengan total cadangannya mencapai 303,8 Triliun barel luar biasa banyaknya bukan.

Meskipun Venezula memiliki cabang minyak yang banyak, negara ini sempat diisukan mengalami krisis minyak.

2. Arab Saudi

Negara yang kedua ialah Arab Saudi, yang di kenal sebagai kerajaan Arab Saudi atau Kingdom Of Saudi Arabian. Negara ini juga memiliki penghasil Minyak Bumi terbesar di dunia.

Cadangan Minyak Bumi Arab Saudi mencapai 297,6 Triliun barel. Penghasil minyak yang cukup banyak untuk kebutuhan lokal hingga domestik.

3. Kanada

Di urutan ketiga ada Kanada, yang merupakan kawasan paling utara di wilayah Amerika Utara. Negara ini ternyata merupakan penghasil minyak bumi terbanyak juga.

Populasi persediaan cadang minyak bumi dikanada saat ini mencapai angka 169,7 Triliun barel dengan jumlah yang cukup besar.

Salah satau perusahaan minyak yang terkemuka di Kanada yakni Petro-Canada dan Talisman Energy yang beroprasi di Indonesia.

4. Iran

Negara yang selanjutnya adalah Iran yang berada di Timur Tengah, merupakan negara tetangga dari Irak.

Populasi persedian cabang minyak di iran saat ini sudah cukup banyak hingga mencapai 155,6 Triliun barel jumlah yang cukup besar juga.

Meskipun Iran memiliki cabang minyak yang banyak negara ini juga mengekspor penghasilan Minyak Buminya ke mancanegara.

5.Irak

Di Irak kerap terjadi perang saudara, meskipun demikian negara ini masih menjadi salah satu penghasil minyak terbesar di dunia.

Saat ini, cadangan minyak di Irak mencapai nilai 145 Triliun barel dengan populasi yang memadai.

Tag : #negara penghasil minyak bumi    #minyak bumi    #minyak bumi terbesar   

Baca Juga